Kamis, 16 Januari 2014

Card of The Week (akhirnya kembali lagi :v ) : Number 103 : Ragna Zero

Hola, kembali lagi dengan Ballibond disini. kalau anda memperhatikan, sudah banyak penulis baru lho yang menulis di blog Plasmadueling ini. mulai dari emjhe , lalu penulis baru Mobi, Yusei Fudo, H-Ero Duelist, dan terakhir kita jangan melupakan Kaka Bear yang terkadang juga menulis disini. nah,  kalau kalian belum sempat membaca post mereka, silahkan balik lagi ke post-post sebelum ini karena yang menulis itu adalah mereka semua.

Pada kesempatan ini, gw sekali lagi ingin mencoba menghidupkan lagi thread "Card Of The Week" yang beberapa bulan lalu sempat terlantar karena kesibukan dan kemalasan saya. dan minggu ini, kita akan membahas satu kartu XYZ (lagi) baru yang keluar di booster Primal Origin. dan itu adalah *drum roll*


No.103 神葬零嬢 ラグナ・ゼロ
Rank 4/Water/Fairy/Xyz/Effect

2 Level 4 monsters
"Once per turn, during either player's turn: You can detach 1 Xyz Material from this card, then target 1 face-up Attack Position monster your opponent controls whose current ATK is different from its original ATK; destroy that target, and if you do, draw 1 card."



Sebagai informasi, kalau di anime Zexal, kartu XYZ ini dimiliki oleh Kamishiro Ryo, adik dari Shark. sebagaimana kakaknya, Ryo juga ternyata adalah satu 7 Barian Lord. dan sebagaimana Barian Lord lainnya, Ryo memiliki kartu XYZ "Over Hundred Numbers" dan kartu tersebut adalah Number 103 ini.

oke, segitu aja trivianya, sekarang mari kita bahas kartunya sendiri. Monster XYZ rank 4 ini memiliki syarat summon yang sangat mudah. 2 monster level 4 tanpa embel-embel apapun. dengan kata lain, monster apapun yang memiliki level 4 bisa dipakai untuk memanggil monster ini. attacknya yang cukup besar (2400) juga cukup besar sehingga monster ini bisa jadi beater di deck yang memakainya. 

Effect dari XYZ ini juga cukup bagus, detach 1 material untuk mendestroy 1  face up possition monster yang Attacknya berbeda dengan Attack originalnya lalu draw 1.  effect yang plus satu bukan? sudah monster musuh hancur, kita dapat +1 hand. namun sayang, Ragna Zero ini hanya bisa menghancurkan monster face up attack yang attacknya berbeda dengan original attack. sama seperti monster milik Ryo (Number 101: Silent Honor ARK) yang hanya bisa menyedot face up attack position monster yang dipanggil dengan cara special summon. 

lalu bagaimana cara kita mengakali kondisi yang dibutuhkan untuk menggunakan kartu ini? sebenarnya Konami dari dulu sudah memberikan banyak alternatif lho buat mengakali kondisi Ragna Zero ini. yuk,kita bahas kartu-kartu tersebut. 

1. Burden of Mighty


Kartu continous spell ini menempati posisi pertama kartu yang bisa kita gunakan untuk dikombo dengan Ragna Zero. kenapa? tentu saja karena Spell ini continous. Ragna Zero tidak mempedulikan seberapa banyak perbedaan attack monster musuh. selama monster itu attacknya berbeda, maka Ragna Zero bisa menghancurkannya. dan karena Ragna Zero effectnya adalah Quick Effect, dan kartu ini effectnya jalan terus menerus, kita bisa gunakan kombo Ragna Zero dan Burden of Mighty menjadi pseudo- Trap Hole. musuh mensummon monster, attacknya berkurang karena Burden, Detach 1 material dari Ragna Zero, dan POP, monster musuh hancur dan kita draw 1. profit sekali bukan?

selama burden of mighty masih berada di field, dan Ragna Zero ada di arena, musuh bakalan mikir-mikir untuk memanggil monster. ini bisa menjadi Mind Game tersendiri bagi musuh yang melawan kombo ini

2. Starliege Paladynamo


kartu XYZ ini pada dasarnya bagus, tapi gw rasa bakalan sangat overkill jika dikombo dengan Ragna Zero. bayangin aja, monster musuh sudah di-0 kan attacknya. terus diledakin lagi make effect Ragna Zero. sayang overlay unit bro! kita cukup mukul biasa aja monster itu. gak perlu lah sampai ngeledakin make effect Ragna Zero, atau di Fissure sekalipun. tapi kalau mau overkill, ya silahkan pakai kombo ini.

