Selasa, 12 Juli 2011

Era of Exceed

Beware of Exceed Monster!!


sekarang tanggal 12 ya? berarti starter deck 2011 udah rilis donk? wah berarti udah masuk jaman exceed ya? hahaha


sudah pada tau kan yugioh zexal? itu lho. anime atau lebih tepatnya tempat promosi kartu baru konami durasi 30 menitan yang pemeran utamanya umur 14 tahun. dia menjadi pemeran utama termuda dalam sejarah per yugioh-an. dengan bantuan astrall, spirit partner yang keluar dari segel gerbang yang dibuka pemeran utama di episode 1, mereka bekerja sama mencari Numbers card dan dimulailah petualangan yuma dalam cardcaptor yuma! ah, maksud saya yugioh zexal.



dalam anime ini, dikenalkan sebuah mekanisme summon baru yang dinamakan exceed summon atau xyz kalau mau bahasa 4L@y nya. exceed summon ini terhitung sebagai special summon. dan kartunya sendiri berada dalam extra deck. sama seperti kartu fusion dan synchro.

btw, gimana sih ruling-ruling dasar dari exceed monster. mari kita "jelajahi" lebih lanjut bersama-sama.




klo kata abang wikia :

  • An Xyz Summon (pronounced ik-seez, エクシーズ召喚, Ekushīzu Shōkan) is the Special Summon of an Xyz Monster from the Extra Deck.
  • Xyz Summons can be conducted when there are two or more monsters of the same Level on the field. Those monsters can be used as Xyz Materials to Summon an Xyz Monster whose Rank is the same as the Levels of the monsters used.
  • In order to Xyz Summon an Xyz Monster, you must first take the required Xyz Materials face-up on your side of the field and stack them together. Then, the Xyz Monster is Xyz Summoned from your Extra Deck, and placed on top of the stack.
  • Xyz Materials are not sent to the Graveyard. Instead, they are placed on the same Monster Card Zone beneath the Summoned Xyz Monster.
  • The respective Battle Positions of the Xyz Materials do not matter, so long as they are all face-up. However, once you have Xyz Summoned your Xyz Monster, ensure that the entire stack is neatly aligned in face-up attack position, regardless of whether or not the Xyz Monster is summoned in face-up ATK or DEF position.
  • An Xyz Summon is a type of Special Summon, and an Xyz Monster is a Special Summon-Only monster.
  • Some effects may require you to remove Xyz Materials from an Xyz Monster. In this case, the required Xyz Materials are taken from beneath the Xyz Monster in question and sent to the Graveyard. Be wary though, as some such effects may have a downside if an Xyz Monster have no Xyz Materials left beneath it.
  • Xyz Materials are not considered 'on the field'. Therefore, an effect such as that of "Sangan" will not trigger, while effects such as "Dandylion's" will still trigger (different from "Sangan" in that it does not have to enter the Graveyard from the field to get its effect). Also if a 'revived' Monster like "Quillbolt Hedgehog" or "Plaguespreader Zombie" is used as an Xyz Material and sent to the Graveyard, it remains in the Graveyard.
  • Note that an Xyz Monster Special Summoned via any means other than an Xyz Summon will not have any Xyz Materials beneath it. Therefore, any negative effects that might apply to an Xyz Monster in such a state will be applied immediately.
  • If an Xyz Monster is flipped face-down, the Xyz Materials beneath it are not sent to the Graveyard.
  • If a card that would banish cards sent to the graveyard (such as "Macro Cosmos" or "Banisher of the Radiance") is in effect, when an Xyz monster is destroyed/removed from the field the Xyz Materials beneath it are banished. However if an effect that would banish a Monster(s) on the field (like "Dimensional Fissure") is activated, only the Xyz Monster will be affected. The Materials used will be sent to the Graveyard.
  • In OCG/TCGTrap Monsters can be used as Xyz Materials, but not Token Monsters.
  • Similar to how players say that they "Tune" their monsters to perform a Synchro Summon, players would state that they "Overlay" their selected monsters to perform an Xyz Summon.

oke sekian kata bang wikia, dari beberapa ruling diatas, yang perlu kita cermati ada beberapa hal. yang pertama adalah monster yang diexceed levelnya harus sama. klo gak sama, gak boleh diexceed, tapi boleh disynchro kalau salah satunya ada tuner. atau sekalian saja dikorbankan buat summon monster level gede. yang kedua, monster yang jadi exceed material, tidak terhitung berada di arena. anggap aja overlay unit (istilah alay untuk exceed material ) nya lagi di awang-awang. jadi efek semisal sangan yang jalan dari field gak bisa jalan. gimana mau jalan? sangannya kan di awang-awang? :v nah, beda dengan efek macam dandylion. dia kan gak minta dari arena. jadi dari awang-awang juga boleh untuk menjalankan efeknya,  

selain itu yang perlu diingat ialah, exceed material ikutan masuk kuburan klo exceed monsternya masuk grave. dan ingat, materialnya bukan diitung dari field, tapi sekali lagi di awang-awang. dan klo ada kartu macam dimensional fissure. exceed material tetap masuk grave. oh iya, efek-efek macam quilbolt dan psz yang jalan dari field juga bakalan reset lho klo dijadikan exceed material. so, klo mau abuse efek psz. gunakan exceed rank 2.


