Selasa, 19 Juli 2011

art of side decking part 1


"ever seen this card before?"



halo, ballibond is back. setelah seminggu kurang hiatus :D. setelah liburan panjang, mari kita buat 1 post yang isinya cukup serius yaitu bagaimana cara membuat side deck dengan baik dan benar.

A: kak, aku mau buat siding, tapi gak ngerti mau siding apa
B: gw pengen buat siding, tapi bingung mau siding apa
C: siding? deck gw sudah kuat kok. hahahaha!!

ketiga contoh diatas menunjukkan bahwa sedikit orang mengerti tentang side deck. ada yang merasa gak butuh, namun ada juga malah yang tidak mengerti side deck itu apa dan gunanya apa. nah karenanya, dalam kesempatan kali ini, mari kita membahas tentang side deck itu sendiri.

check this out!!

apa itu side deck?





side deck ialah kumpulan kartu diluar main deck yang bisa dimasukkan kedalam deck selama jeda game.( antara game 1 dengan game 2 atau game 2 dengan game 3)/ yah, anggap aja sebagai kartu cadangan lah. jadi seperti namanya, kartu ini berfungsi menggantikan kartu yang ada di main deck. dan karena bersifat cadangan, memasukkan kedalam deck juga tidak harus. cukup masukkan kartu yang penting saja. di dalam sepak bola pun demikian bukan? buat apa kita ganti player kita dengan player lain yang tidak membawa pengaruh kedalam permainan? merepotkan saja bukan?

nah, side deck itu sendiri jumlahnya dibatasi. hanya 15 kartu saja. jadi, sebisa mungkin pilihlah sebijak mungkin kartu apa yang mau dimasukkan dalam grup side deck.

dalam membuat siding, pertama kita harus tahu dulu guna siding itu apa

1. untuk melawan deck yang gak atau sulit dikalahkan dengan kartu2 yang ada di main deck
2. untuk memecah atau mencegah kombo musuh jalan
3. untuk mengantisipasi side deck lawan


dari ketiga hal ini, yang paling sering orang masukkan dalam side deck ialah untuk nomor 2. misalkan saja, vs gravekeeper. orang mungkin akan menyadari bahwa gk jago klo cuman ada necrovalley. sehingga orang akan side dust tornado atau mst kedalam side deck
pokoknya, orang biasanya side kartu2 yang dipakai untuk matiin deck lawan. misal kinetic soldier untuk melawan six samurai, power filter untuk melawan junk doppel. dll

setelah itu, masalah lain yang timbul ialah, saat kita side in, kartu apa yang perlu di side out? pertanyaan ini lebih sulit dibandingkan dengan memilih kartu mana yang mau diside in. kita dengan mudahnya mengatakan bahwa klo lawan six sam side aja puppet plant, kinetic, bla bla bla. terus saat mau siding, kita malah bingung kartu apa yang mau digantikan dengan kartu siding kita.
oleh karenanya, saya menyimpulkan bahwa dalam melakukan siding diperlukan beberapa hal diantaranya

1. siapkan side deck yang menurut anda dapat membantu main deck anda dalam melawan musuh
2. setelah mengetahui kartu mana yang mau di side in, tentukan kartu-kartu mana yang menjadi dead card alias kartu mati (istilah kasarnya gak guna) ketika melawan musuh
3. pastikan jumlah kartu yang anda side, sama dengan kartu yang anda side out
4. beritahukan bahwa side deck anda tetap 15 , tidak perlu memberitahukan jumlah side card yang anda masukkan. yang penting jumlah side deck kita tetap 15.


so, untuk contoh side deck. saya berikan contoh side deck saya

side deck for hero beat past sd 2011

2 gozen match
2 cyber dragon
2 d.d. crow
2 summoning curse
2 chaos trap hole
1 malevolent catastrophe
1 penguin soldier
1 effect veiler


kira2 begitu aja part 1 dari tulisan ini semoga membantu para pembaca dalam memahami side decking itu.

thx for reading and happy trolling

0 comments:

Posting Komentar