Senin, 27 Maret 2017

Yu-Gi-Oh! VRAINS LINK RULE + SPEED DUEL

Yo, Selamat malam, pagi, siang dan sore. pilih aja sapaannya yang mana tergantung dari waktu bacanya.
Balik lagi dengan Marend Yusei Fudo. kali ini saya akan bercerita tentang LINK SHOUKAN atau LINK SUMMON. tapi sebelum itu ada baiknya saya bercerita tentang ARC V,

Kenapa ARC V ? karena kalo di pikir pikir penyebab kenapa Link itu menyegel Extra deck karena Arc V.



Seperti yang kita tahu bahwa Anime Arc V baru saja berakhir tanggal 26 Maret 2017 pada episode 148. Arc V sendiri bercerita tentang seorang duelist bernama ZARC (sudut pandang pemeran utama sebenarnya), di masa lalu Zarc adalah seorang duelist entertaiment pertama dimana dia sangat bersemangat ketika para penonton melihat duelnya. karena saking semangatnya dia pernah sekali melukai seseorang duelist yang bertempur denganya, dan tanpa di sadari karena hal tersebut penonton malah makin terhibur. Setelah hal itu Zarc pun semakin bersemangat melukai orang lain dalam berduel. Sehingga dia menjadi duelist terkuat dan tidak ada yang mau bertarung melawannya. Hal tersebut membuat para Zarc Dragon menjadi sedikit emosi dan membuat Zarc pun ingin menghancurkan dunia. Sampai akhirnya Zarc dipecah menjadi 4 bagian.


Nah bagian ini yang kamu tonton di film Yugioh Arc V. Setelah itu Jiwa Zarc kembali bangkit dengan membawa metode summon baru yang disebut PENDULUM, diakhir episode dari Arc V Zarc kembali di segel. agar kemunculan Zarc tidak bangkit lagi Akaba Reiji selaku pemilik Leo Corporation pun membuat metode Summon baru yang di sebut LINK SHOUKAN
pokoke Zarc gak boleh bangkit

Dan dengan ini dunia pun terselamatkan dari ancaman kehancuran dunia oleh ZARC........ to be continue


Namaku Yusaku Fujiki, aku seorang Playmaker yang di belakang layar menyelamatkan dan melindungi dunia dari para Hacker, dan disinilah perjuanganku dimulai ...

Yusaku Fujiki


malah keasyikan cerita.. maaf ya :D kebiasaan lama kalo lagi ngajar di SD. oke waktunya LINK.
Rule Link mulai resmi digunakan di Ranah OCG di awal April ini, sedangkan di ranah TCG kabarnya bulan Juli (bareng dengan release SD TCG nya)

oke check it out

1. Field Yugioh era LINK 

Perubahan di Era Link
oke kali ini saya akan memberikan julukan terlebih dahulu agar nanti tidak terlalu banyak mengetik, cape pak. 

Coklat      : Main Monster Zone kita sebut MMZ
Biru         : Extra Monster Zone kita sebut EMZ

pada Era Link kali ini, Player tidak dapat memanggil monster yang berasal dari EXTRA DECK  ke MMZ, melainkan harus memanggil monster dari Extra Deck ke EMZ. 
Jadi monster seperti, : 
  • Fusion
  • Synchro
  • Xyz
  • Pendulum yang Face up di Extra Deck 
Seperti yang teman teman lihat EMZ hanya ada 2 di arena, dan peraturannya :

PEMAIN HANYA BISA MENGGUNAKAN 1 EMZ YANG ADA DI ARENA, DAN APABILA 1 EMZ TERSEBUT SUDAH TERISI MAKA EMZ SEBELAHNYA MENJADI EMZ LAWAN.

maaf kalo pake Chaplock karena di situ terdapat point pentingnya. dan perubahan satu lagi terdapat pada PENDULUM SCALE (PS) yang sekarang bergabung dengan Spell n Trap Card Zone (STCZ) di ujung kiri dan kanan STCZ. 

