Senin, 11 Juli 2011

galau duality part 2


"halo, saya kartu imba..."



oke, menyambung pos kemaren mengenai galau duality, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai kartu apa saja yang efeknya bisa menggantikan peran duality dalam suatu deck.

sebelum menjelaskan kartu2 tersebut, mari kita pahami cara kerja kartu duality itu sendiri. menurut gw, kartu duality jago karena efeknya yang  bersifat "menggali", menggali disini maksudnya menemukan pecahan kombo yang masih terdiam dalam deck (ceileh, bahasanya). dengan menggunakan duality, kita dapat mempercepat terkumpulnya kombo dari deck. misalkan di deck gravekeeper. di tangan ada royal tribute, dengan duality, kita bisa mencari necrovalley-nya atau gravekeeper's commandant yang efeknya add necrovalley. atau di deck hero, di tangan ada alius, kita bisa cari gemini sparknya. dan lain-lain.

so, kartu ini bersifat untuk mempersiapkan kombo, bukan gamebreaking macam dark hole atau reborn ya. jadi, kartu apakah yang efeknya bisa disamakan dengan duality? check this out!!




1. crystal seer

"bola kristal mengatakan.. POD ban!!!"

card effect :"FLIP: Pick up 2 cards from the top of your Deck. Select 1 of those cards and add it to your hand, and place the other card on the bottom of your Deck."

liat efeknya? mini duality in monster form. add 2 kartu pilih 1. mungkin ini cikal bakal dari duality. efeknya yang lumayan mirip bisa menggantikan peran duality. dan dia water lho!! di deck hero, water sama dengan menguntungkan karena bisa jadi bahan absolute zero. di deck lain? masih menguntungkan karena efeknya ini. dan satu hal, kartu ini tidak menyebabkan kita shuffle deck. so, tidak bisa stacking deh. di deck x-saber mungkin bisa dipakai 1 atau 2. atau sekedar bluff untuk nobleman musuh.

2.  magical merchant

"its not a bug's life!!!"

effect : "FLIP: Pick up cards from the top of your Deck until you pick up aSpell Card or Trap Card. Add that card to your hand. Send the remaining cards to the Graveyard."

mungkin efeknya beda jauh ama duality, tapi saya kira guna akhirnya sama. di beberapa deck seperti junk doppel dan lightsworn, monster dimill ke grave itu tidaklah menjadi masalah. mereka bahkan senang kalau monster mereka lebih cepat masuk dalam grave. misal di deck lightsworn, semakin cepat monsternya masuk grave, semakin cepat naga kumis ini keluar

"kumis beracuuun!!!"

di deck junk doppel. mungkin memakai kartu ini tidak masalah, akan tetapi di deck kontrol macam gravekeeper atau hero, memakai kartu ini merupakan ide buruk. membuang monster ke grave belum tentu baik bagi deck. gunakan 1-2 di deck yang perlu grave cepat. gunakan 0 untuk deck control


3. juracc dino



si ganteng yang tidak lupa akan cangkangnya

card effect :Once during each player's End Phase, if this card destroyed an opponent's monster by battle this turn, you can Tribute 1 "Jurrac" monster to draw 2 cards.

oke, ini monster efeknya jauuuh banget dari pot of duality. dibandingkan add satu kartu, dia malah berefek draw 2 dengan tribute 1 jurak. tapi disinilah asyiknya. monster ini bisa men-tribute dirinya sendiri untuk mengaktifkan efeknya. dan -1 untuk draw 2 itu masih terhitung +1 lho. btw, kartu ini saya kira cocok untuk dek2 anti meta macam hero, macro, dll. karena draw 2 itu penting demi menjaga amunisi tangan. salah satu kelemahan deck hero kan cepat habis tangan. makanya dengan adanya kartu ini, tangan kita tidak cepat habis. enak bukan? dan untuk menjalankan efeknya, pakai saja bantuan kartu2 lain semisal forbidden lance, shrink yang membuat attack monster lawan menciut. dan tumbur saja dengan monster ini. selesai bukan? :v
gunakan 1-2 untuk epic2an. gunakan 0 kalau merasa kartu ini gak guna. btw, dia ini tuner lho. bisa digunakan untuk synchro jadinya. misal black rose. 

4. tidak ada

untuk nomor 4 ini, saya cuman ingin mengatakan bahwa tidak satu kartupun yang bisa menggantikan peran duality dalam deck secara 100% . sberapa hebat kartu penggantinya, tidak bisa menggantikan peran duality sebagai penjaga konsistenan deck. 

daripada memikirkan pengganti duality, lebih baik kita gantikan duality dengan spell trap lain. misalkan saja destroyer backrow atau monster. pokoknya tidak membuat deck kita kewalahan melawan deck lain. misal di deck gravekeeper, tidak punya duality? lebih baik gunakan kartu lain yang effeknya juga jago. misalkan dust tornado, seven tools, atau bahkan DDV. 

jadikan ini kesempatan membuktikan bahwa deck tanpa duality pun masih bisa jalan. jangan sampai ada ucapan "wah, dek gw tanpa duality gak jago nih !!" atau lain-lain. mari kita syukuri apa yang kita punya. dan gunakan semaksimal mungkin. 

ingat, duality bukan kartu gamebreaking seperti crush card virus, jadi tak perlu kecil hari karena tidak punya atau tidak mampu beli

sebagai penutup, saya rasa segitu aja deh post saya. berhubung penulisnya masih tergolong noobs, mohon maaf apabila ada kesalahan pemahaman. jangan sampai setelah nulis ginian, malah diceramahi lagi atau malah digerebek massa karena menulis hal-hal yang tidak benar :v

sgitu aja, thx for reading and happy trolling

p.s : gw sendiri gak beli tin duality karena mahalnya imba :v


4 comments:

emjhe mengatakan...

lele surga FTW

Anonim mengatakan...

magical merchant lumayan bagus di deck chaos :3

dia light soalnya, dan (kadang) bisa ngemill banyak

rmat2004 mengatakan...

Font abu-abu muda + background abu-abu tua = bikin sakid mata @_@

V1ctory mengatakan...

bener apa yg dikatakan yg di atas

Posting Komentar