Senin, 28 Agustus 2017

Panda Level 1 One Turn Kill

Halo semuanya. Kembali lagi dengan saya di blog Plasmadueling ini. Setelah 2 minggu kemarin, saya tidak bisa menulis di blog karena satu dan beberapa hal, akhirnya minggu ini kembali lagi bisa menulis di blog yugi satu ini.

Seperti biasa, di awal minggu kita awali blog ini dengan post mengenai Deck Idea. Bagi yang sebelumnya kelewatan diskusi terkait decklist Fire King versi 2017 feat True King, maka kamu bisa cek link berikut atau di tautan Side Bar untuk melihat bagaimana Fire King di tahun 2017 dimainkan.

Di rubrik minggu ini, kita kembali mencoba membahas tentang kartu unik yang mungkin jarang kalian ketahui. Kartu ini sudah dirilis lama oleh KONAMI dan sedikit banyak dianggap sebagai random common. Namun di deck ini, kita akan menjadikannya sebagai bagian dari strategi yang keren. Mari kita langsung bahas kartu tersebut.

Treasure Panda
トレジャー・パンダー
Beast/Effect/Earth/Level 4/Attack 1100/Defense 2000

"You can banish up to 3 Spells/Traps from your GY face-down; Special Summon 1 Normal Monster from your Deck, whose Level equals the number of cards banished to activate this effect."


Yap, monster panda bergaya Indiana Jones ini yang akan menjadi bagian dari strategi deck ini. Ditambah dengan bantuan kartu-kartu lain, kita dapat menciptakan deck yang unik dan cukup asyik untuk dimainkan. Mari langsung masuk ke cara bermainnya.

A.       How to play

Seperti yang saya bilang diatas, strategi deck ini berfokus pada efek (panda) dimana dirinya mampu memanggil monster level 1 sampai 3 tergantung jumlah spell yang kita banish sebagai cost aktivasi efeknya.  Lalu monster apa yang akan kita panggil dari deck? Jawabannya adalah monster monster berikut.
Idola bermata seribu

awan imut imut

mas-mas tersiksa

most broken level 1 monster in YGO 

tangan kiri sang penyamun


Secara teknis, semua monster vanilla level 1 bisa kita panggil dengan efek Treasure Panda. Tapi kita akan lebih memfokuskan kepada 5 monster ini. Kenapa Thousand Eyes Idol? Karena dia adalah kartu Pegasus dan dia juga IDOL. Nilai plus untuk monster yang memiliki nama idol. Kenapa Smoke Ball? Karena dia imut dan tampak empuk. Kenapa Oppressed People? Karena dirinya terlihat tertekan. Terlihat dari ilustrasinya dimana dirinya dicambuk. Jadi karena belas kasihan, kita masukkan kedalam deck ini. Lalu kenapa water spirit dan kenapa exodia hanya dipakai tangan kanannya saja? Well, water spirit adalah monster creepy. Untuk strategi yang creepy, sebaiknya kita turut sertakan dirinya. Lalu kenapa cuman 1 exodia saja? Karena kita gak main exodia. Jadi 1 part saja cukup.

Oke? Sudah jelas dengan alasan pemilihan para monster? Sekarang mari masuk kecara bermain.
Ada alasan khusus kenapa kita menggunakan Treasure Panda untuk memenuhi field kita dengan monster level 1. Pertama, kita hendak memberikan efek shock kepada lawan. Yang kedua, kita hendak memanggil monster burung ini ke arena.


Lyrilusc - Assembled Nightingale
LL-アセンブリー・ナイチンゲール
(Winged Beast/XYZ/Rank 1/Wind/Attack 0/Defense 0)
2 or more Level 1 monsters

"This card gains 200 ATK for each Xyz Material attached to it. This card can attack directly. While this card has Xyz Material, it can attack a number of times each Battle Phase, up to the number of Xyz Materials attached to it. Once per turn, during either player's turn: You can detach 1 Xyz Material from this card; until the end of this turn, "Lyrilusc" monsters you control cannot be destroyed by battle or card effects, also you take no battle damage."