Murid 1 : Sensei Fudo, Gimana kalo misalnya saya Set satu trap atau spell di Pendulum Zone? 
Jawab : kamu dapat melakukan hal tersebut, walau di ujung satunya terdapat Pendulum monster yang di pasang di PS.

*intinya 

Pendulum Monster yang diSETTING (bahasa Anime) atau di pasang di Pendulum zone maka Zone itu di hitung sebagai Pendulum Zone, dan apabila kita memasang Trap or Spell di Pendulum zone ujung satunya maka itu sebut sebagai STCZ. kartu monster pendulum yang terdapat di pendulum zone tetap di anggap sebagai SPELL CARD.

so hal yang harusnya kamu dapat, dari field ini kamu sudah harus berhati hati dalam meletakkan kartu kartumu di arena. karena apa bila dalam duel kamu melakukan kesalahan tersebut bisa berakibat fatal.

oke lanjut ke berikutnya

2. LINK MONSTER






 Ya monster berwarna Biru ini bukan RITUAL monster, melainkan Monster jenis baru yang bernama LINK.

Monster LINK juga salah satu termasuk MONSTER EXTRA DECK. dan
 EXTRA DECK tetap Max 15

Pada monster LINK terdapat beberapa tanda panah yang di sebut
LINK MARKER

Link marker tersebut di antaranya :
  • Atas Kanan (Up Right)
  • Atas (Up)
  • Atas Kiri (Up Left)
  • Kiri (Left)
  • Kanan (Right)
  • Bawah Kiri (Bottom Left)
  • Bawah (Bottom)
  • Bawah Kanan (Bottom Right)


Murid 2 :  Fungsi Link marker itu apa ya Sensei? 
Jawab : Ingat tadi kita hanya bisa memanggil monster dari Extra Deck ke EMZ? pasti ingatkan. nah fungsi Link marker ini akan membuat MMZ kita terLINK dan membuat MMZ kita bisa di tempati oleh monster monster yang berasal dari Extra Deck. kita sebut saja MMZ yang terlink disebut LINK POINT

Sebelum bahas lebih lanjut mari kita bahas dulu tentang monster ganteng di bawah ini :



Monster Link seperti penampakan di atas Tidak memiliki LEVEL maupun RANK melainkan dia memiliki LINK di pojok kanan bawah di tempat DEF. 

Murid 3 : lho kok gak ada Defnya sensei Fudo? 
Jawab : ya dikarenakan Link Marker yang menempel pada Monster Link dapat berubah posisi apabila kita mengubah Monster Link tersebut kedalam posisi bertahan, Maka dari itu .....


MONSTER LINK TIDAK DAPAT DI UBAH KE POSISI BERTAHAN DENGAN CARA APAPUN, DAN APABILA ADA YANG KARTU YANG EFFNYA MENARGET ATAUPUN MEMBUAT MONSTER LINK MENGUBAH POSISINYA MAKA KARTU ITU TIDAK BEREFEK TERHADAP MONSTER LINK.

Contoh : 
  • Yusaku Fujiki Mensummon Decode Talker, lalu lawannya mengaktifkan Book Of Moon dengan menarget Decode Talker.. maka hal tersebut tidak bisa. Karena Decode Talker tidak dapat di rubah posisinya. dan Book Of Moon tidak dapat aktif. 
  • Yusaku Fujiki Mensummon Decode Talker, lalu lawannya mengaktifkan Book Of Eclipse dimana semua monster di arena Yusaku akan berubah menjadi posisi bertahan dan tertutup, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap Decode Talker milik Yusaku, dia tetap berdiri tegap menghadap langit.
oh ya hampir lupa, terdapat Type-Monster baru pada zaman link ini yaitu
CYVERS atau bahasa gaulnya CYBERS Type Monster.

nantinya mungkin banyak support terhadap Type monster tersebut.

