Selasa, 19 November 2013

Genesis, why this clan deck out often and why it shouldn't be

Genesis, klan yang bisa disebut penerus spiritual dari klan OTT. Bisa dibilang ini merupakan salah satu klan yang sedang naik daun sekarang semenjak trial decknya rilis dan praktis kamu hanya perlu membeli 1 trial decknya dan membeli beberapa null serta kartu boss lain dan ini akan menjadi deck yang cukup kompetitif. Penulis sendiri pernah membuktikan dengan modal 1 Trial Deck  ditambah nullify dan 1 iwanagahime dan extra angelica+metis mampu lolos ke babak top 8 dengan menumbangkan berbagai klan meta seperti Narukami, Revenger dan MLB. Sayang terhenti di top 8 setelah dikalahkan deck Link Joker.
Kembali ke Genesis, beberapa orang mengatakan Genesis itu bukan deck yang bagus, karena sebagai klan yang memiliki kombinasi soul charging dan sedikti engine draw, tahan sedikit saja maka dia akan deck out. Disinilah kesalahan yang sering terjadi bagi pemakai Genesis yang menyebabkan mereka mudah deck out. Inilah beberapa alasan dan salah kaprah yang terjadi diantara para pemakai Genesis


"Bagaimana jika kita buat rule baru yang deck out duluan menang?" -mostly Genesis user


Genesis bukanlah klan dengan style defensif, mereka adalah klan yang sangat ofensif namun tidak reckless


bagaimana mungkin unit segila ini adalah bagian dari klan yang bermain defensif

ketika mendengar genesis merupakan penerus spiritual OTT dan reputasi misaki sebagai pemain yang selalu bersabar dan hanya menyerang ketika lawan menunjukkan celah, banyak orang berpikiran Genesis memiliki style yang sama. Dikarenakan risiko deck out sebagai constant threat dari deck ini, dengan melakukan permainan ofensif yang cepat risiko itu juga dapat diminimalisir.

Style rush merupakan style yang sangat disarankan

salah satu prinsip dasar dalam vanguard adalah, semakin banyak serangan yang kamu hasilkan setiap turn. Semakin banyak lawanmu melakukan guard, semakin sedikit hand yang bisa dia gunakan untuk melakukan guard/call di turn berikutnya. Manfaatkanlah baik baik teori ini, namun ada juga aturan dimana setelah melakukan rush, bersiaplah jika kamu dibalas dengan rush juga. Disinilah fungsi dari draw engine yang dimiliki oleh Genesis.Handmu mungkin tidak akan sebanyak deck-deck OTT, namun itu cukup sebagai resource dalam 1-2 turn kedepan

Hitung soulmu dengan seksama, jangan serakah

Beberapa kasus yang sering terjadi, pemain baru seringkali begitu bernafsu untuk menggunakan skill sahohime/tatsutahime berkali kali sehingga soul yang terakumulasi begitu menggelembungnya hingga lebih dari 20. Itu sangat tidak efektif, bahkan unit dengan penggunaan soul terboros seperti iwanagahime pun tidak perlu menghabiskan soul sebanyak itu untuk memastikan kemenangan. Hitung soulmu dengan baik, Di genesis, jumlah soul ideal adalah sekitar 12-15. Jika soulmu melebihi itu dan kamu sering merasakan deck out well.....

If you are fvcked up, pretty much you will be fvcked up during entire the game. Prepare wisely

Genesis bukanlah klan yang memiliki sifat game changing, ketika kamu ketinggalan jauh dari lawanmu, dibutuhkan waktu yang lama untuk mengejarnya. Pastikan deckmu cukup stabil untuk terus menempel ketat lawanmu. Jika kamu mengharapkan klan ini dapat melakukan 1 big play yang dapat membalikkan keadaan dalam 1 turn well, kamu hanya bisa berharap dari double crit lawan saat dia damage 3

Semua bos di Genesis tidak meiliki sifat game changing, namun konstan memberikan benefit setiap turn.
Tidak seperti tren klan belakangan ini yang memiliki sifat game changing (ex: berdiri lagi; lock, retire & draw; superior call 5 dari top deck) Bos bos di genesis lebih memiliki sifat memiliki tekanan yang konstan, Iwanaga memiliki kemampuan meretire front row lawan dengan potensi lebih dari sekali dengan mudah, membuat pilihan attacker lawanmu menjadi terbatas, Fortuna memiliki pressure tak tampak bahwa setiap drive check selalu memiliki chance double trigger, Mizuha mampu secara konstan memberikan 26k power line +1 critical setiap turn dan sebagainya.


iya dia bisa berdiri lagi dan imba, tapi belum rilis juga

Selain beberapa alasan diatas, Genesis juga memiliki boss boss yang memiliki skill-skill yang unik, dimana beberapanya seharusnya merupakan ciri khas klan lain.


kapan lagi ada klan selain kage/naru bisa jedor jedor seenak jidat

Iwanagahime, salah satu boss paling undertier di genesis, karena costnya termasuk mahal dan terkadang tidak berdampak terlalu besar kepada lawan. Namun selain  itu dia juga sebenarnya adalah kartu yang paling konstan dalam memberikan advantage terhadap lawan. Satu-satunya kelemahannya adalah skill dia semuanya aktif di main phase, itu menyulitkan ketika menggunakannya bersamaan dengan Melisa dan Charmomile


Yakin mau guard 2 trigger? :7

Fortuna, sekilas memiliki skill yang unik namun juga tidak efektif. Dengan soul blast sekitar 3-6 hanya demi power +5000 dan +1 critical/draw 1/heal 1? itu terlalu mahal dan berharap! namun dari sudut pandang lawan. Fortuna konstan memberikan kemungkinan yang besar untuk memungkinkan double trigger. Namun itu juga memerlukan perhitungan dan kalkulasi yang pas. Saya tidak berbicara teknis tentang peluang disini. Namun jika kondisi deck kamu memiliki trigger dibawah 10 dengan kondisi last damage yang kamu terima trigger dan kamu baru saja draw trigger, tentu chance mendapatkan double trigger amatlah kecil.


