Sabtu, 30 November 2013

Crossride Killing with Great Nature

Anda bosan main deck meta yang power VG-nya gede dengan tambahan critical dan bisa restand?

Anda ingin main deck yang bisa bawa stand trigger dengan efektif??

Anda ingin main deck yang art-nya lucu-lucu???

Oke oke, ga ada yang main Great Nature karena art-nya lucu. Gw cuma butuh kalimat opening doang.

Kenalin gw Mobi, penulis baru disini. Gw suka main deck-deck VG yang tidak banyak dilirik orang, namun punya potensi untuk jadi kompetitif. 

Pada kesempatan ini gw mau sharing dikit tentang deck dengan playstyle yang unik namun sayangnya underrated yaitu Great Nature build Chatnoir/Leopald R

Butuh penalaran level sarjana untuk sekedar memahami flavor text-nya.

Focus of the Deck:

Sebelumnya cerita dulu kenapa gw tertarik sama deck ini. Great Nature terkenal sebagai clan yang memiliki power tinggi, karena unit-unit andalannya memiliki skill memberikan power +4000 ke Rear Guard. Namun tambahan power itu harus dibayar dengan me-retire kartu yang diberikan power-up tersebut. Dengan menumpuk tambahan power-up itu ke 1 unit, cost retire-nya bisa diminimalisir.

Oiya, kalo gw pake term power-up, itu maksudnya skill "...gains +4000 power..." ya. biar keren dikit.

Sebelum rilisnya BT13, kebanyakan unit GN cuma bisa memberi power-up once per turn atau pada saat declare attack. Misalnya Binoculus Tiger yang memberi power-up ke RG lain saat dia declare attack. Ada lagi Battler of Twin Brush, Polaris yang memberi satu unit power-up + restand saat ia declare attack. Timing aktivasi kedua kartu ini membuat power-upnya menjadi kurang fleksibel dan butuh banyak planning terlebih dahulu.

Kemudian rilis BT13 dan GN dapat boss baru, yaitu School Punisher, Leo-pald "R". Awalnya gw ga kebayang gimana jagonya kartu ini, sampe ngeliat ada orang pake skill-nya Leopald R, lock 3 backrow untuk ngasih frontrow kiri-kanan power +12k. Itu berarti kalau frontrow kiri-kanan kita punya base 11k, kita bisa buli-buli crossride dengan power line 23k yang konsisten tiap turn. Tanpa ada cost, selain lock.

Yup, jadi fokus deck ini adalah bikin power line 23k di late game, hopefully bisa lebih. Bukan main bahagianya kalo Coiling Duckbill, grade 1 yang powernya cuma 7k bisa mukul dengan power 35k. Lho kok bisa? Yok kita langsung bahas kartu-kartu di tiap grade-nya, beserta alternatif-alternatif kartu yang bisa dipake.


Grade 3:



Kita fokus di 2 kartu itu aja untuk Grade-3. School Hunter, Leo-Pald ga penting, karena kita mau ngebunuh crossride, bukan mau jadi crossride :v

Leopald "R" udah gw jelasin di atas, dia main star di deck ini karena bisa bikin RG kita konsisten di 23k dengan lock 3 backrow. Buat yang blom tau, skill Limit Breaknya adalah dengan lock 1 RG kita bisa pilih 2 unit untuk dapat power-up, dan di end phase retire unit yang dapat power-up itu. Tapi di end phase unit yang ke-retire itu bisa di-superior call dari drop zone. Ribet yah? Memang. Anggap aja retire gratis untuk skill-skill seperti Coiling Duckbill, Pencil Knight, Hammsuke atau Washup Raccoon yang nanti akan kita bahas.

"Bentar om, kalo 3 backrow dilock, berarti leopald R-nya cuma nyerang 11k dong? kalo VG musuh 13k mukul angin dong?"

Iye. tapi pasti musuh bakal guard kok, minimal 5k. Kalo no guard trus tiba-tiba muncul critical kan mati. Atau kalau ga hantam pinggir aja, pasti dia guard 10k atau no-guard :v

Selanjutnya Chatnoir, dia unit yang ingin kita di-ride sebelum Limit Break. Skill Break Ridenya adalah... duh ribet jelasinnya, baca sendiri aja ya.

"Ini ga kayak Yugi, efek-efek sama rulingnya ga ada yang ribet kok" -bujuk rayu pemain VG

Gampangnya di turn dia di-ride, kalau ada RG yang nyerang kita bisa pilih 1 RG untuk dapat catpower-up, lalu di end phase retire semua unit yang dapat catpower-up dan untuk setiap catpower-up yang diberikan, draw 1 kartu. Meskipun 1 unit  ga bisa ke-retire 2 kali, kita tetap bisa draw 2 kalo ngasih 2 kali catpower-up ke unit tersebut.

Jadi di turn dia dibreak-ride, kita ingin nyerang pake RG sebanyak-banyaknya, makanya kita bawa stand trigger.

Idealnya sih, Chatnoir di-ride sama Leo-pald R yang kemudian Leopald R langsung lock 3 backrow dan hajar mulai dari RG dulu, biar profit kalo dapet stand. Tapi ga selamanya lock 3 backrow itu memberi output power paling besar, perlu dipertimbangkan juga berapa power-nya apabila menge-boost dan berapa power VG lawan.

Grade 2:


Lamp Camel ini sebagai Unit Pressure utama, dimana kalau attack-nya hit kita bisa CB2 untuk draw 1. Musuh bakal mikir 2 kali untuk ngebiarin unit ini hit. Hanya dengan 3 kali power-up dia jadi 21k. Jadi unta ini bakal kita kasih banyak power-up, biar bisa draw 1 :v

Compass Lion ini jadi beater utama kita. Di late game persyaratan "harus retire 1 di start of end phase"nya ga jadi masalah, karena toh yang di-retire bakal di-special summon disuperior call lagi sama Leopald R. Namun di early game hati-hati kalau terpaksa me-ride Compass Lion. Kalau menggunakan starter Acorn Master, langsung gunakan efeknya dan jangan panggil unit lain supaya Compass Lion tidak perlu retire.