oke lanjut lagi untuk masalah pemanggilan Monster Link
seperti yang kita tahu monster-monster extra deck sebelumnya dan monster lain hanya memiliki Syarat Summon 1. sebagai contoh : 
  • Ritual : hanya bisa di panggil menggunakan Ritual Spell Card yang terdapat pada teks monster ritual, walau udah banyak monster ritual yang memiliki kemampuan lain.
  • Fusion : "Odd Eyes Dragon" + "Starving Venom Dragon" syarat yang jelas yaitu dengan menggabungkan odd eyes dengan starving venom menggunakan Polymerization atau fusion card lainnya, walau udah banyak monster yang bisa Contact Fusion
  • Synchro : 1 Tuner + 1 or More Non Tuner Monster, ya kali ini syarat pemanggilan hanya dengan membuat 1 tuner dan 1 or nontuner monster menjadi synchro monster.
  • XYZ : 2 Level 4 monster, ya hanya satu syarat yaitu menumpuk 2 monster menjadi satu
nah untuk Monster Link

LINK SUMMON MEMILIKI PRINSIP 
LINK - N = JUMLAH MONSTER ATAU 
LINK - N = LINK - N + JUMLAH MONSTER 
DENGAN SYARAT DI TEXT BOX YANG TERPENUHI

Contoh LINK - 4 : maka membutuhkan 4 monster di arena face up
atau LINK - 4 : Link 2 + 2 monster di arena face up
dengan syarat dari text box mereka terpenuhi.


syaratnya ada dua


Syaratnya :
1. 2 or More Effect Monster
2. LINK - 3

yang artinya :
LINK - 3 artinya kita harus menggunakan 3 monster sebagai material dari link monster.

2 or More Effect Monster  artinya 3 monster yang kita gunakan harus Effect Monster.

Cara summonnya :
Ketika kita memiliki 3 Effect Monster di arena, kirim mereka ke kuburan lalu LINK SUMMON
Munculah Ksatria yang mirip Buster Blader

DECODE TALKER.

Murid 4 : Sensei maaf, kalo misalnya ada Macro cosmos atau Dimensional Fissure gimana?
atau bila monster tersebut Token, atau Pendulum monster, kan mereka tidak dapat ke kuburan?

Jawab : Motode Link Summon mirip dengan Metode Synchro Summon, yang bedanya hanya di Tuner karena Link Summon tidak memerlukan Tuner.
jadi apabila kita Link Shoukan dengan Material yang ada lalu terdapat Macro cosmos, maka otomatis material nya pergi ke BANISH ZONE dan kita tetap dapat memanggil MONSTER LINK.
begitu pula dengan Pendulum sebagai material maka dia akan pergi ke Extra Deck Face Up.
Token yang menjadi material Hilang. :D.

Sudah mengerti?

JADI LINK SUMMON DAPAT DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL FACE UP MONSTER YANG KAMU KONTROL KE KUBURAN* LALU MEMANGGIL MONSTER LINK DARI EXTRA DECK KAMU KE EMZ APABILA KAMU BELUM MEMILIKI LINK POINT.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah VVVV

LINK SHOUKAN SEND DARK MAGICIAN, UNTUK MEMANGGIL LINK SPIDER DI EMZ

Ya Daerah yang di Tunjuk oleh Honey Bot di sebut sebagai LINK POINT dan MMZ itu bisa kita Gunakan untuk memanggil monster dari extra deck.


 3. LINK MATERIAL
Lalu kita akan belajar tentang LINK UP, LINK DOWN

LINK UP adalah kemampuan Special dari MONSTER LINK, Karena mereka dapat memanggil Monster Link dari Extra Deck yang Linknya lebih tinggi asal syarat pertamanya terpenuhi.

LINK - 3 = LINK 2 + 1 Monster
LINK - 4 = LINK 2 + 2 Monster di arena atau LINK - 3 + 1 Monster

sebagai contoh masih ingat Decode Talker di atas?
2 or More Effect Monster. yang artinya dia dapat di panggil hanya dengan 2 Material saja
dengan cara kita Memiliki

1 monster LINK -2 dan 1 Effect Monster. kita dapat Memanggil DECODE TALKER dengan 2 Material saja. nah ini di sebut LINK UP.. berbeda dengan XYZ Summon yang harus menggunakan Rank - Up Magic untuk RANK UP.

LINK UP : 1 Honey Bot Link - 2 + 1 Eff Monster Munculah Decode Talker.

