Rabu, 27 November 2013

Heraldic Beast, sejarah dibalik penamaannya dan cara memainkannya.

Pada hari sabtu kemarin, atau lebih tepatnya pada tanggal 16 November kemarin, Yugioh OCG mendapatkan satu booster pack terbaru bernama Legacy of Valiant (LVAL). di dalam booster itu, banyak archtype baru yang mendapatkan support, misalnya Bujin, Ghostrick, bahkan ada archtype baru tanaman bernama Shinra. lalu Archtype lama seperti Gravekeeper ternyata juga diberi support dari booster ini. dan menurut gw, efeknya sangat membantu deck Gravekeeper menjadi lebih konsisten dan lebih mematikan.

namun itu bukanlah fokus sekarang. sesuai dengan judu artikel, kali ini gw ingin membahas archtype "Heraldic Beast". namun sebelum lebih jauh membahasnya, mari kita bahas dulu archtype Heraldic Beast ini terlebih dahulu.

Heralidic Beast, yang semuanya adalah monster level 4, ternyata terinspirasi dari heman-hewan yang digunakan sebagai lambang atau simbol negara. atau bahasa kerennya adalah Heraldry Charges (artikel lengkap mengenai Heraldry Charges, klik link ini ). jadi, semua monster di Heraldic Beast ini merupakan hewan-hewan yang dijadikan Heraldry Charges suatu negara. luar biasa bukan sumber inspirasinya. seperti halnya Archtype Bujin yang mengambil mitologi Jepang, atau Gladiator Beast yang mengambil sejarah gladiator romawi,  maka Heraldic Beast, sesuai dengan namanya, mengambil inspirasi dari para binatang yang dijadikan Heraldry Charges.  dan berikut adalah beberapa sumber inspirasi Archtype Heraldic Beast ini. 

  • Heraldic Beast Two Headed Eagle - terinsiprasi dari Two Headed Eagle yang menjadi lambang kerajaan byzantium, romawi, dan juga rusia
  • Heraldic Beast Leo- terinspirasi dari hewan singa yang memang sering dijadikan simbol negara atau kerajaan
  • Heraldic Beast Unicorn- terinspirasi dari  Unicorn yang di abad 15 dulu populer dijadikan sebagai Lambang kerajaan
  • Heraldic Beast Eale- terinsiprasi dari Eale, hewan mitologi eropa dan juga sering dijadikan sebagai Heraldry 
  • Heraldic Beast Abercornway- terinsiprasi dari naga, dan nama abercornway terinsipari dari nama gelar kebangsawanan inggris, Baron Aberconway

"Two Headed Eagle"

"Unicorn"

"Eale"

"Lion"


"Basilisk"

"Dragon / Abercornway"





lalu setelah kita tahu darimana asal penamaan archtype Heraldic Beast ini, maka selanjutnya yang perlu kita pahami adalah cara bermain dari Archtype ini. Heraldic Beast ini pada dasarnya bermain strategi Graveyard. monster-monster mereka memiliki efek yang kebanyakan jalan di graveyard. lalu kartu spell mereka juga kebanyakan berhubungan dengan graveyard. seperti misalnya, Advanced Heraldry Art yang efeknya adalah XYZ summon 2 Heraldic Beast dari graveyard. 

sebelum booster LVAL ini keluar, gw akui deck Heraldic Beast ini sulit untuk dimainkan. mengingat mereka kekurangan cara untuk membuat diri mereka ke grave,  mereka harus meminjam bantuan engine lain untuk membuat deck ini bisa jalan. dulu gw pernah ngasih link deck Heraldic Beast yang meminjam engine Dragon Ruler (silahkan cari sendiri linknya ya ).  

namun semenjak booster LVAL kemaren rilis, mereka mendapat support tambahan. dan itu adalah :


Heraldic Beast Amphisbaena
紋もん章しょう獣じゅうアンフィスバエナ

Legacy of the Valiant (LVAL-JP083 - C)

"You can discard 1 other "Heraldic Beast" monster; Special Summon this card from your hand. Once per turn: You can discard 1 "Heraldic Beast" monster; this card gains 800 ATK until the End Phase."

staple dalam deck Heraldic Beast pasca LVAL. digunakan untuk membuang Aberconway atau Leo yang ada ditangan. selain itu juga menambah jumlah Heraldic Beast yang mau dispecial summon oleh Advanced Heraldry Art. kartu ini juga menjadi target utama search Heraldic Beast Leo. mengingat efek Leo yang gak bakal misstiming, kartu ini bersama Leo ditangan bisa menjadi 1st Turn Plain Coat. meski kartu ini terkesan bikin minus karena membuang kartu dari tangan untuk summon dia, namun kalau yang didiscard adalah Leo atau Aberconway, maka minus ini bisa dihilangkan. 


