Rabu, 09 April 2014

Card of The Week : Moonlight Rose Dragon

Yahoo, dengan Ballibond disini kembali dalam rubrik Card of The Week. Kalau minggu lalu kita ngebahas kartu dari starter deck 2014 yaitu Supply Unit yang punya efek ngeplus. Maka kali ini kita akan  ngebahas satu kartu yang efeknya bikin minus musuh. Dan juga, Kartu ini merupakan promo dari Komik Yu-Gi-Oh! 5D's Volume 7.


月げっ華か竜りゅう ブラック・ローズ


Light/Dragon/Synchro/Effect/
ATK2400/DEF1800
YF07-JP001 Yu-Gi-Oh! 5D's Volume 7 (Rarity: Ultra Rare)

1 Tuner + 1 or more non-Tuner monsters
"When this card is Special Summoned, OR when a Level 5 or higher monster is Special Summoned to your opponent's side of the field face-up: Target 1 Special Summoned monster your opponent controls; return that target to the hand. You can only use the effect of "Moonlight Rose Dragon" once per turn."

Sebagaimana kartu promo dari Komik Yugioh 5D'S, semua monster Synchro
yang dijadikan Promo Komiknya adalah counterpart dari 5 naga yang keluar di animenya. kalau Red Dragon Archfiend memiliki Counterpart Jeweled Red Dragon Archfiend dikomiknya, maka Black Rose Dragon counterpartnya adalah Moonlight Rose Dragon.

Akan tetapi, tidak seperti Counterpart Dragon yang memiliki efek yang hampir sama dengan naga aslinya. Moonlight Rose Dragon memiliki efek yang sama sekali berbeda dengan Black Rose Dragon. jika naga aslinya memiliki efek Destroy, maka Black Rose versi komik memiliki efek Return to Hand.

Nah, dikesempatan ini gw coba bahas satu persatu kelebihan dan kekurangan dari Monster Synchro satu ini. dimulai dari kelebihannya terlebih dahulu

1. Dia adalah Synchro Generic. alias tidak butuh macam-macam untuk memanggil dia, cukup 1 tuner dan 1 non tuner atau lebih, maka kita bisa memanggil monster ini dari Extra Deck. ditambah  lagi dia yang memiliki type Dragon sehingga Debris-able membuat dia jadi cukup jago. Kalau dulu Debris hanya dipakai untuk memanggil Black Rose Dragon, maka sekarang dia juga bisa memanggil Counterpart komiknya.

2. Efeknya gak cuman jalan sekali. kalau kita baca teks effectnya, dikatakan bahwa efek dia akan ketrigger ketika dia dipanggil dan ketika ada monster level 5 keatas dipanggil oleh musuh. dan menurut gw, itu sangat bagus. kalau kita bandingkan dengan Black Rose Dragon yang memiliki efek Reset Field. dimana dirinya sendiri juga turut hancur. maka Moonlight Rose Dragon tidak demikian. dia membuat musuh minus tanpa membuat diri kita turut minus.

3. Efeknya bisa jalan di turn musuh. ini poin yang gw suka dari Moonlight Rose Dragon. efeknya bisa aktif di turn musuh. Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau di game Yu-Gi-Oh, bahwa monster yang memiliki level tinggi memiliki efek lebih jago dibandingkan yang levelnya lebih rendah. dan salah satu strategi yang biasa dilakukan duelist adalah memanggil monster level besar. baik secara Normal Summon atau Special Summon sekalipun. nah, dengan Moonlight Rose Dragon. strategi itu bisa kita ganggu. mau Summon Abyss Megalo? balik ke tangan dulu donk. mau summon Burei? Pulang dulu ke extra Deck. mau summon Dragon Ruler? balik ketangan dulu gan. pokoknya Moonlight Rose Dragon bisa dipakai buat menganggu strategi musuh.

Nah setelah kita bahas keleibhannya, gak afdol rasanya kalau gak sekalian ama kekurangannya. yuk dibahas satu-satu kekurangan monster ini.

1. Efeknya cuman bisa jalan once per turn. salah satu hal yang disayangkan dari monster ini adalah efeknya yang hanya bisa jalan once per turn. bayangkan kalau misalnya monster ini efeknya tidak once per turn? tapi tiap musuh mau coba special summon monster level 5 keatas, efek dia bakal ketrigger. kartu ini  tentu bakalan broken abis. hahaha.

2. Efeknya mandatory. ini dia yang menurut gw hal yang fatal dari monster ini. efeknya mandatoris. jadi kalau misalnya musuh special summon monster tanpa cost sekalipun (misal Cyber Dragon atau Solar Wind Jammer) ke field, maka efek dirinya akan tertrigger dan akan mengembalikan monster itu ketangan. atau bisa dibilang, efek Moon"legit" Rose Dragon gampang sekali untuk dipancing. dan karena efek dia hanya bisa dipakai once per turn, sekali dia mengembalikan monster ke tangan, selanjutnya dia tidak mengaktifkan efeknya lagi. musuh tinggal melanjutkan kombonya tanpa bisa apa-apain lagi.

3. Posenya kurang keren. coba deh diperhatikan, pose Moonlight Rose Dragon ini mirip ayam lagi mengembangkan sayapnya. bahkan Power Tool Dragon versi komik punya pose lebih Bad Ass dibandingkan Moonlight Rose Dragon.

lalu deck-deck apa sajakah yang bisa memanfaatkan kartu satu ini ? cekidot:

1. Plant Debris (sangat gampang karena ada Debris Dragon, sangat cocok untuk Mirror Match )
2. Hieratic (Effect Veiler + Tefnuit? agak maksa tapi setidaknya bisa dicoba)
3. Genex Mermail (Aqua Spirit + Genex Controller bisa dipakai buat summon monster ini)
4. Karakuri (buat mirror match sepertinya bakalan jago ini kartu)
5. Deck-deck lain yang bisa synchro level 7.

lalu seperti biasanya, sebelum rubrik ini kita tutup. kita post dulu score secara keseluruhan mengenai kartu ini

Moonlight Rose Dragon

Effect : 7/10 (efeknya yang mandatory ngebuat kartu ini gampang dibait efeknya)
Artwork : 7/10 (kayak ayam. kurang badass dibanding yang lain)
Versatility : 9/10 (synchro generic, gak minta monster aneh-aneh buat manggil dia)
Total  : 7,5/10 ( untuk deck-deck tertentu, kartu ini bisa dipakai untuk  mengacaukan strategi musuh)


oke sekian dulu post gw untuk rubrik COTW ini. Thx For Reading, and Happy Trolling.

0 comments:

Posting Komentar