Kamis, 23 Januari 2014

Card of The Week : No. 31 Abel's Doom & No.13 Cain's Doom

yo, kembali lagi dengan Ballibond disini! disesi Card of The Week minggu ini, kita lagi-lagi akan ngebahas kartu baru yang akan dirilis Konami. tidak hanya satu, tetapi langsung dua! tapi tenang saja, meski mereka dua kartu yang berbeda, efek mereka saling melengkapi. bahkan kenyataannya, mereka berdua tidak bisa dipisahkan. justru kalau mereka dipisahkan, mereka akan lemah (apa sih....)

oke, cukup lah basa-basinya haha. langsung aja kita reveal 2 kartu yang akan direview minggu ini. cekidot!


No.31 アベルズ・デビル
Rank 1/Dark/Fiend/Xyz/Effect
2 Level 1 monsters

"Once per turn, during either player’s turn: You can detach 1 Xyz Material from this card; change all monsters your opponent controls to face-up Attack Position, also all monsters your opponent currently controls must attack this card during this turn, if able. If you control "Number 13: Cain's Doom", this card gains these effects. ● While this card has Xyz Material, it cannot be destroyed by battle or card effects. ● Your opponent takes any battle damage you would have taken from battles involving this card and an attacking monster your opponent controls."

Card Set : PP16-JP015 (Premium Pack 16)


No.13 ケインズ・デビル

Rank 1/Dark/Fiend/Xyz/Effect
2 Level 1 monsters
"Once per turn, during either player’s turn: You can detach 1 Xyz Material from this card; change all monsters your opponent controls to face-up Attack Position, also all monsters your opponent currently controls must attack this card during this turn, if able. If you control "Number 31: Abel's Doom", this card gains these effects. ● While this card has Xyz Material, it cannot be destroyed by battle or card effects. ● Your opponent takes any battle damage you would have taken from battles involving this card and an attacking monster your opponent controls."

Card SetPP16-JP014 (Premium Pack 16)

Kalau sepintas kita melihat efek dari kedua kartu diatas, kita mungkin berpikir kalau 2 kartu ini sok romantis banget. mereka mesti terus dua-duaan. kalau salah satu diantara mereka gak ada, maka yang satu lagi akan jadi lemah banget. tapi kenyataannya tidak demikian, kalau kita perdalam asal dari kartu ini, maka kita akan tahu kalau mereka berdua tidaklah seromantis yang kita pikirkan.

berdasarkan wikipedia Abel dan Cain adalah nama dari anak pertama Nabi Adam. nama mereka berdua menjadi terkenal sampai sekarang karena melakukan perbuatan pembunuhan pertama dalam sejarah manusia. Cain membunuh saudaranya sendiri, Abel. karena perbuatan yang dilakukan Cain itulah yang membuat nama mereka menjadi terkenal sampai dengan sekarang, sungguh ironi, mengingat mereka berdua sebenarnya adalah saudara 

oke, balik lagi ke Yugioh, Konami tampaknya memang sengaja menggunakan nama Abel dan Cain untuk menamai 2 monster XYZ ini. dikemunculan perdananya di komik, yaitu Yugioh Zexal Manga chapter 30, disitu diperlihatkan bahwa kedua XYZ ini muncul secara tiba-tiba dari dalam extra deck mereka setelah masing-masing mentrigger syarat mensummon mereka berdua, yaitu saling membunuh (dalam game CCG, itu artinya mengurangi LP musuh sampai dengan setengahnya). nah, dua monster XYZ ini memaksa Kaito dan Shark untuk saling serang tanpa bisa melakukan apapun selain itu. dari awal kemunculannya, XYZ ini memang dibuat untuk saling bunuh. sama persis dengan kisah asli dari Cain dan Abel.

dan ketika kedua kartu ini dirilis sebagai kartu real life, mereka tetap mempertahankan efek memaksa musuh untuk menyerang. dan juga efek Immunity  kalau mereka ada di field tetap dipertahankan. itulah alasan kenapa dua kartu ini tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. dan itu bukanlah hal yang romantis, melainkan kutukan. 

