Kamis, 05 Juni 2014

Card of the Week : Masked Change Second

Hallo, kembali lagi dengan Ballibond dalam rubrik Card ofthe Week yang sudah tidak update salama 2 minggu. Sebenarnya banyak sekali kartu yang ingin saya review dan tulis di blog ini. Akan tetapi dikarenakan niat dan hal-hal teknis (baca:malas), maka blog ini jadi sedikit terbengkalai. Untunglah ada penulis lain yang juga mengisi blog ini sehingga blog ini tidak sepi post minggu ini.

Okeh, di rubric COTW minggu ini (secara teknis minggu lalu sih) kita akan membahas satu kartu baru dari Structure Deck Hero’s Strike. Beberapa dari kita mungkin sudah tahu efek dan bagaimana cara memakai kartu ini. Akan tetapi, tak ada salahnya menyebarkan informasi kepada teman-teman semua. Lagipula, belum tentu semuanya sudah mengetahui kartu ini dan dengan membaca blog ini, mereka pun tahu bagaimana jagonya kartu tersebut (hahaha, ngarep)

Gak make basa-basi, check this out!


マスク・チェンジ・セカンド

Quick Spell
"Discard 1 card, then target 1 face-up monster you control; send it to the Graveyard, and if you do, Special Summon 1 "Masked HERO" monster from your Extra Deck with the same Attribute as that monster, but with a higher Level. (This Special Summon is treated as a Special Summon with "Mask Change".) You can only activate 1 "Mask Change Second" per turn."

Card Release 
OCG : Structure Deck: HERO's Strike- SD27-JP018
TCG: Not Released Yet


Jujur saja, gw pertama kali membaca sekilas efek kartu ini, mengganggap ini bukanlah kartu yang jago. Hanya bisa once per turn dan mesti discard 1 kartu? Ngapain coba deck hero membawa kartu minus ini? Tapi ternyata gw salah. kartu ini ternyata jago. Dan tidak hanya di deck hero, tapi juga di deck lain, kartu ini juga akan bersinar.

Pertama-tama, kita harus baca dengan seksama efek kartu ini. Dia meminta kita mendiscard 1 kartu lalu menarget 1 monster kita. Yup, 1 monster, bukan 1 HERO. Dengan kata lain, monster non HERO pun bisa ditarget oleh Quick Spell ini. Setelah resolve, kita bisa send monster tersebut ke grave untuk mensummon 1 Masked Hero dari extra deck yang memiliki Attribute yang sama dengan monster yang kita send ke kuburan. Asyik bukan? Menukar 1 monster kita yang lemah dengan monster dari extra deck yang memiliki attack besar (dan beberapa juga memiliki effect yang jago)

Dikarenakan kartu ini bisa menarget monster apapun, maka kita bisa memakaikan nya kepada monster-monster yang sudah memakai efeknya di arena. Misalkan saja Blackwing Gale The Wirlwind, setelah kita membuat attack 1 monster musuh menjadi setengahnya, maka kita bisa send Gale untuk ditukar menjadi Masked HERO Dark Law. Extra damage tentu menyenangkan bukan? Atau di deck HERO sendiri, setelah kita mengaktifkan effect Stratos, kita bisa mensend Stratos ke graveyard untuk menspecial summn Masked HERO Kamikaze dari extra deck

Penggunaannya tidak sampai sebatas itu lho, di deck Frog Monarch, kartu ini juga bisa dipakai lho. Contoh kasus : di standy phase turn kita, kita special summon Treeborn Frog dari graveyard. lalu tetap di standby phase yang sama, kita aktifkan Masked Change ke Treeborn Frog untuk menjadi Masked HERO Acid. Tahu kan Acid? Yang kalau dispecial summon via Mask Change bisa menembak semua Spell/Trap musuh? Kita baru saja mendapatkan HarpyFeather’s Duster gratisan lho! ditambah lagi karena kita mensummon Acid di standby phase, musuh tidak bisa meresponnya dengan effect veiler dan kita masih mendapatkan treeborn frog dari graveyard berkat effectnya sendiri. Musun tentu tidak akan menduga kalau di Deck Monarch kita bisa mentech kartu yang mampu menghabisi backrow mereka.

