Kamis, 24 April 2014

Card of The Week : Number 99. Hope Dragon

Yo. kembali dengan Ballibond dalam sesi Card of The Week. kalau minggu lalu kita membahas kartu Trap dari set The Duelist Advent, maka pada kesempatan kali ini. gw akan membahas kartu dari Numbers Guide 3. Check this out!


No.ナンバーズ99 希き望ぼう皇おう龍りゅうホープドラグーン

Dragon/Xyz/Rank 10/Effect/ATK 4000/DEF 2000
3x Level 10 Monster
"You can also Xyz Summon this card by discarding 1 "Rank-Up-Magic" Spell Card and using a "Utopia" monster you control as the Xyz Material. (Xyz Materials attached to it also become Xyz Materials on this card.) Once per turn: You can target 1 "Number" monster in your Graveyard; Special Summon it in face-up Defense Position. Its effects are negated. During either player's turn, when a monster effect that targets this face-up card is activated: You can detach 1 Xyz Material from this card; negate the activation, and if you do, destroy it."

Card Set:
OCG : Numbers Guide 3 promotional card- OG03-JP001 (Super Rare)
TCG : Not Yet Released

Sedikit trivia, kalau misalnya kamu mengikuti Anime Yugioh Zexal, maka No.99 Hope Dragon ini adalah Kartu Numbers terakhir yang disummon oleh Astral. Hal ini cukup keren, mengingat Nomor 99 adalah nomor paling terakhir dari Original Numbers Series. Jadinya, XYZ terakhir yang dipanggil astral adalah XYZ dengan nomor paling terakhir. keren kan?

Oke, segitu aja dulu Trivianya. sekarang yuk kita bahas efek dari monster XYZ ini. Number 99: Hope Dragon pada dasarnya sangat sulit untuk dipanggil. Syarat 3 Monster level 10 tentu sangat sulit untuk dipenuhi. Akan tetapi kartu ini memiliki alternatif lain untuk memanggilnya. dan itu cukup gampang. yaitu kita cukup mendiscard 1 spell card "Rank-Up Magic" apapun dari tangan lalu mengoverlay 1 "Utopia" di field untuk memanggil Hope Dragon. Monster XYZ yang dulu dianggap sebelah mata kini bisa kita ubah menjadi Beatstick dengan attack 4000. mantap bukan?

Dan yang tidak kalah keren dari XYZ ini adalah kemampuannya untuk menspecial summon satu "Number" apapun dari graveyard sekali tiap putaran. Namun sayangnya, monster yang dipanggil oleh efek ini harus dipanggil dalam posisi Face-Up Defense sehingga kurang bisa dimanfaatkan. akan tetapi, itu tentu tidak membuat kartu ini menjadi buruk kan? Misalkan saja kita memanggil "Utopia" dari graveyard dengan posisi defense, kita tinggal mengoverlay "Utopia" tersebut menjadi "Utopia" ray bukan? atau misalnya kita merevive Number yang memiliki rank 5 atau rank 6, maka kita tinggal mengoverlay monster tersebut menjadi Gaia Dragon, the Thunder Charger saja.

Oh iya, karena Hope Dragon bisa dipanggil dengan mendiscard "Rank-Up Magic" apapun, maka kita bisa memakai monster ini dengan syarat deck kita memang membawa "Rank-Up Magic". lalu akan muncul pertanyaan, "Rank-Up Magic" apakah yang cocok dibawa dalam deck kita? nah, gw disini coba membuat daftar prioritas "Rank-Up Magic" apakah yang paling cocok dibawa dalam deck kita. dan berikut adalah daftarnya:



Kartu Rank-Up Magic ini merupakan prioritas utama dari kartu Rank-Up apa yang cocok buat didiscard untuk memanggil Hope Dragon. Kenapa? karena meski efek kartu ini imba, Kartu ini cuman bisa dipakai efeknya Once Per Duel. dengan kata lain, setelah dipakai sekali, maka Rank-Up Magic The Seventh One yang lain akan menjadi Deadhand ditangan. nah, berkat adanya Hope Dragon, kita bisa mendiscard The Seventh One yang sudah tidak bisa dipakai dari tangan untuk memanggilnya. Yah, tentu saja dengan syarat kita memanggil Utopia dulu dari dalam extra deck.