Di gambar di atas saya memberikan garis merah dimana kita tidak dapat memanggil Decode Talker disana, LINK POINT yang harusnya ada di kiri kanan Honey Bot sudah hilang karena Honey Bot ke send duluan ke kuburan. sehingga LINK POINT tersisa hanya dari Link Spider.. 

Murid 5 : Oh begitu sensei.. tapi gimana kalo misalnya kita mau Link up, Synchro up, Rank up, Fusion up lalu berpindah posisi ke EMZ sebelah yang punya lawan? apa bisa?

Jawab : bisa asal EMZ yang di haruskan punya lawan kosong tidak ada isinya. 
Contoh
  • Judai Yuki memiliki Elemental Hero Escuridao di EMZ Kiri. lalu dia aktifkan Mask Change untuk berubah, tapi di EMZ Kanan kosong (lawan blom ngapa ngapain) nah pada kondisi tersebut, Escuridao yang kesend kekuburan lalu Judai Yuki dapat memanggil Masked Hero Darklaw di EMZ sebelah Kanan di perbolehkan. (pindah posisi)
  • Yusei Fudo memiliki Junk Warrior lv 5 di EMZ kanan lalu memilik Junk SYnchron di MMZ dia melakukan Tuning memanggil Stardust maka Yusei Fudo dapat memanggil Stardust di EMZ sebelah kiri atau kanan. selama EMZ milik lawan kosong.
  • Tsukumo Yuma ingin MengRank UP Utopia menjadi Utopia Lightning maka dia dapat berpindah posisi ke EMZ kiri Maupun kanan apabila EMZ lawan juga kosong
  • Yusaku ingin Link Up, "Link Spider" dengan Decode Talker, maka Yusaku dapat meletakkan Firewall Dragon di EMZ kiri maupun kanan apabila kosong.
FireWall dapat di panggil ke EMZ kiri Maupun kanan karena kondisi nya masih kosong :D 

intinya  :

SELAMA MATERIAL PEMANGGILAN KITA TERKIRIM KE KUBURAN* DAN KEDUA EMZ MENJADI KOSONG MAKA KITA DAPAT MEMANGGIL LINK UP MONSTER KITA DARI EXTRA DECK KE SALAH SATU EMZ YANG ADA.

Karena Link monster di anggap sebagai material yang jumlahnya sesuai dengan Link yang tertera

Sebagai contoh 

Link 2 itu di hitung sebagai 2 Link Material / 1 monster
Link 3 itu di hitung sebagai 3 Link Material / 1 monster
Link 4 itu di hitung sebagai 4 Link Material / 1 monster
Link 5 itu di hitung sebagai 5 Link Material / 1 monster



Be Careful hati hati apabila kita melakukan Pemanggilan monster di EMZ jangan sampai Musuh dapat menikmati LINK POINT yang kita berikan :D 

Lawan memanggil DECODE TALKER di EMZ NYA jadi kita bisa melakukan Summon dari Extra Deck Di LINK POINT yang di tunjuk Decode Talker


4. LINKED, MUTUAL LINK, EXTRA LINK
Oke kita sudah belajar Waktunya kita masuk ke tahap MUTUAL LINK dan EXTRA LINK.

sebelum itu sedikit penjelasan dari saya :
  • LINK POINT : MMZ yang tertunjuk oleh LINK MARKER dan dapat di gunakan untuk memanggil monster dari Extra Deck di tempat tersebut.
  • LINKED       : Monster yang berada di area LINK POINT yang di tunjuk oleh Monster Link, dan biasanya beberapa Monster Link dapat menggunakan kemampuan specialnya apabila dia TerLINKED dengan monster lain.
  • MUTUAL LINK (CO-LINKED) : adalah posisi dimana 2 monster LINK salink TerLINKED (arah Link Markernya saling tunjuk menunjuk) dan beberapa monster dapat di aktifkan kemampuannya apabila sudah Ter MUTUAL LINK.
Mutual Link sangat penting di gunakan untuk eff Firewall Dragon

