Selasa, 17 Juni 2014

Card of The Week : Heroic Challenger - Assault Halberd

Hai everybody! Kembali lagi bersama Ballibond ! tak terasa sudah satu minggu berlalu semenjak kita membahas kartu COTW minggu lalu “Mask Change 2nd. Kartu yang merupakan support baru untuk HERO itu tak disangka justru bisa dipakai di deck-deck selain HERO.

Nah, di Card of The Week minggu ini, kita juga akan membahas sebuah kartu yang meski  pada awalnya dibuat untuk mensupport salah satu Archetype, ternyata tanpa disadari bisa juga dipakai oleh Deck lain selain Archetype tersebut. tanpa basa-basi, kita langsung review saja kartu tersebut.


H・C 強襲のハルベルト

Level 4/Warrior/Earth/Atk 1800/Def 200
"If your opponent controls a monster and you control no monsters, you can Special Summon this card (from your hand). If this card attacks a Defense Position monster, inflict piercing battle damage to your opponent. When this card inflicts battle damage to your opponent: You can add 1 "Heroic" card from your Deck to your hand"

Card Release:
OCG : DUEA-JP081_Duelist Alliance_Common
TCG : Not Released Yet

Kartu monster ini adalah salah satu dari monster level 4 yang bisa menspecial summon dirinya dari tangan. Sebetulnya masih banyak kartu yang memiliki effect yang sama. Misalkan saja Photon Thrasher yang memiliki attack 2100 namun tak bisa menyerang kalau ada monster lain di arena. Lalu ada Swift Hippo Dynatherium bisa menspecial summon dirinya dari tangan tapi membuat musuh juga bisa special summon 1 monster level 4 kebawah dari kuburan kedua player, Hanya Heroic Champion Assault Halberd (selanjutnya disingkat sebagai HC-Assault Halberd) yang tidak memiliki effect minus. Kebanyakan monster yang memiliki kemampuan untuk menspecial summon level 4 kebawah memiliki syarat yang sulit, atau drawback effect yang cukup merugikan. Dan apabila monster tersebut tidak memiliki syarat dan effect yang sulit, monster itu hanya bisa dipakai untuk deck tertentu saja (misal : Burning Knuckle / Battlin’ Boxer Spar). Menurut gw, cuman kartu ini saja yang tidak memiliki restriksi yang menyulitkan dan splashable di deck lain.

Okeh, sebagaimana review-review sebelumnya, gw sudah mencoba membuat poin plus minus dari kartu ini. Mari kita simak secara seksama ::3

Kelebihan

1.       Level 4
Heroic Challenger ini adalah level 4. Dan semua orang tahu kalau XYZ yang memiliki effect yang jago saat ini kebanyakan adalah Rank 4. Dengan adanya monster level 4 yang bisa menspecial summon dirinya dari tangan, tentu memudahkan kita untuk melakukan XYZ rank 4.

2.       Searchable dengan Reinforcement of The Army
Kartu ini juga memiliki type Warrior. Dengan kata lain dia bisa di search dari deck dengan ROTA. Ini sangat memudahkan kita kalau kita hendak melakukan XYZ summon. Dengan bertipe warrior juga, itu artinya dia bisa juga kita gunakan untuk mengakses XYZ yang menyaratkan materialnya mesti warrior. Misalkan saja big boss mereka, Number 86 : Heroic Champion-Rhongomiat, atau HC- Excalibur yang memiliki effect yang cukup jago. Di deck-deck yang memang memakai monster warrior (misalkan Six Samurai atau Elemental Hero, kartu ini memudahkan kita untuk mengakses XYZ tersebut)

3.     Punya  kemampuan tutor
Satu hal lagi yang membuat kartu ini splashable dan layak dimainkan adalah kemampuannya untuk mentutor. Jika monster ini memberikan damage kepada musuh, maka dia bisa add 1 “Heroic” dari deck. dan itu tidak dibatasi harus Heroic lain. dengan kata lain, kita bisa mensearch kopian dari “HC-Assault Halberd” dari deck.  Deck Thinning sekaligus memberikan akses untuk XYZ rank 4 di turn selanjutnya. Ditambah lagi attacknya yang cukup besar, 1800, membuat kartu ini bisa juga menjadi beatstick. Memberi damage ke lawan sembari ngeplus satu kartu? Mengapa tidak?

4.       Tidak memiliki drawback yang menyulitkan
Tidak seperti Photon Thrasher yang jadi bego kalau ada monster lain, kartu ini tidak memiliki effect samping yang jelek. Bahkan kalau kita cuman tech 1 “HC-Assault Halberd” sekalipun, kartu ini tidak memberikan beban kepada deck. memiliki attack 1800 artinya dia bisa juga digunakan sebagai Bottomless Trap Hole bait.
Selamat tinggal Photon Thrasher..

