Rabu, 29 April 2015

Types of Siding

Oke, seperti yang gw janjikan gw akan membahas beberapa jenis siding. Kalau di bahasan sebelumnya lebih mengarah kepada cara membangun siding dan mengenali lebih dekat hubungan antara kartu siding-mu, main deck mu, dan deck lawan. Untuk kali ini gw akan bahas jenis siding yang bisa kalian terapkan di strategi siding kalian.

Oke, let's start...

Sebelum membahas jenis-jenis siding, gw mo ngenalin 2 tipe kartu pada umumnya di kartu-kartu siding kalian, yaitu:

1.Generic

Kartu-kartu ini biasa dimasukkan untuk counter strategy beberapa lawan sekaligus. Contoh : "Royal decree" untuk melawan heavy backrow berupa trap. Jadi bisa dikatakan kartu tipe generic memiliki beberapa fleksibilitas dalam counter beberapa deck sekaligus, walopun memiliki spektrum counter yang luas tentunya memiliki kelemahan dalam melawan deck-deck tertentu, jadi sering di rasa kurang tepat dan biasanya jika kamu menemui worst matchup kamu, mungkin kamu perlu mempertimbangkan tipe kartu siding selanjutnya.



2.Specific 

Kartu pada tipe ini memiliki tujuan untuk menghancurkan combo terkuat lawan, seperti peluru yang langsung mengarah ke jantung, hehe..lebay Sebagai contoh: "Mirror of the Ice Barrier" melawan "The Necloth of Trishula" karena mungkin dari deck biru (read : deck Necloth) tersebut yang kamu takutkan hanya "The Necloth of Trishula", memang kartu tipe ini memiliki power yang langsung bisa merusak combo lawan, tapi 2 kelemahan yang mudah terlihat adalah begitu kartu siding tipe ini sudah dipelajari lawan, maka bagi lawan akan berhati-hati agar tidak terkena kartu siding kamu dan yang kedua tentunya kartu tersebut lemah atau tidak bisa digunakan untuk melawan deck lainnya.

Setelah kalian mengerti tipe kartu dalam siding kalian, mungkin mulai terbayang cara menyusun kartu-kartu siding dan mengklasifikasikannya berdasarkan meta kalian.

...
Oke, next yang kalian tunggu-tunggu...

Beberapa tipe-tipe siding berikut seringkali dijadikan satu pada strategy siding kalian khususnya poin 1-3, oke to the point #literally

1. Matchup

Tipe siding yang paling umum digunakan, tipe ini menggunakan kartu-kartu untuk melawan problem-problem yang ditimbulkan oleh deck lawanmu. Sebagai contoh: karena deck-mu lemah terhadap tipikal swarming deck seperti deck "Lightsworn", "Chaos Dragon", atau "Six Samurai" kamu bisa menggunakan kartu generic seperti "Vanity's Emptiness" ataupun bisa kamu counter secara specific ke masing-masing deck. Disarankan untuk memprioritaskan kartu generic jika memang meta di tempat kamu memiliki varietas deck yang beragam.

2. Toolbox

Tipe siding ini mirip seperti poin sebelumya, tapi ada unsur yang membuatnya berbeda. Bisa dilihat dari komposisi side deck yang di bawa banyak tapi memiliki copy yang sedikit.
Contoh :
1x Compulsory Evacuation Device
1x Bottomles Trap Hole
1x Mirror Force
dari contoh komposisi side deck di atas, terlihat membawa 3 monster removal trap yang masing-masing hanya 1 copy. Cara ini untuk saling menutupi ketidak-efektifan satu dengan yang lain untuk melawan beberapa bahkan mungkin banyak deck.

3. Counter-Siding

Biasanya dilakukan oleh deck-deck Tier 1, namun seringkali cara ini berhasil untuk menanggulangi konsistensi deck kita yang diganggu oleh siding lawan. Cara ini biasanya dilakukan oleh pemain yang paham betul bahwa lawan akan memasukkan kartu-kartu side generic untuk melawan deck kalian dan kalian akan memasukkan kartu-kartu untuk melawan siding kartu lawan. oke..itu ribet
Biar gk ribet, gw kasih contoh: kalian pengguna deck "Stellarknight" dan tidak asing jika lawan akan counter generic card semacam "Light-Imprisioning Mirror", dengan mengetahui hal tersebut kalian bisa siding kartu semacam "Twister" untuk menghancurkan siding kartu lawan.

4. Deck Changing

Istilah yang mungkin lebih dikenal adalah smokescreen (kabut asap), tehnik yang di pakai militer untuk berusaha kabur ataupun menutupi lokasi agar memiliki keunggulan visual yang tidak disangka-sangka oleh lawan. Taktik ini memiliki kelebihan sulit di "baca" permainannya oleh lawan, tapi seperti pedang bermata dua, kalian sendiri juga bisa dibuat bingung karena kalian harus menguasai 2 deck yang berbeda dan memiliki combo yang berbeda. Smokescreen lebih mudah dilakukan pada deck-deck yang memiliki engine kartu utama sedikit dan lebih memudahkan jika tidak melebihi 15 kartu. Dan tidak lupa, kartu-kartu support antara main deck dengan kartu-kartu di siding tidak ada yang bertentangan.
Berikut beberapa engine yang bisa di jadikan smokescreen:
a) Volcanic (9-12 kartu)
b) Malefic Skill Drain (6-11 kartu)
c) Yosenju (9-12 kartu)

d) Chain Burn (12-15 kartu)
e) dan masih banyak lagi #peace

Oke next gw akan bahas accelerated deck, pengaruhnya terhadap kompetisi meta, dan tentu saja pemilihan siding di deck tersebut.


Keep spirit, Keep Duel

edo1989 

Sumber : Berbagai bacaan di YGOrganization, Pojo, Neoseeker, dan pengalaman pribadi.

0 comments:

Posting Komentar