Selasa, 18 November 2014

Deck Build Session : DDD Pendulum Ninja Avian

Yo, kembali dengan Ballibond disini. Kemarin kita sudah ngebahas kombo OTK, lalu artikel lalu kita juga sudah membahas tentang Kartu Synchro. Tentu ngebosenin dong kalau kita ngebahas 2 hal itu lagi. Oleh karea itulah, di kesempatan ini gw ingin mencoba membahas hal baru, yaitu deck building.

Semua tentu sudah pernah mengetahui deck yang bernama Pendulum Ninja Mist Valley. Deck yang memanfaatkan pendulum summon menggunakan Odd-Eyes + Time Gazer Magician + Stargazer Magician untuk memanggil Mist Valley Apex Avian dari deck. inti decknya sebenarnya simpel aja, special summon Mist Valley Apex Avian dari deck, lalu negate kartu musuh dengan cara mengembalikan Apex ketangan, lalu turn berikutnya kita special summon kembali Apex tersebut dari tangan via pendulum summon. Simpel banget kan? Negate dan special summon. Itulah inti dari deck Ninja Pendulum.

Nah, berangkat dari ide deck itu, gw mencoba memberi sedikit modifikasi terhadap deck tersebut. Deck yang sebelumnya menggunakan engine Pendulum Odd Eyes gw coba ganti dengan engine pendulum yang menurut gw lebih stabil dan splashable. Dan engine yang gw maksud itu tentu saja adalah engine Pendulum DDD. Sebelum gw melanjutkan bahas decknya, kita bahas sebentar kartu-kartu yang masuk kedalam engine DDD ini.

"mas-mas gladiator"

DDD反骨王レオニダス
DDD Leonidas the Rebellious Lord
(Pendulum/Fiend/Dark/Lvl 7/Atk 2600/Def 1200)


"Pendulum Effect : When you take damage from a card effect (except during the Damage Step): You can destroy this card, and if you do, any effect that would inflict damage increases LP by the same amount instead for the rest of this turn.
Monster Effect : When you take damage from a card effect (except during the Damage Step): You can Special Summon this card from your hand, and if you do, gain LP equal to the damage you took. Any effect damage you take becomes 0."


"surat cinta kepada idol"

地獄門の契約書
Covenant with the Hellgate
(Continous Spell Card)

"During your Main Phase: You can add 1 "DD" monster from your Deck to your hand. You can only use this effect of "Covenant with the Infernal Gate" once per turn. During each of your Standby Phases: You take 1000 damage."


"mas-mas ge-er"

DDプラウド・オーガ
DD Proud Ogre
(Pendulum/Fiend//Dark/Lvl 8/Atk 2300/Def 1500)

"Pendulum Effect  Once per turn: You can pay 500 LP, then target 1 "DD" monster you control; it gains 500 ATK. Unless you have a "DD" card in your other Pendulum Zone, this card's Pendulum Scale becomes 5.
Monster Effect  When this card is Normal Summoned: You can Special Summon 1 face-up DARK Pendulum Monster from your Extra Deck. Its effects are negated. If you activated this effect, you cannot Special Summon monsters for the rest of this turn, except "DD" monsters."


Yak, ketiga kartu inilah yang gw maksud sebagai engine DDD pendulum. Jika di engine Odd Eyes kita menggunakaun 9 kartu pendulum, maka di engine DDD Pendulum kita hanya menggunakan 6 Pendulum plus 3 Spell Searcher. Salah satu kelemahan Engine Odd Eyes menurut gw adalah, kartu-kartunya susah buat disearch. Memang sih baik Time Gazer dan Stargazer bisa disearch via Odd Eyes, tapi menurut gw itu kelamaan. Kita harus menunggu Endphase untuk mentrigger efek Search odd eyes dan baru bisa melakukan pendulum di turn selanjutnya. Tapi kalau menggunakan engine DDD Pendulum, kita tidak perlu lagi menunggu seperti itu. Dan tahu nggak? Engine DDD ini punya mekanisme spam pendulum yang asyik lho.