Setelah panjang lebar menjelaskan sejarah Abel dan Cain. kini saatnya kita membahas efek kartu tersebut. mereka berdua memiliki efek yang sama persis dan untungnya, syarat memanggil mereka cukup mudah. yaitu 2 monster level 1 tanpa restriksi apapun. ini tergolong cukup mudah untuk dilakukan. di deck-deck yang memainkan level 1, kita bisa memanggil kartu-kartu diatas.

tapi bagaimana caranya kalau kita mau memanggil 2 mosnter ini dalam waktu bersamaan? cukup sulit mengingat itu artinya kita butuh 4 monster di field untuk di overlay menjadi Abel dan Cain's Doom ini. namun jangan khawatir, kalau lu ngebet untuk memanggil 2 monster ini, ada satu archetype yang bisa melakukannya dengan mudah. Archetype itu adalah Duston


"Hell yeah, kita kembali dibahas guys~"

sama seperti yang pernah gw bahas di artikel Goblin Duston OTK, kombo Duston kali ini juga menggunakan kartu House Duston. efeknya yang mampu menspecial summon monster Duston sebanyak mungkin di field (dengan syarat jumlah di field musuh dan kita harus sama), memudahkan kita untuk memanggil dua XYZ diatas. 

berikut dijelaskan secara bertahap cara memanggil Abel & Cain Doom di deck Duston

1. Summon House Duston ke field, tabrakkan monster kecil itu ke monster musuh (asumsikan Blue Eyes)
2. efek House Duston, special summon masing-masing 4 duston di field. (di field musuh 1 Yellow Duston, 1 Blue Duston, 1 Red Duston, 1 Duston House sementara di Field kita (3 White Duston, 1 Duston House)
3. Setelah ada 4 Duston di field kita, overlay masing-masing 2 Duston untuk menjadi No. 31 Abel's Doom dan No.13 Cain's Doom
4. selamat menikmati Abel dan Cain di field dengan cukup 1 kartu saja

nah selanjutnya, berkat adanya 2 monster XYZ itu diarena, mereka berdua jadi tak bisa dihancurkan, baik karena efek maupun battle. ditambah lagi efek Masochist mereka memaksa monster musuh untuk menyerang terus menerus. sangat menyiksa sekali bukan?

lalu selanjutnya gimana? kalau mau lebih sadis lagi, dan memaksa musuh untuk stalling selama-lamanya, kita bisa kombinasikan dengan kartu ini


宇宙の収縮

"You can only activate this card when both you and your opponent each have 5 or less cards on the field. As long as this card remains face-up on the field, the total number of cards that each player can have on the field is 5."

 kartu jadul ini sangat berguna di situasi ini. dengan asumsi musuh cuman ada 5 monster (1 monster asli dan 4 duston), kita aktifkan trap ini untuk memaksa musuh untuk tidak bisa melakukan apapun. bahkan mengeset kartu sekalipun. berkat trap ini, musuh dipaksa bermain dengan 5 kartu saja di field. dan itu sudah penuh dengan kuota monster-monster duston kita. dan karena Duston Ranger itu memiliki efek tidak bisa dipakai untuk XYZ, tribute summon maupun synchro, musuh tak bisa melakukan apapun untuk menghilangkan mereka. sadis bukan?

yak, terakhir seperti biasa, kita akan memberi score kartu ini secara keseluruhan

Artwork (8/10)
"artwork Abel dan Cain yang saling berpandangan dan masing-masing bawa senjata membuat kartu ini makin epic"
Effect (6/10)
"kurang bagus karena mereka tidak sepenuhnya imun terhadap gangguan, masih bisa di compul, lava golem, dll"
Total (7/10)
"kartu XYZ bagus untuk deck-deck stalling (terutama yang memakai monster level 1 dalam decknya)"

oke deh, sekian dulu post Card of The Week dari gw. semoga artikel ini memberikan inspirasi bagi kita semua. thx for reading and happy trolling 

-Ballibond-




0 comments:

Posting Komentar