Sabtu, 08 November 2014

Card Review: Metaphyze Horus Dragon


Di booster yang akan dirilis KONAMI OCG nanti, Secret of Evolution, KONAMI memberikan sebuah surprise kepada para pemainnya. Sebuah Monster Synchro yang tidak hanya memiliki 1 effect, tapi 3 effect sekaligus!



Metaphys Horus Dragon
メタファイズ・ホルス・ドラゴン
(Synchro/Wyrm/Level 6/Attack 2300/Defense 1600)

"1 Tuner + 1 or more non-Tuner monsters
If this card is Synchro Summoned: You can apply these effects, based on the monster card type (Normal, Effect or Pendulum) of the non-Tuner monster(s) used for the Synchro Summon of this card, and resolve in sequence.
● Normal Monster: This turn, it is unaffected by other card effects.
● Effect Monster: Target 1 other face-up card on the field; negate its effects.
● Pendulum Monster: Take control of 1 monster your opponent controls (their choice), but it cannot attack this turn."

Kalau kita mengikuti anime Yu-Gi-OH, biasanya disetiap seri hanya akan dipromosikan satu jenis monster sesuai dengan monster yang dipakai oleh pemeran utama. Contohnya saja Yugioh 5DS yang lebih fokus mempromosikan Synchro Monster, lalu Yugioh ZEXAL yang lebih fokus mempromosikan XYZ Monster. Akan tetapi, di seri Yugioh Arc-V yang mempromosikan Pendulum Monster  ini, KONAMI memutuskan untuk menghentikan tradisi tersebut. mereka memutuskan untuk mempromosikan seluruh jenis monster yang ada. Sesuai dengan tema yang diusung dalam animenya, KONAMI OCG pun merilis kartu-kartu yang tidak hanya menguntungkan Pendulum Summon, akan tetapi baik Synchro, XYZ, Fusion, bahkan Ritual Summon sekalipun mendapatkan support dari KONAMI. luar biasa bukan?

Bicara soal kartu synchro ini, kartu ini memiliki 3 efek yang menggambarkan betapa variasinya jenis kartu yang digunakan oleh player Yugioh sekarang. 3 jenis efek yang aktif tergantung non synchro  materialnya. Dan tiap efek memiliki efek yang cukup bagus. Yuk, dibahas satu persatu.

1.       Normal Monster

Efek pertama dari Metaphys Horus Dragon ini cukup simpel. Kalau dirinya di synchro dengan normal monster, dia tidak bisa dipengaruhi efek kartu lain sampai putaran ini berakhir. Itu artinya dia tidak bisa di bottomless, di compul, atau bahkan diledakkan dengan efek Catastor sekalipun. Putaran ini dia menjadi naga yang kebal

2.       Effect Monster

Efek kedua Horus Dragon didapat kalau monster ini disynchro dengan effect monster. Ketika dia
disummon, dia bisa target 1 kartu faceup difield, dan negate effect kartu tersebut sampai end phase. Dan karena dia tidak mengatakan kalau kartu tersebut tidak hanya monster, Horus Dragon juga bisa menarget spell/trap untuk menegate effectnya. Jadi kalau musuh memiliki spell/trap yang effectnya menyebalkan seperti Gravity Bind, atau bahkan Fire Formation sekalipun, didepan Horus Dragon,kartu itu tak akan ada artinya.

3.       Pendulum Monster

Efek terakhir (dan juga yang terbaik) dari kartu ini didapat ketika monster ini disynchro dengan menggunakan Pendulum Monster sebagai non tuner materialnya. Efek mencuci otak monster musuh dan itu tidak hanya untuk 1 turn! Seperti No. 7 : Big Eye, efek cuci otak monster ini adalah permanen. Namun diberikan restriksi dimana monster yang dicuci otak tidak bisa menyerang di turn ini. tapi itu bukanlah hal yang begitu penting. Karena kita sudah memiliki monster musuh selamanya. Hahaha *evil laugh

Fokus pada post ini sebenarnya tidak hanya sekedar membahas 3 efek dari Synchro ini, tapi bagaimana kita mengabuse ketiga efek tersebut. tiap efek memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. terutama efek Pendulum yang menurut gw adalah efek terbaik dari monster ini. kita akan coba membahas bagaimana mengabuse efek tersebut.

Oh iya, monster synchro level 6 ini sebenarnya cukup gampang lho di summon. Dia tidak meminta tuner spesifik sehingga kita bisa memakai tuner apapun untuk memanggilnya. Dan itulah yang akan kita manfaatkan.