"During either palyer's turn : You can target monster on the field and/or in any Graveyard(s), up to the number of monster in a Mutual Link with this card; return them to the hand. This Effect can only be used once while this card is face-up on the field.

ya efek dari kartu Ace nya Yusaku Fujiki yaitu Firewall Dragon memiliki kemampuan bisa mengembalikan monster di arena atau kuburan siapapun sebanyak monster yang Mutual Link dengan kartu ini. 

ehm kira kira begini

Oke Waktunya belajar :D

Dari gambar di atas berapa monster yang LINKED dengan Firewall Dragon?
yups 3 Monster yaitu : Link Spider, EH Neos Knight, Gaiasaber

Dari gambar di atas berapa monster yang MUTUAL LINK dengan Firewall Dragon?
yups 2 Monster yaitu : Gaiasaber dan Link Spider

Oleh karena itu Firewall bisa mengembalikan Up to 2 monster di arena atau kuburan siapapun ke tangan, tapi ingat eff itu hanya bisa aktif sekali per kartu Firewall ini terbuka di arena.


murid 6 : wah ilmu tentang Link sudah bertambah sensei. tapi tadi sensei sempat berbicara tentang Extra Link? apa itu Extra link sensei?

oke Extra Link : 

Kondisi ketika kamu membuat mutual Link di arena mengelilingi keseluruhan arena mu.. dan di akhiri dengan MARKER UP di bawah EMZ lawanmu. dan dengan begitu kita dapat mengambil EMZ lawan yang kosong menjadi milik kita. 

Murid 6 : tapi kan sensei, peraturan di atas tadi... 

PEMAIN HANYA BISA MENGGUNAKAN 1 EMZ YANG ADA DI ARENA, DAN APABILA 1 EMZ TERSEBUT SUDAH TERISI MAKA EMZ SEBELAHNYA MENJADI EMZ LAWAN.


Nah dengan EXTRA LINK yang tadinya kita tidak bisa memakai EMZ lawan sekarang kita bisa menggunakannya :D kapan lagi kita bisa mengambil EMZ lawan..

Murid 6 : TAPI...

Tapi melulu.... yang jelas pokoknya begitu ya Murid 6, kalo udah ada Extra Link kita bisa mengambil zone lawan.

Mutual Link dari Link Spider ke Firewall 1 lalu Mutual lagi ke Gaia Saber lalu Mutual lagi ke Firewall2 nahkita bisa Mutual ke EMZ lawan.
dengan ide Mutual summon ini kita dapat mengambil keseluruhan field yang ada :" heheheh mau maen apa kamu EMZ nya aku NTR


Stardust dan Odd eyes hanya pemanis saja :D 
Heehehhehehe berhasil berhasil hore...

waktunya tahap berikutnya


5. EXTRA DECK MONSTER YANG KELUAR DARI EMZ LALU KEMBALI LAGI

Ya seperti yang sensei bilang sebelumnya :D 

  • Fusion
  • Synchro
  • Xyz
  • Link
  • Pendulum yang Face up di Extra Deck 
Kartu kartu yang di panggil dari Extra Deck harus di letakan di EMZ atau LINK POINT (MMZ yang terlink dengan Monster Link.) 
nah tetapi apabila Monster Extra deck tersebut keluar dari arena lalu kembali lagi ke arena (karena eff sendiri maupun eff kartu lain) maka Monster Extra Deck itu akan di letakan di MMZ, 
Apabila MMZ penuh maka monster itu di kirim ke kuburan.

saya ambil contoh : 

Psyframe Omega berhasil di Synchro Summon di EMZ, lalu dia mengaktifkan effnya untuk membanish dirinya dan 1 kartu lawan. pada saat standby Phase, Psyframe Omega harus di letakkan di MMZ. (apabila MMZ penuh maka dia tidak dapat di letakan di EMZ) dan di kirim ke kuburan.

lalu yang kedua.

ketika lawan mengontrol 1 monster di EMZ, lalu kita mengaktifkan kartu yang mengambil monster tersebut (Mind Control) maka monster itu akan di letakkan di MMZ milik kita (bukan EMZ)

