Rabu, 18 Januari 2012

Another Low Budget Deck Works: Vylon Sigma OTK

Belum lama ini TCG kembali kedatangan booster Hidden Arsenal 5 yang isinya berbagai macam archetype baru. Well, kalau dilihat-lihat, yang terkenal itu Gishki karena speed ritualnya, kemudian ada Gusta dengan pasukan-pasukan moe nya, Gem Knight yang di edisi selanjutnya akan dipenuhi Gemini monster dengan kemampuan loop dan tentunya Spark-able. Sisa 2 archetype yang kurang populer, Vylon dengan speed equipnya dan Inverz aka Steelswarm yang bakal broken dengan adanya Verz.

Well, secara keseluruhan yang sampai saat ini paling sampahan itu Vylon, karena sampai keberadaan Vylon yang terakhir pun playstylenya masih aneh, dan Vylon Disigma cuma digunakan di deck-deck lain... yang bahkan Vylon deck pun bingung gimana manggil dia. Dulu sempat terdengar kombo broken Vylon dengan kartu Vylon Element + Silent Rod Kay'est, tapi terbantahkan, kombo itu tidak valid karena miss timing dari effect Vylon Element. CMIIW.

Lho terus gimana cara main Vylon ini? Gambarnya menarik ini, robo-robo cahaya, mainnya juga equip card, unik. Umumnya deck-deck begini yang bikin duelist low budget dan casual tertarik mencoba membuatnya menjadi deck-nya. New player yang mencari signature card, playstyle, signature deck pun pasti menginginkan mampu menguasai deck unik macam ini.



....Skip aja basa basi gak guna diatas :v

===============================================================
OK, target saya di blog ini membuat deck yang low budget dan disenangi duelist-duelist baru. Ketika saya lagi iseng buka-buka Pojo dan Youtube, saya nemu video ini dengan gak sengaja:

"OOOH! TRIDENT WARRIOR! LEVEL WARRIOR!!!"

Wanjir, oom-oom Trident Warrior itu dikombo jadi OTK imba dengan 2 kartu! Isinya kebanyakan kartu cukup sampahan lagi. Level Warrior, Mage Power, Twin Sword Tryce.... Vylons. OTK dengan 2 kartu.

Misalkan perlu dijelaskan sedikit, jadi dasar kombo otk-nya adalah menggunakan efek monster Vylon Sigma:




1 LIGHT Tuner + 1 or more non-Tuner LIGHT monsters
When this card declares an attack, if it is the only monster you control: You can equip 1 Equip Spell Card from your Deck to this face-up card.






Vylon Cube
"If this card is sent to the Graveyard for the Synchro Summon of a LIGHT monster: You can add 1 Equip Spell Card from your Deck to your hand."


Twin Swords of Flashing Light - Tryce
"Send 1 card from your hand to your Graveyard to equip this card. Decrease the ATK of a monster equipped with this card by 500 points. A monster equipped with this card can attack twice during the same Battle Phase."

Efek ini berarti "setiap kali attack", karena itu ketika di equip dengan kartu Twin Sword Tryce, dia mampu mengambil 2 equip lagi dari deck. Ditambah dengan wordingnya yang seperti itu, apabila Tryce langsung di equip dari deck, maka tidak lagi diperlukan cost discard 1 kartu tangan. 2 Equip wajib lainnya tentunya adalah 2 Mage Power.

Seperti yang dilihat di Video tadi, memanggil Sigma pun begitu mudah dan instan.

Trident Warrior/Level Warrior/Musician King/Photon Thrasher + Cube = Vylon Sigma + 1 Equip

Yang paling mudah dan fleksibel digunakan adalah Photon Thraser, kartu baru dari set Order of Chaos. Tetapi bila budget luar biasa minim, Level Warrior pun dapat digunakan :v

Tuner cadangan pun ada Vylon Stella, meskipun tanpa efek add 1 equip ke tangan.

Sekarang masalahnya, bagaimana jika monster musuh dalam posisi defense? Ho tidak masalah, ada kartu equip ini (masih ocg =_=):


Vylon Component
Equip only to a "Vylon" monster. During battle between that equipped monster and a Defense Position, inflict piercing Battle Damage to your opponent. If this face-up card is sent to the Graveyard: You can add 1 "Vylon" Spell Card from your Deck to your hand.





