Jumat, 20 Juni 2014

Yugioh Banlist OCG July 2014 Analisis

Bagi yang mengikuti berita seputar Yugioh OCG, mungkin sudah pada tahu ya bahwa Banlist OCG untuk periode Juli 2014 sudah fix keluar. Banyak yang menganggap Banlist kali ini sedikit ekstrim dibandingkan sebelumnya mengingat banyak kartu-kartu yang tidak diperkirakan akan bergeser posisinya di banlist, kini bergeser secara ekstrim. Misalkan saja Rescue Rabbit yang dari Limit tiba-tiba saja menjadi Unlimited. 

Nah, post kali ini akan mencoba mengulas satu persatu kartu yang terkena Banlist kali ini. Bagaimana kedepannya deck tersebut setelah banlist, serta bagaimana pengaruhnya terhadap meta nanti. Dan supaya tidak repot membacanya, gw sudah memisahkan pertingkatan limit dari Banlist. Mulai dari Limit, Semi Limit, maupun Unlimited.


Limited Cards 「制限カード」:

Artifact Moralltach 「アーティファクト-モラルタ」
Armageddon Knight 「終末の騎士」
Dragon Ravine 「竜の渓谷」
Dragon Shrine 「竜の霊廟」
Needlebug Nest「針虫の巣窟」


 Deck-deck yang ngetech Artifact seperti Artifact OOParts atau Hand Artifact Traptrix harus berpikir untuk mengaktifkan theosopy. mereka cuman punya 1 kesempatan untuk ss moraltach dari deck. jadi mesti disimpan baik-baik. Moraltach gak jadi instant +1

 2 kartu ini dilimit karena alasan yang sama. Shadoll. Kartu-kartu ini memiliki efek dump monster ke grave dimana Shadoll sangat diuntungkan dengan kartu tersebut. KONAMI memutuskan untuk memperlambat speed Shadoll dengan cara melimit 2 kartu ini. Kini Shadoll hanya bisa bertumpu pada kartu mereka sendiri, yaotu Squirming Fallen Shadow. 

Dengan dilimitnya kartu ini, semua varian dragon ruler jadi melambat. Mulai dari Dragunity Ruler yang memanfaatkan dragon ravine untuk ngedump dragon-dragon gede, juga Blue Eyes Rruler yang memanfaatkan shrine untuk dump naga. mungkin selanjutnya Dragon Ruler akan menjadi sedikit pincang karenanya.

Semi-Limited Cards 「準制限カード」:

Elemental HERO Bubbleman 「E・HERO バブルマン」
Chronomaly Nebra Disk 「先史遺産ネブラ・ディスク」
Wind-Up Shark 「ゼンマイシャーク」
TG Striker 「TG ストライカー」
Mezuki 「馬頭鬼」
Legendary Six Samurai Shi EN 「真六武衆-シエン」
Evilswarm Ophion 「ヴェルズ・オピオン」
Abyss-sphere 「アビスフィアー」


deck hero kembali disupport!berkat dibukanya 2 bubbleman dan keluarnya kartu baru di structure deck HERO's Strike, archetype ini kembali masuk ke radar para pemain. di turnamen-turnamen kedepan mungkin para fans fanatik hero akan kembali mencoba keberuntungan mereka dengan deck HERO yang sudah diperbaharui. 

OO part speednya diperlambat. tidak begitu berpengaruh sebenarnya.hanya saja dengan di seminya kartu ini, kartu ini akan semakin jarang muncul ditangan. mungkin kedepannya para player 00part akan tech upstart goblin untuk mempercepat mendapatkan kartu ini.