Kalau kita perhatikan efek Covenant With HellGate, setiap kali standbyphase kita, kita bakal kena 1000. Burn yang menurut gw agak sakit, tapi di deck ini  menjadi menyenangkan. Kenapa menyenangkan? Karena efek burn 1000 itu mentrigger efek DDD Leonidas the Rebelious Lord baik di pendulum Zone maupun ditangan. Apabila kita punya DDD Leonidas the Rebelious Lord ditangan dan efek burn Covenant menyala, kita bisa special summon Gladiator ke field lalu heal sebanyak yang diburn Covenant (-1000 dari covenant, +1000 dari Gladiator,0 Damage ). Lalu apabila gladiator ada di pendulum zone, dan covenant menyalakan efek burnnya, kita bisa meledakkan gladiator dari pendulum zone. lha? Kok minus. Gak gan, sebagai informasi saja, pendulum monster yang berada difield (baik di monster Zone maupun pendulum zone) apabila hendak masuk graveyard, mereka bakalan masuk kedalam extra deck. dan sebagaimana ruling pendulum summon, kita bisa melakukan pendulum summon monster dari extra deck selama level monster tersebut berada diantara scale pendulumnya. Nah karena DDD Leonidas the Rebelious Lord itu adalah level 7 dan scale di DDD engine itu 3-8 (Gladiator scale 3 dan Proud Ogre scale 8), maka kita bisa memanggil kembali Gladiator yang di extra deck.

Masih bingung dengan penjelasan diatas, gw kasih skema sederhananya deh

1.       Di standby phase kita, efek Covenant With The Dark Gate menyala, dia memberi efek burn 1000
2.       Efek DDD Leonidas the Rebelious Lord di pendulum nyala, dia meledakkan diri dan standby di extra deck
3.       Di main phase,aktifkan efek Covenant, add DDD Leonidas the Rebelious Lord dari deck
4.       Pasang DDD Leonidas the Rebelious Lord di pendulum zone. lakukan pendulum summon, special summon monster dari tangan + DDD Leonidas the Rebelious Lord yang berada di extra deck
5.       Profit!!

Begitulah, tiap turn kita bisa memanfaatkan efek burn Covenant untuk menspam pendulum DDD Leonidas the Rebelious Lord dari extra deck. dan gak hanya itu, karena di deck ini kita juga memakai mist valley apex avian sebagai engine utama, maka selain spam pendulum Gladiator, kita juga bisa spam Apex Avian tiap turn. Kalau dipikir-pikir, asyik juga kan?

Kalau begitu langsung aja deh kita bahas kartu-kartu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat deck ini. cekidot!

Mist Valley Ninja (TCG Version)

Monster

3x Ninja Grandmaster Sasuke
3x DDD Proud Ogre
3x DDD Leonidas the Rebelious Lord
2x Mist Valley Apex Avian
2x Mist Valley Falcon
2x Upstart Golden Ninja

Spell

3x Reinforcement of the Army
3x Covenant With The Dark Gate
2x Mystical Space Typhoon
1x Book of Moon
1x Soul Charge
1x Raigeki

Trap

3x Reckless Greed
2x Ninjitsu Art of Transformation
2x Fiendish Chain
2x Wiretap
2x Dimensional Prison
1x Compulsory Evacuation Device
1x Solemn Warning
1x Bottomless Trap Hole
1x Mirror Force

Extra Deck

(casual rank 4)
(casual rank 7)


(contoh deck buildnya)


Deck ini sebenarnya gak perlu-perlu amat extra deck imo. Kekuatan utama deck kita bukan terletak pada Extra deck kita, tetapi kekuatan pendulum summon tiap turnnya. Dengan Covenant + Reckless Greed, kita bisa dengan cepat mencari Pendulum kita. lalu dengan Ninja Hanzo, kita bisa dengan cepat menspecial summon Apex Avian dari dalam deck. selanjutnya, ketika Pendulum sudah berhasil kita kumpulkan dan Apex Avian sudah ada diarena, kita tinggal menspam Apex Avian tiap putaran via pendulum summon. Asyik bukan?

Sekarang kita coba bahas kelebihan dan kekurangan dari deck ini.