sudah basa-basinya, sekarang kita menuju ke tutorial bodoh bagaimana cara summon exceed monster. di tempat lain pasti udah dijelaskan bagaimana cara summon exceed. akan tetapi, disini kita akan cari cara "funky" nan juga epic untuk summon exceed monster

untuk rank 4, kita tau klo mau gampang pake saja gravekeeper spy, summoner monk atau bahkan rescue rabbit. akan tetapi, disini akan diberikan contoh gampang summon exceed. 

pertama-tama kita butuhkan kartu berikut ini

"lets party!!"

effect : "When this card is Normal Summoned or flipped face-up, you canSpecial Summon 1 "Batteryman AAA" from your hand or Graveyard."

yak, monster funky suka joget ini akan kita jadikan contoh melakukan exceed summon. caranya gampang. normal summon battery AAA dan special summon battery AAA lagi dari hand atau graveyard. tapi pertanyaaanya, gimana caranya biar battery AAA ada ditangan bersamaan? make foolish burial buang AAA terus sangan bunuh diri add AAA? repot gan. sekarang ada cara gampangnya. karena konami berbaik hati memberikan support buat battery yaitu kartu ini!

Masih OCG ya?

effect : "Return 3 LIGHT monsters from your hand to the Deck. Then, add up to 3 Level 4 or lower LIGHT monsters from your Deck to your hand. If you add 2 or more cards to your hand, they must have the same card name."

eya, kartu baru dari set photon shockwave inilah yang akan memberikan warna baru untuk deck batteryman. caranya gampang lho. aktifkan kartu ini, balikin 3 monster light kita apapun, terus add 3 batteryman AAA. dan mulailah kita summon battery AAA buat summon battery AAA lagi dari hand. dan BOOM, 2 monster level 4 tersedia di arena untuk di exceed. 

btw, exceed emang apa aja ya untuk rank 4? oh jelas ada banyak. konami memberikan setidaknya banyak alternatif untuk exceed rank 4 ini. diantaranya.

"saya kartu pemeran utama!!"




exceed yang bisa anda dapatkan dari Duel Terminal 12

yak, masih banyak kok exceed rank 4 yang dibuat ama konami. misalkan saja, inverz roach. oh tinggal itu aja ya? :v klo gambarnya cari sendiri ya. 

btw, tadi dicontoh batteryman kan kita add 3 AAA. dan kita cuman pake 2 AAA, terus satunya nganggur donk? tenang saja agan-agan. karena AAA yang nangkring ditangan itu bisa digunakan untuk exceed rank 4 lagi. ingat!! efek AAA juga bisa special summon dari grave lho. makanya ntar AAA yang ditangan buat revive AAA di grave dan kembalilah kita exceed rank 4, 

takut minus hand? tenang saja karena konami sudah sejak lama memberikan support card buat batteryman yaitu

"terbang!!"

effect : "Add 2 Thunder-Type monsters with 1500 or less ATK from yourGraveyard to your hand."

tuh kan enak. aktifin spell ini dan add 2 AAA. dan sisa satunya biarin aja di grave karena kita akan revive lagi dengan AAA yang baru saja kita add. plus bukan? 

karena menarik, mungkin saja di post saya selanjutnya saya akan membahas lebih dalam mengenai batteryman archetype. sekarang kita fokus ke bagaimana exceed summon secara funky dan unik. 

oh, untuk cara-cara funky lainnya. kita kasih preview singkat aja ya?

1. di deck flamvell, gunakan kombo standar mereka yaitu 


+


kombo klasik flamvell sejak zaman synchro merajalela


2. di deck dinosaurus, gunakan monster ini

"aku benci air!!"

atau

"aku benci api!!"

kedua monster ini efeknya sama lah. klo ancurin monster by battle, special summon monster dari deck. klo kasus jurac guaiba. dia special summon jurac atk 1700 kebawah dan bisa diri dia sendiri. klo hydrogeddon special summon hydrogeddon lainnya dari dek. dan jadilah 2 monster level 4 yang siap untuk di exceed

oh mungkin ini bersambung dulu karena kepanjangan klo mau nulis exceed rank laen. see you in next post

thx for reading and happy trolling









2 comments:

Anonim mengatakan...

wasu, batteryman exceed.. jadi pengen bikin post ttg itu :v

thx idenya bon :v

Afgr mengatakan...

batteryman! akhirnya era yang ditunggu untuk kebangkitan batteryman saya muncul juga huahahaha

Posting Komentar