Penggunaaan lain kartu ini? Banyak bro! di Deck GladiatorBeast, kita bisa memakai kartu ini untuk mengakali Gladiator Beast yang dispecial summon oleh efek GB Darius. Setelah GB Darius di tag summon, dia akan mencoba menspecial summon 1 GB dari graveyard. sama seperti trik book of moon, Mask Change Second ini dipakai supaya GB yang dispecial summon oleh Darius tetap mendapatkan effectnya. Misalnya kita mensummon Murmillo lewat efek darius. Lalu kita chain Mask Change Second ini ke efek Murmillo (sebagai informasi, meski efeknya akan dinegate oleh Darius pada saat resolve, efek GB yang aktif ketika di tag summon akan berusaha jalan dan memulai chainlink) dan kita mendapatkan Acid plus Jedor 1 monster musuh.

Di deck HAT (Hand Artifact Traptrix) yang katanya sedang happening bagaimana? Tentu saja kartu ini bisa kita tech kan juga. Fire dan IceHand bisa kita tukar jadi Masked HERO Acid dan Goka. Artifact bisa kita tukar menjadi Masked HERO Kouga. Traptrix mau di veiler? Tukar menjadi monster Beatdown Masked HERO Dian.

Di deck HERO sendiri, kartu ini so pasti juga  akan terpakai kok. Meski dia discard 1 kartu tangan, kita bisa mengurangi minus tersebut dengan mendiscard Elemental HERO Shadow Mist sebagai costnya. Dan percayalah, kartu minus imba andalan HERO yaitu super polymerization, tidak akan terasa minus berkat adanya Elemental HERO Shadow mist. Tapi itu adalah cerita lain, di post ini, kita akan lebih mengupas bagaimana HERO memanfaatkan Mask Change Second ini. Dan jangan lupa, kartu ini bisa di add ketangan via efek kedua dari Shadow Mist.

Setelah panjang lebar menulsikan bagaimana penggunaan kartu ini di deck lain, gw juga bikin poin-poin penting dari Mask Change Second ini. Sehingga bagi yang malas membaca tulisan saya diatas, dengan membaca poin yang saya tulis, sudah cukup tahu apa bagusnya dari kartu ini. Dan ini dia:

Kelebihan:

1.       Quick Spell
Mask Change 2nd adalah Quick Spell, sehingga bisa diaktifkan ditengah Chain Link. Ditambah lagi kita bisa memakai kartu ini untuk menghindari kartu-kartu penegate effect seperti Veiler, Breakthroug Skill,dan Fiendish Chain (tidak termasuk Counter Trap ya btw) kepada monster kita. Musuh mau negate effect kita? Chain Mask Change 2nd, dapat momon attack bagong dan efek monster kita tetap dapat.

2.       Splashable (bisa dipakai di deck manapun)
Sekali lagi gw tekankan, Mask Change 2nd tidak perlu menarget HERO untuk mengaktifkan effectnya. Selama kita memiliki Masked Hero di Extra Deck berelemen yang sama dengan  monster yang kita target di field, maka kita bisa mengaktifkan Mask Change 2nd ini.

3.       Bisa disearch oleh Shadow Mist (khusus di deck HERO)
Berkat efek kedua Shadow Mist, kartu ini tidak begitu sulit untuk kita dapatkan ketangan.kita punya A HERO live yang mampu menspecial summon hero dari deck dengan cost setengah nyawa untuk memanggil Shadow Mist kearena. Kita juga punya HERO’s Signal untuk memanggil Shadow Mist. Bahkan, di special summon make Mystic Tomato sekalipun, efek add “Change” card dari Shadow Mist juga tetap jalan kok.

4.       Bisa dijadikan sarana buat discard Shadow Mist (khusus di deck HERO)
Bingung gimana caranya kirim Shadow Mist ke kuburan buat dapatin effectnya? Tidak ada super poly ditangan? Kartu ini bisa menjadi cadangannya. Tukar 1 HERO kita dengan Masked Hero dan dapatkan 1 hero tambahan ditangan (berkat effect Shadow Mist)

5.       Bukan Trap Card
Sekarang dimana negasi trap sudah gratisan berkat adanya Wiretap, kartu ini menadj  primadona karena sampai saat ini, semua negasi spell itu memiliki syarat dan kondisi yang merepotkan. Minimal musuh harus ngasih kita draw (dark bribe) untuk menegate kartu ini.