XYZ level 1 ini merupakan ace card di deck ini. Dirinya bisa menyerang sebanyak XYZ material yang ada dibawahnya. Selain itu dia juga bisa melakukan direct attack kepada lawan. Sangat cocok untuk strategi kita ini. Tentu saja, hanya dirinya saja kita tidak akan mampu mengalahkan musuh, oleh karena itulah, kita juga membutuhkan kartu-kartu berikut:
(insert kaiju light)
(insert Leeching the Light)
Sudah mengerti strategi yang akan kita lancarkan pada deck ini? Kalau belum mari kita lihat breakdownnya sebagai berikut:
  1. Isi graveyard dengan spellcard sebanyak mungkin (via drawer card)
  2. Summon Treasure Panda, gunakan efeknya untuk spam monster level 1 ke arena
  3. XYZ summon Lyrical-Nightingale)
  4. TIBAN Summon Kaiju Light ke lawan. 
  5. Aktifkan Leeching the Light, semua monster termasuk Nightingale dapat extra Boost attack 3300.
  6. Serang dengan semua monster di arena (3700 x 2 direct attack) + Panda 1700 = OVER EIGHT THOUSAND
  7. GEGE OTEKA !!!

Simpel bukan? Pokoknya selama kartu yang dibutuhkan oleh kombo ini terkumpul, musuh akan mati dengan ONE TURN KILL tak terduga dari para monster level 1. Bahkan Oppresed People bisa memberikan damage 3000an kepada lawan. Kapan lagi coba?

Takut bad hand? Susah ngumpulin kartu kombo? Mari kita bahas bagaimana cara mengakalinya di deck list.

B. Decklist

Setelah tahu cara bermain, mari kita membahas decklistnya. Karena kombo pada deck ini sangat spesifiki, kita akan menggunakan banyak drawer sebagai kompensasi sekaligus mencari pecahan kombo yang dibutuhkan pada strategi deck ini. Kita gunakan semua drawer yang ada. Mulai dari Spellbook of Rudra, Upstart Gobilin, White Elephant Gift, bahkan Magical Mallet. Intinya draw + Stall sampai semua kombo terkumpul ditangan lalu lancarkan ONE TURN KILL kepada lawan.
Berikut adalah contoh decklist panda yang sudah dicoba test deck dengan AI Ygopro 

Panda Level 1 Beat Versi 01

Untuk Stalling, kita gunakan Threatening Roar dan Battle Fader untuk menahan serangan lawan. Battle Fader juga bisa kita gunakan untuk XYZ material memanggil Nightingale.  Menarik bukan?

C. Power and Weakness

Deck ini, seperti halnya deck lain yang memfokuskan dirinya pada kombo yang spesifik, sangat mudah untuk bad hand. Besar kemungkinan, 10 kartu teratas deck bukanlah kartu-kartu yang kita butuhkan untuk melengkapi kombo PANDA One Turn Kill kita, tapi itulah gunanya kita menggunakan strategi Stall dan Draw. Tahan selama mungkin game sembari menggali deck dengan Drawer. Ketika kombo terkumpul, maka lancarkan ONE TURN KILL.

Kelemahan lain dari deck ini adalah ketika efek Treasure Panda gagal resolve. Bisa karena di negate oleh Haru Urara, Effect Veiler, Solemn Strike, Divine Wrath, dll. Atau karena summonnya di negate via Vanity Emptiness atau Solemn Warning atau Solemn Judgment. Ketika panda gagal melancarkan efeknya, maka saat itulah kita menawarkan tangan kita sekaligus mengaku kalah. Well, deck ini sangat membutuhkan panda untuk mencapai potensi maksimal. Mau bagaimana lagi?

Pada dasarnya, deck ini adalah deck fun. Strategi Stalling akan membuat musuh mengira kita bermain deck aneh dan ketika kita melancarkan kombo, maka musuh akan mengatakan “WTF INI LEBIH ANEH DARI YANG GW KIRA”. Efek psikologis yang dicapai ketika berhasil mengalahkan musuh dengan strategi ini akan membuat musuh tidak hanya kesal, tapi juga tertawa. Apalagi kalau melihat dirinya dibantai oleh WATER SPIRITS DENGAN ATTACK 3700.  Dirinya pasti akan tertawa geli.

Jadi jika kalian menyukai deck yang bisa membuat musuh kaget secara mental, maka kalian bisa mencoba deck ini sekali-kali. Kalau tidak memiliki Spellbook of Rudra, kalian bisa menggantinya dengan yang versi lebih murah seperti Cyber Valley. Yang jelas, deck ini sangat FUN dan asik untuk dimainkan. Selama tidak bad hand banget, deck ini asik untuk game-game casual.

Oke sekian dulu post dari gw, thx for reading and happy trolling

-=Ballibond=-


2 comments:

Konoside mengatakan...

Gan kalau di mix sama nekroz bisa ?

Anonim mengatakan...

klo ngomongin vanila bisa dicampur sama spiral phantasm ga bang :o

Posting Komentar