5.       Di deck HC sendiri, kartu ini kepake!
Rasanya ironis sekali kalau kartu yang jago dideck lain, ternyata tidak dipakai di deck Archetype aslinya. Kartu ini sangat berguna di deck HC Turbo untuk mencari HC-ThousandBlade. Sebagai informasi, HC-Turbo adalah deck yang memfokuskan diri untuk mensummon No.86 Heroic Champion Rhongomiant dengan 5 XYZ material dalam 1 turn. Berkat efek  HC-Thousand Blade dan HC-Extra Sword (plus Infernal Reckless Summon)  kita bisa memanggil Rhongomiat dengan attack 6000 + 4 material. Dan asal tau saja, Rhongomiat di field dengan 4 material itu sangat mengerikan. Musuh gak bisa Normal/Special summon, gak bisa mati karena battle, dan gak bisa terpengaruh effect apapun. Pokoknya serem deh hahaha. dan di deck tersebut XYZ monster ini sangat gampang dilakukan karena HC-Thousand Bladenya sendiri bisa disearch via ROTA atau HC-Assault Halberd ini.

Kombo utama di Deck Rhongomiant Turbo

6.       Bisa PIERCIIING!!! (baca: tusbol)
Satu lagi kelebihan dari monster ini adalah dia bisa nusbol monster lawan. Maksudnya adalah ketika dia battle dengan monster posisi defense, kalau attack monster ini lebih besar dari defense monster yang dilawan, maka selisihnya menjadi damage ke musuh. Dan sekali lagi, kalau monster ini memberikan damage, maka dia bisa add 1 “Heroic” dari deck. hohoho, keren kan?

7.       Raritynya cuman KOMON
Meski kartu ini splashable dan kepake, ternyata tidak menjadikan kartu ini memiliki rarity tinggi. KONAMI merilis kartu ini dengan rarity KOMON. tapi tidak seperti KOMON malah seperti Solemn Warning, kartu ini harganya cukup murah. Terakhir kali saya melihat di situs jual beli CCG online seperti Rabbit-Blue, kartu ini masih memiliki harga 50-100 yen. Dan kalau dikonversi ke Rupiah (1 yen = 150 rupiah), harganya hanya kisaran 7500-15000 saja

Nah, setelah kita membahas plus dari kartu ini, sekarang beranjak minus dari kartu ini.

Kekurangan

1.       Cuman bisa dispecial summon dari tangan kalau field kita kosong dan musuh ada monster
Kelemahan sekaligus hal yang membuat kartu ini jago dari kartu ini adalah dirinya hanya bisa dispecial summon dari tangan kalau field kita kosong dan musuh ada monster. tidak seperti Evilswarm Mandragora atau Toy Knight yang membutuhkan jumlah monster kita lebih sedikit dari musuh untuk menspecial summon mereka dari tangan. Itu artinya setelah kita mensummon monster ke field, kita tidak bisa menspecial summon kartu ini dari tangan. Itulah kenapa, kalau misalnya ditangan kamu dapat 2 HC-Assault Halberd, hanya satu saja yang bisa dispecial summon. Kalau kamu mau mensummon HC-Assault Halberd lagi, kita harus menormal Summon monster tersebut.

2.       Beratrribute Earth
Satu lagi kekurangan dari HC-Assault Halberd adalah kartu ini berattribut Earth. Jadi selain untuk di special summon, kartu ini tidak memiliki fungsi lain di deck yang men-tech kartu ini. Seandainya saja kartu ini berAttribute Dark, maka kartu ini bisa kita gunakan sebagai Allure fooder. Tapi seandainya kalau kartu ini beratrribute dark, tentu malah jadi imba dan raritynya malah tinggi. Hahaha.


Nah.plus dan minus dari kartu ini sudah gw paparkan diatas. Gimana? Tertarik menggunakan monster yang satu ini. Kalau deck kamu adalah deck yang fokus XYZ rank 4 mungkin kartu ini bisa kamu pakai sebagai Tech card. Tidak seperti Photon Thrasher yang gak bisa dinormal summon, kartu ini masih bisa di normal summon jadi tidak begitu badhand ditangan kalau effect Special Summonnya tidak bisa kita gunakan.

Dan ini adalah akhir dari sesi COTW minggu ini. Seperti biasa, sebelum sesi ini berakhir, gw akan mencoba memberi poin mengenai kartu ini.baik Artwork, effect, maupun versatilitynya di deck. dan berikut adalah poinnya

Artwork     : 7/10 (monster artworknya kurang gar. Entah apa maksud petir dibelakang monster itu,memberikan kesan seram?)
Effect         : 7,5/10 (efeknya gak instant bikin musuh minus, tapi membantu deck yang fokus ke XYZ rank 4)
Versatility : 8/10 (butuh level 4 yang bisa di SS dari tangan? Tech kartu ini!)
Total          : 7,5/10

Oke, sekian dulu post dari gw. Semoga memberikan inspirasi kepada kalian-kalian semua. Jangan lupa kalau ada krtik dan saran mengenai kartu ini, bisa ditulis di komentar ini. yaksip.

Thx for reading and happy trolling

-Ballibond-

0 comments:

Posting Komentar