Selasa, 05 November 2013

Card of The Week : Gravekeeper's Saniwa

yo, kembali dengan sesi Card of The Week, dalam kesempatan kali ini gw bakal membahas satu kartu support dari Archetype paling tertua di sejarah Yu-Gi-Oh! dan itu adalah Gravekeeper. dan berikut kartu yang akan kita bahas :



墓はか守もりの審神者
Gravekeeper's Saniwa
Hakamori no Saniwa
DARK/Spellcaster/Effect/10 
ATK2000/DEF1500

Legacy of the Valiant (LVAL-JP034 - ?) (still in spoiler)


"You can Tribute 3 monsters or 1 "Gravekeeper's" monster to Tribute Summon this card. When this card is Normal Summoned: You can apply a number of effects, up to the number of "Gravekeeper's" monsters that were Tributed for this card's Normal Summon.
● This card gains ATK equal to the combined Levels of the Tributed monster(s) x 100.
● Destroy all Set monsters your opponent controls.
● All face-up monsters your opponent currently controls lose 2000 ATK and DEF."

oke, sebelum kita membahas kartu nan badass ini, mari kita cek trivia yang dicantumkan dalam Yugioh Wikia

  • This monster is most likely "Gravekeeper's Descendant" once he has taken over for "Gravekeeper's Visionary", since this monster and "Visionary" have the same ATK.
  • This monster is also sitting in the same chair as "Visionary" and is wearing similar clothing.
  • All three Egyptian Gods appear in this card's artwork, inscribed on the tablet behind this monster, as well as glowing in their respective colors.
  • This monster's effects are variations of the signature effects of the Egyptian Gods.
  • The first effect is similar to the anime effect of "The Winged Dragon of Ra" gaining ATK equal to the ATK of the Tributed monsters (this card gains ATK equal to the Levels of the Tributed monsters x 100)
  • The second effect is similar to the monster destroying effect of "Obelisk the Tormentor".
  • The third effect is similar to the last effect of "Slifer the Sky Dragon", which reduces the ATK and DEF of any monster the opponent Summons by 2000.
  • This monster is also the same Level as the Egyptian Gods.
  • This monster bears a slight resemblance to Marik Ishtar's father.
  • "Saniwa" roughly translates to "One who hears the gods," marking this monster as one whom the Egyptian Gods speak to the rest of the Gravekeepers through, akin to an oracle.
wuidih, badass banget kan? ternyata nama monster satu ini bisa diartikan sebagai orang yang mendengarkan dewa. pantaslah kalau monster ini memiliki level yang sama dengan para Egyptian God Card. selain itu efeknya juga kalau dibaca, mirip-mirip dikitlah dengan efek kartu dewa. dan itu didapat cukup dengan memanggil monster ini saja. 

poin penting yang diperhatikan dari kartu ini adalah efeknya. sebagaimana yang dijelaskan diatas, kartu ini memiliki efek semi kartu dewa dimana efeknya bisa kita aktifkan sebanyak monster gravekeeper yang kita korbankan. dan asyiknya, kita bisa mentribute om satu ini cukup dengan 1 Gravekeper saja. jadi efek kartu Dewanya bisa kita dapatkan tanpa perlu repot mengorbankan 3 monster. 

contoh skenarionya? oke deh. misal di arena kita ada GK Descendant dan GK Recruiter di arena. kita bisa tribute Recruiter untuk jedor 1 kartu musuh. lalu recruiter bisa kita aktifkan efeknya unttuk memanggil kartu Gravekeeper Saniwa! (yak, GK Saniwa ini searchable ole GK recruiter mengingat defense nya yang cuman 1500). lalu kita bisa tribut GK Descendant untuk normal summon monster ini kearena.  nah dari sini kita bisa memilih 3 efek kartu dewa mana yang mau kita pake. kalau musuh ada set2 monster banyak, kita pilih efek obelisk untuk menghancurkan semua set monsternya (ingat cuman set monster, set spell/trap gak ikutan meledak). kalau musuh ada monster dengan attack bagong, turunin aja attack dan defensenya sebesar 2000. dan ingat, efek menurunkan attacknya berlaku selamanya alias gak berakhir di endphase. lalu misal mau attack Saniwa ini naik, kita bisa pake efek yang Ra. pokoknya fleksibel banget deh. 

lalu mungkin ada yang bertanya, kalau level 10 gitu, entar gampang badhand donk? oh gw rasa gak juga. mengingat GK ini banyak kartu-kartu yang bisa digunakan untuk menspeciall summon GK. misal Magician's Circle untuk SS dari deck. atau Rite of Spirit buat memanggil GK dari grave tanpa perlu khawatir kehalangan ama Necrovalley. lagian, kartu ini bisa juga kok kita gunakan untuk burn LP musuh. caranya? normal summon GK Saniwa ini. lalu remove Cyber End Dragon untuk Special Summon Malefic Cyber End Dragon ke field. (pastikan Necrovalley sudah faceup diarena). lalu overlay deh 2 monster ini menjadi Gustaph Max. dan BOOM! 2000 life point terbakar langsung. 

nah giimana? kartu ini menarik bukan? memberikan strategi baru bagi Gravekeeper yang dulu sekedar, Royal Tribute, lock Graveyard, lalu beatdown. dengan kartu GK Saniwa ini, kita bisa melakukan strategi burn juga. dan kalau kamu iseng, kamu bisa burn 4k. tapi kondisinya ya agak kondisianal. syaratnya lu harus punya Gustaph Max, GK Spy yang diset dan Chaos Infinity, paham maksudnya kan? intinya sih lu harus ada 3 Monster level 4. terus overlay jadi No.69 : Heraldic God-Coat of Arms. terus kopi efek Gustaph Max dan burn 2000 lagi. 

lalu skor nya gimana? check this out

Artwork : 9/10 (3 Gambar kartu dewa dibelakang dia? keren banget masbero!)
Effect     : 8.5/10 (efek kartu ini keren karena mengopi efek kartu dewa. sayang efek obelisknya gak turut menghancurkan set spell/trap)
Total      :9/10 (membuka strategi baru bagi deck GK sehingga tidak terkesan boring dengan Beatdown dan Lockdownnya)

okedeh, sekian dulu post nya. 

0 comments:

Posting Komentar