Jumat, 18 April 2014

Card of The Week : Space Time Trap Hole

Halo, kembali dengan Ballibond disini dalam sesi Card of The Week. Seperti biasa, pada sesi COTW ini, gw bakal mencoba mereview 1 kartu yang menurut gw jago dipakai dalam deck. dan di kesempatan minggu ini, kartu yang bakal gw coba review berasal dari booster set terbaru yang baru rilis minggu. Dan tentu saja itu adalah The Duelist Advent (ザ・デュエリスト・アドベント)

Sebenarnya banyak lho kartu-kartu dari Booster The Duelist Advent yang menurut gw layak menjadi kartu Card of The Week. misalkan saja monster XYZ Rank 4, Winged Skyblaster Castel yang punya efek hampir sama dengan Number 101, S.H. Ark Knight (bisa kita jadikan alternatif kalau tidak punya Ark Knight). atau Archetype Monster Shadoll yang semenjak rilisnya, memiliki efek yang solid dan tentu saja jago. atau bahkan kartu konyol seperti Ridiceculous yang membuat kartu Dice Jar menjadi sangat mematikan. Akan tetapi, karena satu dan berbagai hal, kartu yang bakal kita bahas dalam sesi kali ini adalah trap Space Time Trap Hole


時じ空くうの落おとし穴
(DUEA-JP079 SR - Super Rare)

"When your opponent Special Summons a monster(s) from their hand or Extra Deck: Shuffle that monster(s) into the Deck, then, you lose 1000 Life Points for each monster shuffled by this effect."

Apa yang membuat kartu ini menarik? pertama dia adalah kartu seri "Trap Hole" dimana itu artinya dia bisa di add oleh si cantik Traptrix Myrmeleo. Lalu hal lain yang membuat kartu ini menjadi bagus adalah efeknya yang mampu membuat kartu susah mati macam Dracossack, menjadi  gampang dibasmi. 

Efek kartu nya cukup simpel, kalau musuh mencoba summon monster dari tangan atau dari extra deck, kita bisa mengembalikan monster(s) tersebut ke deck dengan tebusan bayar 1000 life point per monster yang dikembalikan. Dan sekali lagi yang saya tekankan. kembalinya ke deck lho. yah, kalau monster yang asalnya dari extra deck sih, emang balik nya ke extra deck. akan tetapi monster-monster seperti Ritual atau monster level tinggi,pulangnya kedalam deck yang pasti sangat susah buat dicari lagi. 

lalu hal ketiga yang membuat kartu ini menarik. Cost 1000 LP per monster yang dipulangkan itu menurut saya kecil lho. logikanya begini, monster yang dipanggil dari extra deck itu biasanya hanya 1. Dengan kata lain, kita cukup bayar 1000 saja buat hilangin monster tersebut. Sangat jarang ada kartu yang mampu memanggil monster dalam jumlah banyak secara sekaligus (tapi di era Pendulum Summon, hal ini sepertinya sudah tidak sulit lagi) sehingga akan sangat jarang kita membayar lebih dari 1000 Lifepoint. murah bukan? bayar 1000 LP buat hilangin BLS, atau Big Eyes. Btw, boleh gw bilang kalau misalnya bayar LP itu terjadi setelah kartunya resolve sehingga kalau di Trap Stun sekalipun oleh musuh kita tidak akan berkurang Life Pointnya? 

Dan terakhir, hal yang membuat kartu ini bagus adalah dirinya yang masih baru rilis di OCG. atau bisa dibilang, kartu ini belum dimasukkan Konami ke Daftar Banlistnya. Kita bisa memakai kartu ini dalam deck sebanyak 3 kopi. Di deck-deck yang memakai line up Trap Card untuk mengontrol jalannya permainan, tentu senang dengan tambahan Trap unik seperti ini. bisa dipake 3 dan bisa disearch dari deck? tentu sangat mengasyikkan bukan?


Oke, tadi kita bicara soal kelebihan. Kartu ini ternyata tak luput juga dari kekurangan kok. Kekurangan yang pertama adalah efek kartu ini yang tidak menegate summon monster musuh. Space Time Trap Hole ini hanya memiliki efek untuk menyingkirkan monster ini dari field, tapi tidak menegate datangnya monster ini ke field. Trap ini tidak mencegah efek monster yang jalan ketika di special summon ke field. misalkan saja Mermail Abyssmegalo. Meski kita berhasil mengembalikan monster itu kedalam deck, efek nya yang Add 1 Mermail Spell/Trap dari deck tetap jalan lho. Jadi kita sebenarnya tidak benar-benar menghilangkan ancaman dari musuh, tapi sekedar menunda ancaman tersebut (dalam waktu yang lama). 

Lalu restriksi efek kartu ini. Space Time Trap Hole hanya bisa ditrigger kalau musuh mensummon dari Tangan atau Extra Deck. Kalau misalnya musuh menspecial summon dari Graveyard atau Deck, maka Trap ini tidak bisa kita aktifkan. sedikit disayangkan karena itu artinya trap ini tidak begitu reaktif atas special summonnya musuh. Padahal special summon dari Deck dan Graveyard sama mengancamnya dengan special summon yang berasal dari Hand atau Extra Deck.

Kemudian yang membuat minus kartu ini adalah Raritnya yang sayang sekali Super Rare. Dengan Rarity seperti itu, kartu ini akan cukup sulit kita dapatkan kalau misalnya kita membeli Booster The Duelist Advent secara langsung, ditambah lagi, kartu ini dipastikan akan memiliki harga yang cukup mahal mengingat rarity serta efeknya yang bagus. Yah, ini mungkin salah satu strategi pemasaran Konami untuk membuat para pemainnya untuk membeli booster sebanyak mungkin untuk mencari kartu kartu staple jago seperti Space Time Trap Hole

Hm, 3 Kelebihan kartu ini sudah kita bahas, 3 kekurangan kartu ini juga kita bahas. maka dari itu, ini adalah akhir dari post COTW ini. namun tentu saja, sebelum kita akhiri post ini, kita akan mereview secara overall kartu trap ciamik ini.


Effect :  8/10 (Jago tapi sayang cuman dari Hand atau Extra Deck. untungnya bayar nya cukup murah)
Artwork : 7/10 (kurang mendapatkan kesan "Trap Hole" dari kartu ini)
Versatility : 8/10 (boleh make 3, bisa di add oleh Traptrix. ngebuat kartu ini bakal gampang dipake)
Overall : 8/10 

 Oke. sekian dulu dari post dari gw. Thx. for Reading and Happy Trolling 

-Ballibond-


0 comments:

Posting Komentar