Kelebihan

a.       Pendulum monsternya lebih gampang di search

Dengan memakai 3 Covenant dan 3 Reckless Greed, kita bisa dengan cepat mensetup Pendulum Zone kita. terlebih lagi Covenant adalah continuous spell sehingga bisa kita aktifkan tiap putaran untuk mensearch DDD dari deck

b.      Apex Avian lebih mudah dipanggil ke arena

Dengan dibukanya kembali rota ke Unlimited,  deck ini bisa dengan cepat mencari Hanzo dari dalam deck. 3 Rota ditambah 3 Hanzo (plus 3 Reckless Greed) bisa mempercepat memanggil Apex Avian dari deck atau tangan via Ninjitsu Art of Transformation.  Dan lagi, kita juga membawa Upstart Golden Ninja sebagai target tambahan Ninjitsu Art sehingga kita tidak perlu khawatir kekurangan target cost Ninjitsu Art of Transformation

c.       Loop kartu-kartu continuous dengan menggunakan Mist valley Falcon

Karena kita juga menggunakan Mist Valley Falcon untuk deck ini, kita bisa memanfaatkan monster attack 2000 ini untuk merecycle kartu-kartu milik kita. Gak mau kena burn 1000 dari covenant? Balikin aja covenantnya ketangan via cost Falcon. Mau pake lagi effect Fiendish Chain yang faceup di field? Balikin aja ketangan via Cost Falcon. Atau mau balikin lagi Pendulum Monster di Pendulum Zone? balikin aja ketangan via Cost Falcon. Mist Valley Falcon disini kita pakai untuk merecycle kartu-kartu sendiri dan juga sebagai cost untuk efek Mist Valley Apex Avian.

Oke itu kelebihannya, sekarang kita bahas kekurangannya

Kekurangan

a.       Sangat bergantung pada Mist Valley Apex Avian

Deck ini sangat-sangat bergantung kepada Apex Avian. Apabila musuh berhasil membanish Apex Avian milik kita atau memaksa kita gak boleh make kartu itu via kartu lain (misal : Prohibition), maka deck ini tak ayal hanya menjadi Pendulum Beatdown biasa. Kontrol utama dari kartu ini adalah Mist Apex Avian. Dan apabila Apex Avian bisa diungguli, maka kita tidak bisa melakukan apa-apa lagi. bahkan, kalau misalnya musuh berhasil memanggil monster yang attacknya lebih besar dari Avian, maka deck ini bakalan sangat kesulitan

b.      Ninjitsu Art dapat dengan mudah digoblokin oleh MST

Yup, Ninjitsu Art of Transformation ini dapat dengan mudah digoblokin oleh MST. Kita aktifkan Ninjitsu Art? Musuh aktifkan MST saja untuk meledakkan Ninjitsu tersebut. karena Send to graveyard adalah cost, maka hanzo kita akan mati sia-sia saja atau dengan kata lain kita -2. Selanjutnya, apabila kita tidak bisa menemukan momentum untuk memanggil Apex Avian, deck ini bakalan mati

c.       Chance badhandnya  cukup besar

Karena kita memakai 8 Monster level tinggi di deck, kemungkinan kita mendapatkan Badhand cukup besar. Bayangkan di 1st turn kita hand kita adalah 3 DDD Leonidas the Rebelious Lord dan 2 Apex Avian, mau main apa? apalagi kalau misalnya ditangan kita justru hanya ada Ninjitsu Art dan tak ada ninja untuk cost aktivasi. Di deck ini, kalau handnya sudah amburadul, bakalan sangat susah untuk bertahan.

d.      Mati dengan Vanity Emptiness atau kartu lain yang menegate special summon

Karena tema deck ini adalah Loop Special Summon, maka apabila musuh berhasil setup field dengan Vanity Emptiness, maka deck ini akan mati total. Kita tidak ada monster attack besar kecuali Falcon. Ada Krishtya di field? Well, we are fucked boys! Deck ini langsung GG gak bisa main.

Oke, kelebihan dan kekurangan dari deck ini udah gw bahas satu persatu, berarti ini adalah akhir dari post gw kali ini. apakah kalian tertarik membikin deck ini di dunia nyata? Kalau kalian adalah duelist yang suka mainin burung, maka deck ini cocok buat kamu. Kapan lagi kita bisa mainin burung yang gede dan bisa kita perlihatkan tiap putaran? 

Sekian dulu post dari gw. Semoga memberikan inspirasi kepada kalian semua dalam bermain CCG yang makin mahal ini. Thx for Reading and Happy Trolling


=Ballibond=

2 comments:

Anonim mengatakan...

Min, itu di decklistnya kok pake NG sasuke? sedangkan digambarnya pake NG hanzo?

Anonim mengatakan...

Report decklist dulu, ah :) decknya baru saja ane coba. Mainnya enak banget, bisa ngeloop sana-sini. Ane baru sekali kalah make deck ini pas lawan DW

Posting Komentar