Kekurangan

1.       Costnya discard 1 tangan
Meski kartu ini splashable, kartu ini tak luput dari cost nya yang cukup besar, discard 1 kartu tangan untuk mengaktifasinya. Dan kalau kartu ini dinegate, kita jadi minus 2. (untunglah belum ada Wiretap versi spell sehingga musuh juga rada minus buat negate kartu ini)

2.       Hanya bisa once per turn
Mungkin adalah pembalance terakhir dari Konami. meski Splashable, kita tidak bisa mengabuse kartu ini dalam 1 turn. Kita hanya dibatasi penggunaanya sekali per turn. Sehingga kartu ini tidak terlalu mengimba-imba amat (Selain karena cost aktivasinya yang berat)

3.       Memaksa kita untuk memanage Extra Deck kita
Iya sih, kartu ini splashable di semua deck, akan tetapi sebagai konsekuensi memakai kartu ini, kita harus mmeberikan beberapa slot monster di Extra Deck untuk Masked Hero. Di jaman dimana 15 adalah batas maksimal monster yang kita bisa bawa di Extra Deck, menambah 2-3 Hero kedalam Extra Deck sungguh memberi dilemma. Mungkin suatu saat, KONAMI harus mengembalikan “no limit rule” lagi kepada Extra Deck. asyik kan ngebayangin musuh membawa Extra deck seluruh 99 Numbers Card series ditambah 7 Kartu Over Hundred Numbers didalam extra deck. hitunglah kira-kira berapa deckbox yang harus orang itu bawa cuman untuk menampung extra decknya. Hahahaha.

4.    Masked Hero yang disummon oleh Mask Change Second, harus levelnya lebih gede dari monster yang dikirim ke graveyard
Ini adalah kelemahan terakhir dari kartu ini, Meskipun tadi gw bilang kartu ini Splashable, dia memiliki restriksi dimana Masked Hero yang hendak dispecial summon via Mask Change Second, harus memiliki level yang lebih tinggi dibandingkan Monster yang kita kirim ke graveyard. Apa implikasinya? implikasinya adalah, kita tidak bisa mengirim monster yang semenjak awal memiliki level tinggi untuk dijadikan Masked Hero. Karena Masked Hero memiliki level 8, maka monster yang bisa dipakai untuk memanggil Masked Hero hanya level 7 kebawah. Dan khusus monster elemen Dark, monster yang bisa dipakai untuk Mask Change Second hanyalah monster dengan level 5 kebawah karena level Dark Law hanya level 6.

Yah, ternyata kita sudah sampai di akhir perjumpaan rubric COTW minggu ini. Akan tetapi, sebelum post ini berakhir. Akan saya perlihatkan Iklan Commercial dari Structure Deck HERO’s Strike ini.

"HERO's Strikes Back!!!"

Gimana? Membuat darah anda berdesir dan membangkitkan jiwa HERO anda bukan? Kalau saya pribadi sih langsung membara jiwa HERO saya melihat iklan ini. Dan membuat saya tertarik untuk membeli Structre Deck ini (well done KONMAI, kamu dapat 1 tambahan pembeli lagi)

Ah, seperti biasa, di akhir rubrik, kita akan berikan score untuk kartu ini. Dan skorenya adalah:

Effect : 8/10 (Splashable, namun memiliki cost dan restriksi once per turn)
Artwork : 7/10 (seandainya cowok ditengahnya berpose Kamen Rider, tentu membuat kartu ini menjadi makin epic lagi
Versability : 8/10 (punya slot cukup untuk menampung Masked Hero? Gunakan kartu ini!)
Total Score: 8,5/10


Dan inilah akhir dari post COTW minggu ini, semoga post artikel gw menginspirasi kalian untuk bermain lebih kreatif dalam Children’s Card Game ini. Thx for reading and Happy Trolling

=Ballibond=

0 comments:

Posting Komentar