Meet our new ace card, Diarmoe-err.... i mean Mizuha

Mizuha, dengan base power mini, namun memiliki potensi ofensif paling besar. Mizuha bisa dibilang mampu menjadi game changing sekaligus dengan advantage di awal. Power line 26k dengan 2 critical praktis tanpa minus. Dengan asumsi memiliki 15 soul, berarti minimal ada 1 seranganmu yang tidak bisa ditahan dengan nullify lawan.Tentu dengan syarat lawan memiliki nullify disetiap giliran.


Percayalah, dia unit boss termahal di Genesis

Metis, salah satu unit break ride undertier di Genesis dikarenakan dengan cost counter blast 1 namun praktis hanya memberikan draw 1 dan soul charge 3. Namun sebenarnya Metis memiliki fleksibilitas yang tinggi, dan bila dibandingkan dengan Himiko praktis Metis memberikan tambahan 6 soul. Minus 2 unit +5000 tentu saja, yang dapat dikompensasikan dengan combo melisa dan charmomille. Tidak disarankan break ride metis 2 kali untuk menghindari soul yang terlalu banyak.


Dan dia satu-satunya unit boss yang rasnya Human, despite how noble her appereance is

Angelica, dengan potensi memiliki cross break ride diekspansi terbaru. Angelica sebagai sebuah unit memiliki plus yang dibutuhkan oleh genesis, ini dikarenakan walopun Genesis merupakan klan ofensif, namun Genesis bukan klan yang sangat ofensif hingga membuang pertahanan seperti Nova Grappler, Spiker Brother. Sehingga Kuantitas hand masih dibutuhkan jika rencana final turn gagal.


Selain Diarmoe, Genesis juga memiliki Gancelot Moe

Himiko, bisa dibilang break ride terbaik Genesis, dengan +5000 power terhadap 2 unit, dan kemampuan untuk melakukan soulblast di battle phase. Himiko sekilas memberikan advantage tertinggi di Genesis, namun dengan advantage yang tinggi diikuti juga syarat yang cukup banyak, selain syarat kamu perlu memiliki 2 rear guard di sisi kanan dan kiri, dan lawan memiliki damage 5 agar maksimal, terkadang skillnya tidak berjalan sesuai mestinya.

secara garis besar Genesis memiliki playstyle yang berbeda dengan deck kebanyakan, dalam artian lain bisa dibilang Genesis adalah deck yang anti meta. Secara sepintas seluruh unit boss digenesis memiliki persamaan yang jelas, yep, skill mereka tidak ada yang tumpang tindih, hal ini membuat Genesis menjadi deck yang sangat fleksibel dalam menentukan metode apa yang paling efektif dalam membuat lawan kerepotan. Decklist penulis sendiri terdiri dari 5 Grade 3 yang berbeda-beda dan tidak lebih dari 2 copy.

Reccomended Genesis Decklist pre BT14
G0
1 Witch of Prohibited Books, Cinnamon (SVG)
8 Critical
4 Draw
4 Heal

G1
3 Battle Maiden, Mihikarihime (Vanilla, hanya jika menggunakan Mizuha)/ 3 Witch of Cats, Cumin (jika tidak menggunakan Mizuha)
4 Battle Maiden, Tatsutahime
4 Goddess of Self-sacrifice, Kushinada
3 Witch of Frogs, Melissa

G2
4 Battle Maiden, Sahohime
4 Witch of Ravens, Chamomile
3 Witch of Owls, Paprika

G3
2 Wisdom Keeper, Metis
2 Regalia of Wisdom, Angelica/2 Oracle Queen, Himiko(depend on your preference)
2 Battle Maiden, Mizuha
1 Eternal Goddess, Iwanagahime(+1 jika tidak menggunakan Mizuha)
1 Goddess of Good Luck, Fortuna(+1 jika tidak menggunakan Mizuha)

Playstylenya sederhana saja, pastikan ride Melissa/Chamomile di G1 dan G2, jikapun gagal ride Chamomile pastikan ride Sahohime untuk memastikan extra 3 soul mudah di awal. Dalam kondisi mid game, kondisikan Sahohime memiliki chance hit yang tinggi Vanguard lawan. Ketika kuota soul sudah terpenuhi dan lawan tidak sadar, itu akan menjadi pressure tak tampak yang menguntungkan.  *Penulis adalah pengguna deck Genesis semenjak pertama kali dirilis hingga sekarang dan telah menggunakan semua kemungkinan build Genesis yang ada, deck yang dilampirkan penulis adalah deck yang sudah berkali-kali topping di turnamen besar regional di Jawa Timur.

1 comments:

Audrey mengatakan...

kira-kira decknya sama, kecuali aku pake build dasar chain ride artemis :3 tapi untuk boss aja bisa dimasukin semua emang, cuma menurutku (sekali lagi, menurutku...) kalo aku bilang sih kalo di jaman tukang lock lockan lebih konsisten Angelica, Himiko soalnya kadang-kadang rgnya diletupin semua, tapi emang pada dasarnya mereka jago sih...

Posting Komentar