3. Shining Elf 


Kartu XYZ satu ini memiliki effect yang sinergis dengan Ragna Zero. effectnya yang membuat monster yang disummon musuh attacknya berkurang 500 ketika disummon sangat cocok dikombo dengan Ragna Zero. sama seperti Burden of Mighty, kombo Ragna Zero + Shining Elf menjadi mind game buat musuh. mereka harus terlebih dahulu menghancurkan field untuk menghilangkan kombo tersebut. namun minus dari kombo ini adalah kita juga harus memainkan level 2 untuk mensummon monster ini. sangat jarang sekali ada deck yang bisa memakai level 4 dan level 2 sekaligus. mungkin yang bisa memakai kombo ini adalah Deck Angel Variant yang memakai Mystical Shine Ball. 


4. Monster-monster attack modifier lainnya


Old Card is Old

dari dulu, konami sudah memberikan kita monster-monster yang memiliki effect Attack Modifier. seperti misalnya Blackwing - Gale the Whirlwind yang karena effectnya membuat dirinya di limit oleh Konami. lalu Dark Jeroid, yang effectnya mengurangi 800 attack 1 monster musuh ketika disummon. dua kartu itu adalah beberapa contoh monster-monster yang memilik efek untuk mengubah attack musuh. masih banyak monster lain yang memiliki effect Attack Modifier, seperti misalnya The Wicked Dreadrood




Sebenarnya selain 4 kartu diatas, masih banyak lho kombo Ragna Zero ini. misalkan saja quick spell seperti Shrink, dan Forbidden-series. tapi sayang banget kalau kartu seperti itu dipakai untuk kombo Ragna Zero. kartu seperti mirror wall, burden of mighty lebih cocok dipakai karena effectnya menyeluruh ke field musuh. atau Gale karena dia bukan "1 for 1 card", jadi tidak rugi kalau kita pakai. 

nah sekarang kita bahas di real life deh, kartu XYZ ini bagus untuk mengcounter beberapa deck. sebut saja 4 Axis Fire Fist yang mengandalkan Tenki untuk searcher. Karena Tenki membuat semua Beast Warrior di field mereka +100, itu bakalan jadi makanan empuk buat Ragna Zero. bahkan di mirror match Fire Fist, bisa dikatakan bahwa siapa yang bisa ngebuat Ragna Zero duluan, maka dialah yang menang. 

tidak hanya Fire Fist, deck seperti Gravekeeper juga bisa dicounter dengan kartu ini. field  Necrovalley mereka yang membuat attack mereka besar justru berbalik arah menjadi senjata buat mereka. Ragna Zero ini merupakan counter untuk deck-deck yang strategi nya memodifikasi attack. 

so, bagaimana skor akhir dari kartu ini? cekidot!

Artwork : 9/10 (gambarnya keren, terasa Aura Sub-Zero Maidennya)
Effect    : 9/10 (jago! cuman sayangnya cuman bisa narget face up attack)
Overall : 9/10 (gambar nya keren, effectnya jago. Numbers pula. ngebuat kartu ini jadi layak untuk dimiliki)


Oke deh, sekian dulu post singkat dari gw. semoga bermanfaat. kalau misal ada tambahan ide untuk kombo Ragna Zero ini, bisa langsung dikomen disini. dan karena sudah mengimplementasi fitur FB, bisa langsung komen deh XD

Thx for Reading and Happy Trolling 


-Ballibond-





0 comments:

Posting Komentar