1.       Untuk mengabuse efek normal monster

Untuk mentrigger efek pertama, gampang aja kok. Kita gunakan token! Yak, token. Karena token itu dianggap sebagai normal monster, kita bisa manfaatkan token tersebut untuk mentrigger efek ini. token apa yang bisa kita pakai? Banyak bro. bisa menggunakan spell penghasil token seperti Scape Goat atau token maker lainnya.

Di deck yang menggunakan Rescue Rabbit, kita bisa mensplash kartu ini kedalam extra deck. tinggal tambahkan tuner level 2 (saya sarankan menngunakan krebons karena dia bisa di special summon dari deck via Emergency Teleport), maka kita bisa menspecial summon Metaphys Horus Dragon.

Atau anda pernah mengenal deck yang memanfaatkan kartu “Enchanting Fitting Room”? Efeknya kira-kira begini, bayar 800 lifepoint lalu reveal 4 kartu dari top deck. jika dari kartu yang direveal terdapat monster Vanilla level 3 kebawah, maka kita bisa menspecial summon semua monster vanilla itu ke arena. Biasanya sih kalau deck-deck yang menggunakan Enchanting Fitting Room pasti dia akan mensplash monster tuner level 3 vanilla, Tune Warrior. Dan kalau dari efek Enchanting Fitting Room kita bisa menspecial summon Tune Warrior tersebut kita bisa Synchro dirinya dan vanilla level 3 menjadi metaphys Horus Dragon.

 Atau bagi anda pemakai deck ojama kartu ini juga bisa dipake lho di deck tersebut. 2 Ojama Vanilla + Tuner level 2 bisa menjadi Metaphys Horus Dragon. Sayangnya Kartu synchro ini bertipe Wyrm, alias bukan dragon. Jadi kita tidak bisa mencurangi memanggil monster ini dengan bantuan Debris Dragon. Huft…

2.       Untuk mengabuse efek monster

Untuk mengabuse effect kedua ini, jauh lebih gampang dibandingkan dengan efek yang pertama. banyak kartu efek monster yang memiliki efek special summon dari deck. mungkin untuk mudahnya gw list aja kali ya daftar monster yang memiliki efek gampang buat special summon Synchro level 6 ini. listnya adalah seperti ini:

a. Crane Crane + Tuner level 3 apapun
b. Blackwing, Blizzard the Far North + Blackwing level 4 apapun
c.  Masked Chameleon + non tuner level 2 effect dengan defense 0
d. Synchron Explorer + Hyper Synchron atau Road Synchron (effectnya dinegate oleh Explorer)
e. Armageddon Knight  + Plaguespreader Zombie (disend kegrave via effect Armageddon Knight)
f.  Emergency Teleport ke Krebons  + monster effect level 4 apapun
g. Kombo lain yang menghasilkan tuner + non tuner effect monster memiliki total level 6

Pada intinya, memanggil Metaphys Horus Dragon untuk mentrigger effect keduanya bisa dibilang cukup gampang. Levenya yang hanya 6 dan tidak ada restriksi apapun dalam pemanggilannya membuat monster ini sangat gampang dipanggil. Di kondisi tertentu, terkadang kita butuh kartu yang memiliki efek menstun efek kartu lain. misalkan kita hendak stun Royal Decree untuk mengaktifkan trap kita sendiri, atau menstun efek Zenmaines supaya dia gak bisa detach biar gak mati.   Efek kedua dari Metaphys Horus Dragon adalah jawaban yang tepat atas solusi tersebut.


3.       Mentrigger efek pendulum

Nah untuk efek ketiga ini sebenarnya rada-rada susah. Kenapa? Karena kita dipaksa untuk memainkan kartu pendulum dalam deck. bagi deck yang memang fokus utamanya adalah pendulum tentu tidak menjadi masalah. Tapi deck-deck lain yang fokusnya bukan untuk pendulum summon, mentrigger efek ketiga ini sepertinya akan sulit.

Tapi tenang saja, untuk para pengguna pendulum monster. Kartu ini lumayan gampang kok dipanggil. Tahu donk kalau pendulum summon itu bisa memanggil monster apapun dari tangan asalkan levelnya berada diantara 2 pendulumnya? Itu artinya memanggil monster synchro level 6 menjadi cukup gampang.