Nah, kartu Rank Up Magic ini merupakan alternatif kedua untuk didiscard untuk memanggil Hope Dragon. Karena efek Rank Up ini tidak meminta hal yang aneh-aneh (XYZ yang dipanggil tidak perlu memiliki sama Nama atau sama tipenya.), maka kartu ini menjadi pilihan kedua untuk digunakan memanggil Hope Dragon


3. Rank Up Magic lainnya

Kenapa gw menggolongkan Rank-Up Magic lainnya sebagai satu jenis saja? karena menurut gw, Rank-Up Magic yang tersisa cukup kondisional. Misalkan saja Rank-Up Magic Barian Force yang hanya bisa memanggil XYZ yang memiliki tipe yang sama. lalu Rank-Up Magic Argent Chaos Force yang hanya bisa menarget rank 5 keatas. Kartu-kartu tersebut menurut gw sangat kondisional jadi tak semua deck bisa memakainya. kecuali deck nya memang didekasikan untuk memakai Rank-Up Magic tersebut. maka Spell Card Rank-Up Magic tersebut bisa kita pakai untuk memanggil Hope Dragon ini.


Namun meski dikatakan bahwa kartu ini cukup mudah untuk dipanggil, Monster XYZ ini akan jukkan sinar paling terang jika dipakai di deck yang fokus dalam memanggil "Utopia" . Dengan Spell Card "XYZ Change Tactic", maka tiap kali kita mengXYZ summon "Utopia" kita bisa plus 1 kartu. gak hanya bonus satu kartu lho, kita bisa profit lebih dari 3 berkat bantuan XYZ Hope Dragon. kombonya kira-kira begini

1. Aktifkan XYZ Change Tactics, XYZ Summon No. 39: Utopia dari extra deck. efek Tactics, bayar 500. draw 1 kartu.
2. Chaos XYZ Utopia menjadi Utopia Ray, efek Tactics, bayar 500 Draw 1 kartu.
3. Discard "Rank-Up Magic" special summon Hope Dragon
4. Misalkan sudah ada Utopia di grave, pakai efek Hope Dragon buat special summon dia ke field dalam posisi defense. Kalau belum ada, gunakan kartu yang memiliki efek untuk mendetach material dari XYZ. misalnya saja, Oni-Gami Combo
5. Chaos XYZ lagi Utopia menjadi Utopia Ray. efek Tactics, bayar 500, draw 1 kartu

Nah dengan demikian, kita dapat plus 3 kartu dari kombo diatas. ditambah lagi kita mendapatkan Beatstick dengan total attack 6500 di field. 

Lalu bagaimana total skor dari kartu ini? 

Artwork : 7/10 (gambarnya kurang majestic untuk Number: 99)
Effect     : 8/10 (cara memanggil alternatifnya cukup mudah. ditambah lagi bisa SS Numbers dari graveyard. sayang dipanggilnya dengan posisi defense)
Versatility : 5/10 (di deck-deck yang tidak memakai Rank-Up magic, kartu ini sangat susah untuk dipanggil. namun untuk deck yang memang membawa spell "Rank-Up Magic", maka kartu ini menjadi jago dan wajib dibawa)
Total       : 6/10 (efeknya  keren, namun cuman beberapa deck aja yang bisa memakainya. Hal ini membuat kartu ini menjadi kurang begitu bersinar)


Oke, sekian dulu rubrik COTW minggu ini. Thx for Reading and Happy Trolling

0 comments:

Posting Komentar