Ketiga

Ketika lawan mengontrol 1 Monster di EMZ, lalu kita Tribute untuk memanggil Kaiju atau sodara setanah air, maka kita akan meletakkan Kaiju atau sodara setanah airnya di MMZ milik lawan..

sip kalo ini pasti cepet ngerti :D 


6. SPEED DUEL

Murid muridku siapa yang pernah main Yugioh Duel Links di Android?
ya Speed duel mengambil tema dari Yugioh Duel Links (diresmikan dan di jadikan sebuah Duel Kilat)

Murid 7 : beda nya pa Sensei :D

SPEED DUEL FIELD



Peraturan Speed Duel
  1. LP hanya 4000
  2. Starting Hand 4 kartu  Maximum Hand 6 apabila di End Phase lebih dari 6 maka harus buang sehingga kartu di Hand hanya 6
  3. Deck berisi Minimal 20 kartu dengan komposisi yang sesuai dengan deck kita
  4. Extra Deck 0 - 5 saja gak boleh banyak banyak namanya speed duel
  5. DRAW PHASE > STANDBY PHASE > MAIN PHASE > BATTLE PHASE > END PHASE
  6. First Turn tidak menarik 1 kartu tambahan 
ehm menarik kalo buat iseng.. tapi gimana ya Pendulum Zone hilang.. gak bisa maen kroyokan wkwkwk...

Kapan kapan ada yang mau Speed Duel dengan saya ? 



Dengan begini Pembelajaran tentang RULE LINK berakhir.. Otanoshimi wa Kore Karada

Senang senangnya besok aja ya :D 




Credit Picture from : Yugioh.wikia dan Google Search serta Editan saya sendiri

Thanks To Allah SWT
My Lovely dan Semua rekan rekan duelist di tanah air.



Salam

OVERTOP CLEAR MIND



by 
MAREND YUSEI FUDO


12 comments:

Unknown mengatakan...

Mantap, Mas Marend!

Anonim mengatakan...

Mas memang vrains kelanjutan dari arc v? Dan memng akaba reiji kah yang menciptakan link card? Setahu saya endingnya tidak begitu dan tidak ada kaitannya.. (maaf komen nya out of topic) hehe :p

plasmadueling mengatakan...

^ itu cuman keisengan belaka aja kok.. gak nyangkut ama animenya :D

Unknown mengatakan...

mas, misalnya kartu link monster yg ada di EMZ hancur, apa Extra Monster yg terlink dg link monster tersebut juga akan ikut hancur?

Unknown mengatakan...

kok di credit picture ada vanguard

Tugiono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Tugiono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Sensei, kalo misalnya kita punya link monster di EMZ yg terLINK dgn monster extra lain di LINK POINT, trus ketika monster yg di EMZ itu hancur, gimana nasib dgn monster extra yg terLINK tadi? Mohon pencerahannya ..

Unknown mengatakan...

gan kalo link monster hancur, monster linkednya yg dari extra deck hancur juga ga? (link pointnya udah ga ada)

Unknown mengatakan...

Mas mau nanya website buat liat-liat kartu Yugi apa ya?

Anonim mengatakan...

Kalo monster di EMZ hancur, mnster yg terLink di MMZ msih ga ikt hncur kok, kec.krna effct yg bkin ikt hncur jg. Sjauh ini sya blm nemu yg pny efk bgtu.., inti nya sih msih utuh.

Doyan Main mengatakan...

Permainan Slot Terbaik Dengan RTP Tertinggi Saat ini...
Winning303 Menjadi Best Slot Agent Saat ini...
Menawarkan Ratusan Permainan Slots Terbaiknya...
-Pragmatic Play
-Game Play
-Microgaming
-Spadegaming
-De Macao Slot
-Playtech
-Top Trend Gaming
-Habanero
-Joker Gaming

Pengalamanan Seru Akan Anda Dapatkan Disini...

Segera Bergabung Dengan Kami...Dapatkan Bonus Rollingan Setiap Hari....

Hubungi Segera:
WA: 087785425244
Cs 24 Jam Online

Posting Komentar