Minggu, 12 Januari 2014

Spirit Herald, +1 Fairy Every Turn.

Hi, ketemu lagi sama Mobi~

Kali ini mau ngebahas tentang salah satu varian deck yang paling annoying di Yu-Gi-Oh!, yaitu Herald of Perfection, atau biasa disebut Herald aja.

Biasanya Herald dimainkan berpasangan dengan engine Agent, tapi karena gw udah bosen akhirnya nyoba cari varian baru. Terus nemu deh pas lagi lurking di Pojo, yang namanya Spirit Herald.


Herald of Perfection sendiri sudah lama terkenal sebagai deck yang controlnya sangat kuat, dia bisa me-negate efek monster, spell, maupun trap kapanpun dengan cost discard 1 fairy dari tangan. Ditambah dengan defense 2800 menjadikan Herald of Perfection salah satu tembok pertahanan paling sulit ditembus di Yu-Gi-Oh! *ceileh

Tapi Herald punya satu masalah, yaitu dia sering kehabisan amunisi monster fairy untuk didiscard dari tangan. Aratama bisa membantu mengatasi masalah tersebut dengan mencari Spirit yang ber-type Fairy dari deck ke tangan hanya dengan normal summon aratama. Karena aratama sendiri adalah monster spirit, dia akan kembali di end phase, dan next turn bisa kita summon & search lagi sehingga tiap turn ada tambahan 1 fairy ke tangan untuk amunisi Herald.

Tentu saja Spirit Fairy yang kita search juga memiliki efek jago yang membuat mereka worthy untuk digunakan, bukan hanya numpang lewat jadi amunisi Herald. Penasaran Spirit apa aja yang kita gunakan? Yok kita langsung masuk deck list. Oh ya, list ini berdasarkan Banlist OCG, karena ada beberapa kartu yang rilis di LVAL dan belum bisa digunakan di ranah TCG.



3x Manju of the Ten Thousand Hands
3x Herald of Perfection
2x Gyakutenno Megami

3x Aratama
3x Nigitama
2x Izanami
2x Rasetsu
2x Yaksha

2x Archlord Kristya
3x Herald of Orange Light

2x Advanced Ritual Art
1x Dawn of the Herald
2x Preparation of Rites

3x Mystical Space Typhoon
3x Upstart Goblin

2x Creature Swap
2x Legacy of Yata-Garasu

Pas 40 kan? Yok kita bahas dari yang paling atas.

Tujuan utama deck ini adalah Summon Herald of Perfection secepat mungkin, lalu negate play musuh yang berbahaya, sambil ngejaga jumlah fairy di tangan. 3 Manju itu staple di deck ritual, karena dia menambah konsistensi dan chance summon Herald 1st turn. Herald tentu saja bawa 3 karena dia win conditionnya. 2 Gyakutenno Megami untuk Persyaratan Advance Ritual Art.

"You only have one job."
Aratama adalah searcher Fairy kita. meskipun type-nya Fiend dan ga bisa di-discard herald, tapi bisa search 1 Fairy tiap turn itu terlalu jago. Nigitama adalah Spirit terbaru dari LVAL, perannya ga kalah penting sama Aratama. Efeknya saat dia di-normal summon kita bisa extra normal summon 1 spirit monster dari tangan.  Dengan Nigitama, kita bisa mengakses xyz rank 4 dengan mudah. Selain itu saat Nigitama disend ke graveyard (termasuk sent as cost & detached as xyz material) apabila di field kita ada monster face-up spirit monster, kita bisa draw 1. Cukup sering kepake kok efek draw 1-nya ini.

Izanami berfungsi meningkatkan konsistensi hand. Kalau di hand ada spell yang tidak terpakai, bisa kita buang untuk add 1 Fairy Spirit ke tangan. Izanami juga bisa mengontrol grave untuk summon Kristya. Rasetsu bisa mengembalikan monster-monster problem/annoying kembali ke hand/extra deck dengan syarat reveal 1 spirit dari tangan saat disummon. Yaksha juga berguna untuk mengembalikan spell/trap yang mengganggu kembali ke tangan.

Archlord Kristya adalah Big Boss kita. Kayaknya gw belum pernah kalah kalo di field udah ada Herald + Kristya, negate apapun + prevent special summon itu terlalu kuat. Dengan adanya Izanami dan Akses ke Daigusto Emeral yang lebih mudah berkat Nigitama, memenuhi kondisi 4 Fairy di grave pun tidak terlalu sulit. Herald of Orange Light berguna sebagai backup negater kalau Herald belum disummon atau musuh jalan duluan.

Btw, percayakah anda kalau sebenarnya Kristya itu cewek?
Untuk ritual spell-nya kita pakai 2 Advanced Ritual Art dan 1 Dawn of the Herald. Meskipun idealnya adalah ritual summon dengan Advanced Ritual Art, tidak ada salahnya membawa 1 Dawn sebagai backup plan. 2 Preparation of Rites juga menambah chance 1st turn Herald.

3 Mystical Space Typhoon untuk spell/trap removal, 3 Upstart Goblin juga menambah chance 1st turn Herald.

2 Creature Swap untuk mengatasi monster-monster gede/annoying, sekaligus memanfaatkan spirit monster yang kembali ke hand kita di end phase. Nuker BLS yang baru aja ngebunuh herald kita sama aratama itu nikmat luar biasa :v Legacy of Yata-garasu sebagai drawer tambahan, Abis nuker BLS musuh sama aratama kita, aktifin ini, draw 2. Itung sono plus berapa :v

Untuk Extra deck-nya silakan diisi xyz-xyz rank 4 yang dirasa penting. Namun yang wajib & paling sering digunakan adalah Lavalval Chain & Fairy Cheer Girl. Lavalval Chain sangat menambah konsistensi deck ini, dan gunanya pun banyak. Fairy Cheer Girl sebagai drawer & beater.

Ayo, kamu pasti bisa. Tinggal 6 kartu lagi di tangan yang bisa di-discard herald. Jangan menyerah.
Gimana udah kebayang decknya kayak gimana? Kalo blom, coba liat skenario-skenario cuan berikut ini :v
  • 1st Hand Nigitama, Aratama & Preparation of Rites. NS Nigitama, Extra NS Aratama, search spirit fairy. XYZ Summon Nigitama & Aratama jadi Lavalval Chain. Lavalval Chain detach 1, dump Advanced Ritual Art. Aktifkan Preparation of Rites, add Herald of Perfection & Advanced Ritual Art.
  • Lavalval Chain punya material Nigitama, summon spirit apapun, Lavalval Chain detach Nigitama taruh kristya ke top deck. efek Nigitama aktif, draw kristya.
  • Di grave ada nigitama, di tangan ada nigitama & izanami. Summon Izanami, efek Izanami discard Nigitama dari hand untuk add Nigitama kedua dari Grave, draw 1. Repeat next turn.
That's it, sekian saja untuk kali ini. Have fun mencoba-coba deck ini. See you next time :D

0 comments:

Posting Komentar