Number 18: Heraldic Progenitor Plain-Coat
No.ナンバーズ18 紋もん章しょう祖そプレイン・コート

Legacy of the Valiant (LVAL-JP084 - R)

"During either player's turn, if there are 2 or more monsters on the field with the same name: You can detach 1 Xyz Material from this card, then target 1 of those monsters; destroy all other monsters on the field with the same name as that target. While this card is face-up on the field, your opponent cannot Summon another monster with the same name as that target. If this card is sent to the Graveyard: You can send 2 "Heraldic Beast" monsters from your Deck to the Graveyard."

ini adalah kartu XYZ utama yang bakalan paling sering disummon oleh deck ini. kalau kita melihat efek kartu ini yang sangat kondisional, maka mungkin kita akan menyangsikan kehebatan kartu ini. akan tetapi efek yang kita abuse dari kartu ini justru efek keduanya. ketika dia masuk grave (tidak peduli karena cara apapun), maka dia bisa dump 2 Heraldic Beast dari deck. wow, deck thinning gratis! terlebih lagi kalau yang didump adalah Leo, Unicorn, atau Aberconway, maka bisa dikatakan kita tidak minus ketika kehilangan monster ini dari grave. dengan Plain Coat ini, kita dapat dengan mudah mengisi grave dengan Heraldic Beast sehingga chance untuk ter-draw semakin kecil. 

lalu dengan deckbulitnya? jangan panik bro! karena gw juga mneyertakan juga kok contoh deck list Heraldic Beast. cekidot gan!

Advance of Heraldic Beast
 OCG Version 

Monster

3x Heraldic Beast Leo
3x Heraildic Beast Aberocnway
3x Heraldic Beast Amphisbaena
1x Heraldic Beast Unicorn
1x Heraldic Beast Basilisik
2x Kagetokage
2x Photon Slasher
3x Traptrix Myrmeleo

Spell

3x Advanced Heraldry Art
1x Foolish burial
1x Dark Hole
1x Monster Reborn
3x Forbidden Lance

Trap
3x Compulsory Evacuation Device
2x Bottomless Trap Hole
2x Torrential Tribute
1x Void Trap Hole
2x Mind Over Matter (buat tribut Plain Coat)
1x Solemn Judgment
1x Solemn Warning

Advanced of Heraldic Beast
TCG Version

monster

3x heraldic Beast Leo
3x Heraldic Beast Aberconway
3x Heraldic Beast Amphisbaena
1x Heraldic Beast Basilisk
1x Heraldic Beast Unicorn
2x Effect Veiler
2x Photon Slasher
2x Kagetokage
3x Verz Thunderbird

Spell

3x Advanced Heraldry Art
3x Forbidden Lance
1x Dark Hole
1x Foolish Burial
2x Pot of Duality

Trap
2x Mind Over Matter
2x Fiendish Chain
2x Dimensional Prison
1x Bottomless trap Hole
1x Solemn warning
1x Compulsory Evacuation Device
1x Torrential Tribute

Cara mainnya cukup gampang kok. intinya adalah sebisa mungkin summon Plain Coat, terus kalau mati buang-buang Heraldic Beast seperti Leo, Abeerconway atau Unicorn supaya gak minus. lalu  abuse lagi Heraldic Beast yang di grave dengan Advance Heraldry Art. ditambah lagi sekarang XYZ rank 4 bertambah lagi kartu imbanya seperti Silent Honor Ark Knight dan Noblswarm Beelzebub. jadi deck-deck yang fokusnya adalah XYZ rank 4 macam Heraldic Beast ini jadi makin jago deh. 

oke, cukup sekian post dari gw. kalau anda berminat, boleh dicoba untuk memainkan archtype ini. yang jelas gw jamin decknya cara mainnya asyik. dan tentu saja, deck ini masih bisa dikombinasikan dengan engine lain seperti LS, atau bahkan Dragon RUler sehingga variasi dari deck ini masih bisa dikembangkan lagi.

Thx for Reading, and Happy Trolling :)


1 comments:

RareHunter mengatakan...

numpang nitip lapak,, kebetulan bahas Heraldic Beast juga.. http://iydc-indonesia.blogspot.com/2013/11/ygo-news-lval-ocg-world-premiere-cards.html
RareHunter.IYDC

Posting Komentar