Dengan 3 Wind-Up magician, dan 2 shark, Wind-Up kembali bisa menciptakan OTK. ditambah adanya Soul Charge, Noden (yang masih Korea exclusive sayangnya), dan Wind-Up Zenmaity yang sebelumnya sudah dilimit, Wind-Up akan kembali menjadi deck XYZ oriented yang ganas. namun itu saja belum tentu menjadikan deck ini kembali naik tier lho  karena efek Shadoll Midrash sangat mematikan deck ini.

sama seperti WU Shark, meski T.G. striker sekarang jadi semi, tidak berarti deck agent akan naik tier. Dibanding deck2 lain, deck agent tergolong lambat. ditambah rank 2 sudah tidak sehot dulu. dengan adanya Castel. tembok 2200 dapat dengan gampang ditembus.Oh iya, khusus untuk deck T.G. stun, dengan tidak dilimitnya supply unit dan diseminya kartu ini, mereka sepertinya akan semakin sumringah saja.

 sepertinya gak masalah, mengingat kalau sudah sampai summon Ophion ke-2, musuh sudah gg. satu aja susah dimatiin apalagi dua? musuh pasti sudah habis resource itu.

six samurai kini boleh senang karena boss monster mereka boleh dipakai 2. 1st turn double Shi En + Naturia Beast(make Soul Charge)? mengapa nggak?

7. Mezuki
zombie kembali disupport dengan 2 mezuki. tapi sepertinya di meta yang sangat cepat ini, tambahan 1 mezuki tidak akan begitu pengaruh. tapi tetap saja, 2 mezuki itu sangatlah menyenangkan bagi zombie.

TCG terlebih dahulu memangkas  Mermail dengan melimit kartu Abyss Sphere. Dan kini OCG juga mengikuti jejak TCG. akan tetapi, KONAMI divisi OCG masih berbaik hati hanya men-semi limit kartu ini. para pemain Mermail OCG mungkin harus meniru strategi Mermail TCG supaya deck ini tetap jago

Unlimited 「準制限」:

Chaos Sorcerer 「カオス・ソーサラー」
Plaguespreader Zombie「ゾンビキャリア」
Cyberstein 「デビル・フランケン」
Rescue Rabbit 「レスキューラビット」
Fire Formation - Tenki 「炎舞-「天璣」」
Royal Tribute 「王家の生け贄」
Black Whirlwind 「黒い旋風」
Sacred Sword of the Seven Stars 「七星の宝刀


Sebenarnya yang membuat Banlist periode kali ini cukup kontroversial adalah karena pilihan kartu yang di-unlimited lagi oleh Konami. kartu-kartu yang dulu dianggap jago dan dilimit, kini diperobolehkan lagi dipakai 3. apa pengaruhnya terhadap meta OCG sekarang? kita akan bahas satu-satu

1. PSZ
 Kartu ini dizaman Twilight Zombie dan Perfect Circle merupakan kartu yang mengerikan. tuner yang mampu hidup kembali dari graveyard dulu dianggap broken. terlebih lagi dulu Synchro level 6 masih broken-brokennya berkat Goyo Guardian dan Brionac. jadi kartu ini dianggap berbahaya oleh KONAMI. namun dizaman sekarang yang memang semakin broken, PSZ dianggap sudah tidak mengerikan lagi. di banlist sebelumnya PSZ sudah disemi limit oleh KONAMI dan sedikit yang memakainya. kini KONAMI mencoba kembali membuka PSZ menjadi 3. mungkin dengan kembali 3 nya monster ini, Deck-deck Zombie Variant dan Lightsworn bisa kembali berjaya seperti dulu.

 KONAMI itu sebenarnya galau akan kartu satu ini. kadang kartu ini dianggap broken sehingga dilimit. tapi saat lain dianggap tidak broken sehingga disemi limit. nah kali ini KONAMi menganggap Chaos Sorcerer tidak berbahaya sama sekali. jadilah mereka meng-unlimited kan kembali kartu satu ini.


 salah satu plot twist dari banlist periode ini adalah kartu ini. sebelumnya kartu ini hanya diperbolehkan dipakai satu saja. tak ada yang menggubrisnya. namun dengan diperbolehkannya kartu ini sebanyak 3, mungkin player akan mulai melirik kartu ini dan menyusun deck berdasarkan kartu ini. Kombo lawas Cyber End Dragon + Megamorph + Limiter Removal tentu masih menggoda.  tapi jujur saja, cost 5000 lifepoint itu sangat besar. ditambah lagi jaman sekarang banyak sekali efek negater seperti Veiler, BTS, Fiendish Chain sehingga jika digagalkan kita akan sangat rugi. hahaha