Langsung ke prakteknya aja deh. Di deck yang memainkan pendulum Stargazer Magician dan Timegazer Magician, efek ketiga Metaphys Horus Dragon bisa kita trigger cukup gampang. Cukup pendulum summon Stargazer magician + tuner level 3. Karena pendulum monster kalau tersent dari field bakalan masuk ke extra deck, maka Timegazer bisa kita gunakan lagi untuk Synchro atau apapun di turn selanjutnya. Sayangnya saat ini belum ada Pendulum tuner level 3. Kalau seandainya ada, maka tiap turn kita bisa culik monster musuh dengan Metaphys Horus Dragon (pendulum summon Timegazer + Tuner pendulum level 3 -> Synchro jadi Horus Dragon, Timegazer + Tuner ke extra deck-> monster musuh dicuci otak -> turn berikutnya pendulum summon TImegazer + Tuner dari extra deck buat di synchro jadi Horus Dragon).

Lalu bagaimana dengan Qliphort? Archetype ini juga gampang kok buat summon Naga synchro ini. sebagaimana efek Qliphorth yang kalau dipendulum summon levelnya akan menjadi level 4, maka kita cukup tambahkan tuner level 2 saja. lebih disarankan untuk memakai Krebons karena monster tersebut bisa disepcial summon dari deck via Emergency Teleport. langkahnya kira-kira begini

1.       Pasang Qliphorth Tool + Performapal Trampolynx di pendulum zone
2.       Efek Qliphorts Tools, search Qliphorth dari deck dengan bayar 800
3.       Pendulum summon Qliphorth dari tangan atau extra deck kalau ada
4.       Efek pendulum Trampolynx tertrigger balikin Qliphorth Tools ketangan
5.       E-tele Krebons atau normal summon dari tangan Krebons
6.       Synchro Qliphorth Krebons jadi Metaphys Horus Dragon
7.       Efek Horus dragon tertrigger, cuci otak 1 monster musuh
8.       Pasang Qliphorts Tools lagi kependulum zone. bayar 800 add 1 Qliphorths dari deck

Kalau dipikir-pikir, efek Metaphys Horus Dragon yang pendulum  gg ya. mencuci otak monster musuh selamanya. Emang sih ada restriksi gak bisa nyerang dan yang milih monsternya adalah musuh. Tapi turn berikutnya kan bisa nyerang lagi. Di deck yang fokusnya adalah pendulum spam seperti Qliphort, memanggil Metaphys Horus Dragon bukanlah perkara yang sulit. Jadi kecil kemungkinan bagi mereka untuk tidak memanggil monster ini (kecuali kalau gak ada tuner).

Nah, 3 Efek Horus Dragon telah kita bahas. Dan masing-masing effect Horus juga sudah kita jelaskan. Terus apakah itu artinya pembahasan ini selesai? Tentu saja tidak! karena untuk pembahasan terakhir, kita akan membahas bagaimana cara mengabuse ketiga effect Horus Dragon sekaligus!

Oh untuk informasi saja, ini hanyalah salah satu kombo saja lho. Masih banyak kombo lain yang juga mampu untuk mengabuse efek Horus secara bersamaan. gw cuman mempraktekkan salah satunya aja. Langsung aja yuk kita bahas kombonya.

Kartu yang dibutuhkan:

Hand
1x Dandylion
1x One for One
1x Synchron Explorer

Graveyard
1x Fleur Synchron

Deck
1x Performapal Trump Witch

Caranya gampang aja kok


  1.   Normal summon Sychron Explorer, special summon Fleur Synchron dari graveyard
  2.  One for one dengan discard dandylion, special summon Trump Witch dari deck
  3.  Efek dandylion tertrigger special summon 2 token
  4.  Synchro summon Synchron Explorer, Fleur Synchron, Trump Witch, dan dandy token menjadi Metaphys Horus Dragon
  5.  Karena materialnya adalah normal (token), effect (synchron explorer), dan pendulum (trump witch), maka ketiga efek Horus Dragon tertrigger. Horus Dragon gak bisa kena efek, bisa stun 1 kartu musuh lalu maling 1 monster musuh.
  6.  Keren kan?

Yak begitulah kira-kira review kali ini  soal Synchro Metaphys Horus Dragon. Monster yang memiliki 3 effect yang berbeda tergantung dengan non tuner materialnya ternyata punya banyak cara di abuse. Gw pikir dimasa dimana sudah muncul tuner pendulum, maka kartu ini akan lebih sering dipakai di extra deck. apakah ini termasuk kartu yang worth untuk diinvestasikan? Itu tergantung meta dan pendapat anda sendiri. apakah dimasa depan pendulum akan makin menggila atau justru pendulum akan gagal. Tapi menurut gw sendiri, kalau sekedar investasi 1 atau 2 kartu, Synchro ini gw rasa worth kok.

Oke sekian dulu review gw kali ini. semoga menginspirasi kalian semua dalam CCG yang makin mahal ini.Thx for reading and Happy Trolling

-ballibond-



0 comments:

Posting Komentar