Senin, 17 Juli 2017

The Fairy Bamboo Lock





Sudah melihat sneak preview dari set CEBR? Kalau belum kalian bisa melihatnya di link berikut untuk melihat seluruh kartu yang sudah direveal . Salah satu kartu yang dirilis pada Booster Set tersebut adalah support untuk Bamboo Sword. Ya, kartu spell jadul tersebut kembali mendapatkan support yang cukup bagus dan cukup imba.  Cek deh efek kartunya dibawah ini



燃え竹光
Burning Bamboo Sword
Continous Spell
"If you activate a "Bamboo Sword" card while this card is face-up on the field: You can skip your opponent's next Main Phase 1."

Menarik bukan? Bisa men-skip main phase 1 lawan tentu sangatlah jago. Ditambah dengan spell card Terminal World yang bisa skip main phase 2, musuh dibuat tidak bisa ngapa-ngapain. Hanya bisa draw terus dipaksa masuk Battle Phase langsung lalu End Phase. Sadis bukan? Kalau begitu mari kita breakdown bagaimana cara bermainnya dan bagaimana decklistnya.

A.      How to Play

Kalau kalian searching di youtube, maka kalian akan menemukan banyak variasi dalam meamainkan lock deck ini. Channel Youtube Sakazuki Games telah membuat deck yang fokus pada efek Power Tool Dragon untuk mencari kartu yang dibutuhkan pada kombo Bamboo Lock ini. Tapi bagi yang ingin mencoba variasi lain, beruntunglah mereka karena kita memiliki variasi yang lain.  Varian yang juga mampu mencari equip spell dari deck Siapa lagi kalau bukan para Fairy Tail.


妖精伝姫-シンデレラ
Fairy Tail - Rella
Fairy/Light/Effect/Lvl 4/Atk 1850/Def 1000
"Neither player can target monsters on the field with Spell Cards or effects, except this one. Once per turn: You can discard 1 Spell Card; equip 1 Equip Spell Card from your hand, Deck, or Graveyard to this card, but return that Equip Spell Card to the hand during the End Phase."

Efek Cinderella atau Fairy Tail-Rella  yang bisa meng-equip dirinya dengan equip spell dari deck, hand, atau graveyard disini kita gunakan untuk mencari Cursed Bamboo Sword atau Broken Bamboo Sword dan memulai kombo Bamboo Lock. Ditambah lagi Fairy Tail Cinderalla ini bisa disearch oleh kawannya yaitu Fairy Tail-Luna sehingga membuat  kita bisa lebih konsisten dalam menjalankan kombo ini.

B.      Deck Building

Kombo dasarnya simpel saja. Summon Rella, discard spell untuk equip Bamboo Sword dari deck. Aktifkan Burning Bamboo dan aktifkan satu spell Bamboo spell card lagi untuk mengunci Main Phase 1 milik lawan. Dengan kombo tersebut, mari kita coba menyusun draft kasar untuk deck Bamboo lock ini. Karena engine utama dari deck ini adalah Bamboo Sword, maka kita membutuhkan 10-11 kartu Bamboo Sword yaitu yaitu:

3x Cursed Bamboo Sword
3x Golden Bamboo Sword
1-2x Burning Bamboo Sword
1x Soul Devouring Bamboo Sword
1x Broken Bamboo Sword.

Lalu ditambah dengan para Fairy Tail. Dan karena para peri ber-element cahaya, maka kita juga akan membawa Honest. Dengan demikian komposisi monsternya menjadi

3x Fairy Tail Cinderella
3x Fairy Tail Kaguya
3x Honest

Kita sudah memiliki 19-20 kartu untuk deck kita. Selanjutnya kita bisa menambahkan staple pada deck kita. Tentu saja ini sesuai selera dan kebutuhan masing-masing:

1x Harpy Feather Duster
1x Solemn Judgment
1x Solemn Warning
1x Vanity emptiness
1x Moon Mirror Shield
2x Mirror Force

Lalu karena kita tidak begitu membutuhkan special summon, maka kita bisa menambahkan 3 lembar Pot of Duality dan juga 3 Lembar Upstart Goblin untuk mempercepat mencari kartu kunci. Lalu jangan lupa spell Terminal Word 3 lembar juga.

3x Pot of Duality
3x Terminal Word
3x Upstart Goblin

Sudah 36 kartu. Tinggal 4 kartu lagi untuk memenuhi syarat minimal 40 kartu dalam 1 deck. Dari sini kita bisa berkreasi sesuai dengan keinginan. Kalau versi awal buatan gw, gw menambahkan Twin Twister untuk menghancurkan Backrow dan untuk membuang Cursed Bamboo Sword dari tangan serta Metalfoe Fusion untuk mengurangi cost dari  efek Cinderella. Dan setelah semua disusun akhirnya komposisi decknya kira-kira akan seperti ini :



Kira-kira begitu deck nya. Kalau ingin dikombinasikan dengan Destrudo+Armageddon engine seperti diatas juga bisa kita tambahkan untuk mempercepat kombo Bamboo ini terlaksana. Dan apabila kombo ini terjadi, maka kombo ini pasti akan membuat sukses lawan raegquit. 

C.      How to Counter This Deck

Supaya adil, kita juga akan membahas kelemahan dari deck ini. Meski kelihatannya deck ini memiliki kombo mengerikan, sebenarnya deck ini juga cukup lemah. Kemungkinan bad hand yang sangat besar ditambah dengan locknya yang mudah dipecah (Twin Twister di standby phase melepaskan lock kartu ini) membuat musuh tidak perlu terlalu khawatir deck ini akan muncul di turnamen.

Selain itu juga, KONAMI juga merilis kartu yang sangat menghukum deck ini Booster yang sama yaitu trap Struggling Battle dimana ketika kondisi LOCK terjadi, kita bisa mengaktifkan trap ini dari tangan untuk membanish semua kelebihan kartu yang dimiliki musuh di arena.



Pada dasarnya, deck ini cukup FUN untuk dimainkan. Bisa mengunci main phase lawan menurut saya sangat lah jago. KONAMI memang sedang mengembalikan kejayaan deck zaman dulu dengan support-support terbarunya. Menurut saya, upaya KONAMI untuk hal tersebut patut kita apresiasi.

Oke, sekian dulu post dari gw. Semoga bisa memberikan inspirasi. THX for readiny and happy trolling

-ballibond-

0 comments:

Posting Komentar