4. Rescue Rabbit
 Plot Twist kedua dari banlist ini adalah kembalinya monster imut kita satu ini ke unlimited. masih ingat kan WCQ beberapa tahun lalu dimana final match antara Inzektor vs Dino Rabbit berakhir dengan menyedihkan. Kombo Laggia + Macro Cosmos benar-benar menghancurkan strategi Inzektor saat itu. bahkan runner-upnya saja menangis karena dia merasa didzalimi. jaman-jaman yang sangat menyedihkan. ditambah lagi sekarang ada kartu semacam Soul Charge yang gak kalah laknatnya. makin mengerikan saja nanti deck Rabbit. Summon Rabbit jadi Laggia Set 4 gg?

 sebenarnya yang untung dari diunlimitednya Tenki ini adalah Bujin. Searcher Bujin Yamato mereka kini totalnya bisa 9! (3 Bujinqi peacock, 3 Pot of duality, 3 FF tenki). dan tak lupa deck-deck lain yang juga memakai Beast Warrior di deck mereka seperti Gladiator Beast, X-Saber, atau bahkan Fire Fist Stun juga mendapatkan profit dengan di-unlimitednya kartu ini.

Sama seperti TCG yang menganggap masa jaya Blackwing telah berakhir, OCG kini juga sudah berani meng-unulimited kartu ini. dijamannya dulu, + dari Black Whirlwind itu sangat mengerikan. akan tetapi di jaman sekarang yang lebih gila, hal itu tidak dianggap menakutkan lagi. tapi siapa tau, para pemain loyal BW menganggap ini adalah momentum mereka untuk kembali masuk kejajaran deck top tier. kita lihat saja

Drawer ini dulu dianggap broken karena adanya Dragon Ruler. tapi kini dengan di limitnya para Dragon Ruler, kartu ini dianggap tidak jago lagi. tapi kita belum tahu juga, siapa tahu dengan dilimitnya dragon shrine dan dragon ravine, kartu ini kembali mendapatkan cinta lagi di deck dragon ruler.
  
 Plot twist terakhir adalah kartu ini. kartu khusus GK ini pada dasarnya memiliki efek broken. tapi karena meta sekarang adalah Shadoll dan efek monster Shadoll jalan ketika di discard dari hand, maka Royal Tribute menjadi kartu konyol di meta sekarang. tapi dengan kembalinya 3 Royal Tribute, ini artinya para GK player akan kembali mencoba kembali bermain. berhati-hatilah dengan 1st turn ROyal Tribute mereka!

Woh panjang juga ya tulisan gw. hahaha. tapi tenang saja, sebentar lagi post ini akan berakhir. tapi sebelumnya kita akan mencoba menganalisis deck-deck yang akan top tier di periode sekarang.


Tier 1

Shadoll (mereka masih ada Shadoll Snake untuk Dump Monster)
Tellaknight (Shock Ruler Lock itu mengerikan)
Rabbit Dino (dengan soul Charge 3 deck ini akan makin ngeselin aja)
Evilswarm/Verz (Ophion Lock itu sama ngerinya dengan Laggia Lock)

Tier 2

Dragon Ruler (mereka harus cari cara lain buat dump monster ke grave)
Mermail
Artifact OOParts
HERO (lol, ini harapan gw aja sih :v)
Bujin
Karakuri

Tier 2,5

Gravekeeper
Blackwing
T.G. Variant

Tier 3

Deck lain-lain


Oh, ini cuman spekulasi saja ya. jadi belum tentu benar kok. Di 3 bulan kedepan siapa tahu para duelist telah menemukan strategi baru disalah satu deck sehingga mengguncang dunia peryugiohan dan membuat mereka naik Tier. kita lihat saja

oke deh, sekian dulu post dari gw. btw bagi para  duelist yang memanfaatkan fitur Facebook. update Blog ini akan diupdate via page Plasmadueling Blogspot jadi cukup like page tersebut dan tiap ada update baru, akan langsung terlihat di time line kamu.

oke sekali lagi, gw akhiri post ini. Thx for Reading and Happy Trolling

 =Ballibond=

0 comments:

Posting Komentar