Kamis, 24 Juli 2014

Card of the Week: Young Pirate Noble, Pinot Noir

Yo, ketemu lagi sama Mobi~

Kalo biasanya rubrik Card of the Week ngebahas kartu Yu-Gi-Oh, kali ini kita akan ngebahas kartu VG! Well, sebenernya kemaren udah sih, cuma lupa pake embel-embel CotW. Oh wait itu udah 2 bulan yang lalu ya, mohon maaf penulis lagi keterusan sama hobi gaming, untungnya masih ada Ballibond yang rajin ngepost deck-deck dan kombo gila-nya. 

Anyway, kartu yang kali ini kita bahas adalah unit legion pertama dari clan Granblue, yaitu Young Pirate Noble, Pinot Noir dan Pirate Belle, Pinot Blanc. Jangan diplesetin Pinoy yah, kami sudah bosen Dota 2 sama mereka nanti ada teman-teman kita yang tersinggung :v Check this out!





Young Pirate Noble, Pinot Noir
Power 11000/Grade 3/Shield 0

[ACT](VC): Legion 20000 "Pirate Belle, Pinot Blanc" (If your opponent has a grade 3 or greater vanguard, only once, this unit may return four cards from your drop zone to your deck, and search your deck for the specified card, and perform Legion.)

[AUTO](VC):[Put three cards from the top of your deck into the drop zone] When this unit performs Legion, you may pay the cost. If you do, choose one card from your drop zone, and call it to (RC).

[AUTO](VC):[Choose one of your rear-guards, and retire it] When this unit attacks a vanguard, you may pay the cost. If you do, this unit gets [Power]+5000 until end of that battle.


Pirate Belle, Pinot Blanc
Power 9000/Grade 2/Shield 5000

[AUTO](Drop zone):[Counter Blast (1)] When your vanguard performs Legion, you may pay the cost. If you do, call this card to (RC).

Saat pertama skill kartu ini di-reveal, banyak fans Granblue yang kecewa, karena ternyata skillnya "gitu doang", Cuma superior call 1 unit dari drop zone saat legion. Tapi apa benar Pinot Noir dan Pinot Blanc cuma gitu doang? Mari kita bedah plus dan minusnya satu per satu.

Plus:

1. Bisa dipakai di clan apa saja sebagai tech.

Yup, mari baca lagi efeknya; sama sekali nggak ada kata <<Granblue>> sebagai persyaratan atau sebagai cost. Artinya, pasangan legion ini bisa kita masukkan di clan apapun. Optimalnya sih, Pinot Noir kita ride sebagai unit support, atau bahasa kerennya "vanguard numpang lewat." Turn berikutnya kita ride "Ace Vanguard" kita yang bisa nge-push, ngeplus banyak, atau finishing. Asal Ace Vanguard-nya ga ada skill Lord ya~

Contoh Vanguard Support lainnya adalah Seeker, Sacred Wingal dimana biasanya setelah kita ride Wingal, perform legion dan memanggil 1 unit Seeker dari deck, turn berikutnya akan ada Sing Saver Dragon yang bisa finishing. Berkat Sacred Wingal yang kita ride di turn sebelumnya, SSD sekarang punya soul yang cukup untuk re-stand 2 kali. Dan ternyata Pinot Noir ini skillnya mirip juga dengan Sacred Wingal, karena sama-sama call 1 unit. Ada yang mau coba deck Pinot Noir - SSD?

2. Cost skill-nya mengisi drop zone

Saat Pinot Noir perform legion, kita bisa buang 3 kartu dari topdeck, kemudian call satu kartu dari drop zone. Asumsi pada saat kita perform legion hanya ada 4 kartu di drop zone, kemudian kita buang 3 kartu dan call 1 kartu dari drop zone, tersisa 2 kartu di drop zone kita. Kalau next turn kita ingin ride grade 3 lain dan perform legion, kita hanya perlu membuang/guard dengan 2 kartu lagi dari tangan untuk memenuhi syarat aktivasi legion, sehingga kita tidak perlu boros dalam membuang kartu ke drop zone. Terkadang cukup menyebalkan juga kalau kita tidak bisa perform legion karena jumlah kartu di drop zone hanya 3.

3. Pinot Blanc = Free unit dari drop zone

Pinot Blanc adalah unit yang profit kalau dia masuk ke drop zone. Saat vanguard dari clan apapun perform legion, bila Pinot Blanc ada di drop zone kita bisa CB1 untuk superior call dia ke field. Skill ini cukup berguna untuk menambah attacker, terutama di clan-clan yang tidak memiliki banyak cara untuk ngeplus atau superior call. Dan jangan lupa kartu kece berikut ini bisa membuang Pinot Blanc ke Drop Zone lho, ga peduli Vanguard kita dari clan apapun.

Hantuuuu~

Minus:

1. Pressure dan Power kurang.

Perlu diakui, di jaman dimana metanya adalah Vanguard yang bisa restand atau bisa nambah critical, Pinot Noir yang bisa superior call 1 unit memang tidak begitu "wah". Apalagi dia tidak punya skill CONT yang menambah powernya saat attack, misalnya +2000 saat attack vanguard yang dimiliki Sacred Wingal. Alhasil Pinot Noir attack powernya nanggung kalau tidak diboost, hanya 20000 yang tidak jauh berbeda dengan 16000 kalau vanguard musuh di angka 11000.

2. Cost Skill Power +5000 Pinot Noir cukup berat.

Retire 1 unit hanya untuk menambah Power +5000 ke Pinot Noir sendiri rasanya agak berat dan kurang efektif, karena serangan Vanguard apalagi Legion yang base powernya sudah 20000 biasanya tidak bakal di guard, atau akan di null/quintet wall. Meskipun begitu, skill ini oke-oke aja kok kalau digunakan di final turn. At least it's something.



Begitulah sedikit penjabaran plus dan minusnya duo bajak laut kita, sesuai tradisi kita akan membuat skor untuk kedua kartu ini :3

Young Pirate Noble, Pinot Noir
Artwork: 4/10 (Silly hat & outfit.)
Effect: 6/10 (+1 dan isi grave? why not.)
Versatility: 9/10 (Gak rasis sama sekali broh.)

Pirate Belle, Pinot Blanc
Artwork: 6/10 (Gak ngerti yang di kepalanya itu apa, saya ga ngerti renaissance fashion)
Effect: 8/10 (Free attacker dari grave dengan CB1? Jago di deck yang minim CB)
Versatility: 9/10 (Gak rasis sama sekali broh.)

ok sekian dulu, stay tune di blog ini for moar card review & deck ideas, see you again kthxbai.

0 comments:

Posting Komentar