Saat Barcode Zebra di-ride atau di-call, kita bisa cek top deck, kalau kartu itu G1 atau G2 bisa kita superior call. Zebra memberi kemungkinan untuk nge-plus kapan saja dia di call, termasuk di-superior call karena efek Leopald R. Tapi power-nya 7 ribu doang, gimana dong? Iya sih, tapi dengan 3 kali power up leopald R dan tambahan 1 kali power-up unit lain dia bisa mencapai magic number kita, 23k.

Kalo Revealnya dapet G3 atau G0 gimana? Ya nasib lol. Kalo ga suka masih ada alternatif lain dibawah, tapi sebelumnya liat dulu muka zebra imut satu ini yang merengek minta dipake.

"Why do you all hate me? WHY?"

Alternatif Grade 2:
Binoculus Tiger saat unit ini declare attack, kita bisa ngasih power-up ke unit lain. Tapi dia sendiri jadi cuma 9k; jadi 21k dengan 3 kali power- up
Multimeter Giraffe Alternatif 11k dengan syarat yang kondisional, yaitu musuh harus punya 2 damage face-up.
Pencil Knight Hammsuke, saat dia di-retire kita bisa add 1 Pencil Knight Hammsuke dari deck dengan CB1, kalau ke-retire karena Leopald R jadi +1, tapi power 8k-nya nanggung.

Grade 1:


Coiling Duckbill adalah salah satu sumber ngeplus kita, atau setidaknya mengurangi kerugian karena banyak unit kita yang kena retire. Saat di-call, kita bisa pilih satu unit dan apabila di end phase unit itu ke-retire, kita draw 1. Not bad.

Tank Mouse adalah unit yang sangat penting di deck ini. Dengan adanya tank mouse di field, hanya dengan me-rest dia di main phase kita bisa 1 kali power-up unit lain. Dengan power-up 3 kali dari Leo-pald R dan 1 kali dari Tank Mouse, unit dengan Power 7000 pun bisa jadi 23k. Selalu sediakan 1 RG circle untuk Tank Mouse.

Stamp Sea Otter adalah unit yang cukup berguna, karena dia tidak bisa di-retire. Dengan adanya Stamp Sea Otter kita tak perlu takut dengan persyaratan retire-nya Compass Lion, Binoculus Tiger, atau kalau misalnya terpaksa ride Chatnoir over Chatnoir.

Cable Sheep. Perfect Guard. 


Entah apa hubungannya kabel dan kambing. Atau kompas dan singa. Atau barcode dan zebra.

Alternatif Grade 1:
Protractor Peacock bila dipanggil di Guard Circle, kita bisa CB1 untuk mengubah shield-nya menjadi 10k. CB di deck ini cuma dipake unta & starter, jadi kenapa nggak? 
Taping Cat adalah unit yang saat dipanggil di RG, kita bisa Soul Blast 2 untuk draw 1 kartu. Kita sudah punya coiling duckbill yang pada dasarnya sama aja, tapi kalau mau lebih banyak draw ya silakan bawa. Jangan khawatir dengan powernya, jadikan saja korban lock.
Washup Raccoon, Dengan CB 1 dan mengembalikan 3 unit non-trigger ke deck, saat Washup Racoon di-retire kita bisa ambil 1 Washup Raccoon dari deck. Ngembaliin null ke deck sounds delicious, tapi kondisional dan di early game agak susah ngebalikin 3 unit dari drop zone.

Starter:

Untuk Starter ada 2 pilihan, terserah anda mau pake yang mana. keduanya punya kelebihan masing-masing:



Acorn Master, Searcher Grade 3. Kalau dia starternya, chance untuk dapat kombo Leo-pald break ride Chatnoir bakal lebih besar. Selain itu bisa untuk mencari attacker 11k juga, karena semua G3 di deck ini punya base 11k.
Telescope Rabbit, Basically Tank Mouse yang ada di field sejak awal permainan, namun selain rest juga harus CB1. Membuat lebih konsisten dalam membentuk line 23k dengan attacker power 7k, karena tidak perlu mengharap Tank Mouse.


Triggers:


Membawa 8 stand trigger sangat disarankan, untuk abuse power RG yang besar. Pastinya 4 heal dan sisanya bisa 4 Critical atau 4 Draw. Draw power deck ini cukup kencang karena ada Coiling Duckbill, Lamp Camel dan Tapi mau bawa 8 Critical pun silakan anda bereksperimen sendiri.

Well, sekian saja pembahasan deck ini. Trust me, deck ini fun buat dimainin dan ga ngebosenin. Mungkin setelah nyoba deck ini kalian akan lebih tertarik dengan clan underrated ini, seperti saya. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan komen :3

Meminjam kata-kata balibond, Thanks for reading, and Happy trolling :)

5 comments:

rmat2004 mengatakan...

barcode dengan zebra masih ada hubungan loh~ kan sama2 bergaris2

Mobi mengatakan...

lol ga kepikiran sampe kesana :v

Anonim mengatakan...

ini menyenangkan, sblmnya ga pernah mikir buat lock 3 kali...

arda mengatakan...

Keren banget, love this build so much :D

Unknown mengatakan...

GN will rise!!!! Temen saya juga kaget, pas saya yang di turn-turn awal cuma lock 1, pas mau final turn, saya lock 2, dia kaget LOL

Posting Komentar