Kalau dibelakang ada dimpris, mirror force bagimana? Ada kartu ini:



Vylon Filament

Equip only to a "Vylon" monster. If the equipped monster attacks, your opponent cannot activate any Spell/Trap Cards until the end of the Damage Step. If this face-up card on the field is sent to the Graveyard: You can add 1 "Vylon" Spell Card from your Deck to your hand.





Lho kalo yang di set Ryko kan bubar? Ada kartu ini juga :3 (walau masih ocg)


Vylon Segment

Equip only to a "Vylon" monster. It cannot be targeted by the effects of your opponent's Trap Cards or Effect Monsters. If this face-up card is sent to the Graveyard: You can add 1 "Vylon" Spell Card from your Deck to your hand.

Memiliki kartu yang salah ditangan saat mau memulai combo pun bisa diatasi dengan mengekuip dulu equip ini pada Vylon Cube sebelum melakukan Synchro Summon Sigma.

=================================================================
Kira-kira begitulah review kartu-kartu untuk combo OTKnya. Sekarang Decklistnya bagaimana? Berapa kira-kira bikin deck ini jadinya? Well, let's see... Build deck saya ini sangat standar (gak terlalu bagus =_=) dan cuma ngandalin 1 kombo ini saja, tapi budgetnya sangat minim sekali. mari gunakan harga Trollandtoad.

DECKLIST (seminim-minimnya budget):

19 Monster
2x Nova Summoner (@0.25)
3x Shining Angel (@0.25)
3x Vylon Cube (@0.25)
3x vylon Stella (@0.25)
3x Photon thrasher (orcs) (???) / 3x Level Warrior (0.25)
1x Honest (0.49)
1x Sangan (0.5)
3x Trident Warrior (0.25)

18 Spell
1x ROTA (0.25)
1x Heavy Storm (2)
1x Dark Hole (3)
1x Monster Reborn (2.5)
3x Mage Power (0.25)
2x Twin Swords of Flashing Light - Tryce (0.25)
1x Vylon Component (ocg) (???)
2x Vylon Filament (0.25)
1x Vylon Segment (ocg)
2x Swords of Revealing Light (0.25)

1x Scapegoat (1.5)
2x mystical space typhoon (1.25)

3 Trap
3x Royal Decree (err mahal disini, 50-70k Rupiah)

Extra
3x Vylon Sigma (1)
random exceed & synchro

 ------------------------------------------------

Naikkan budget sedikit bisa masukkan
2x Summoner Monk
2x Cyber Dragon
nx vylon Prism

Instant Fusion -> Musician King/Giltia

Vylon Epsilon, Scrap Dragon, dll

--------------------------------------------------
Total harga, mahal di royal decree...  222.500 + 150 ribu (decree) = 400ribuan termasuk staple-staple decree heavy storm dark hole. Vylon equip sementara bisa diganti Vylon Material, walau efeknya begitu doang =_=

-------------------------------------------------------------------------------------
Update karena kmrn ketik malam-malam: Mau budget yg lebih hina lagi (walaupun agak maksa :V)? Karena kemarin mahal di decree, ada alternatif kartu yg lebih murah dari decree, tapi walau agak maksa (dan hina tentunya) mampu berguna untuk deck ini, kartu itu adalah :





RELEASE RESTRAINT WAVE
Select 1 face-up Equip Spell Card you control. Destroy it and all Set Spell and Trap Cards your opponent controls. 






Jadi, kita -3 Royal Decree, +2 Release Restraint Wave +1 Mystical Space Typhoon (3 restraint pasti dead draw). Kita lihat budget cutnya: Jadi 222.500 + 17.500 = 240.000 saja :V

Well jadi agak cacat sih, mungkin perlu tambahkan Summoner Monk dan Vylon Prism serta Vylon Epsilon dll, tapi itu selanjutnya kreasi kawan-kawan saja lah. 
=================================================================
Kekurangan build ini jelas banget, gak ada combo lain selain cara menang diatas :V gangguinnya pun gampang, bisa dikasih Forbidden Lance/Chalice/quick spell lain, di ubah posisi defense pake karakuri, dll.


Kelebihannya deck ini cepat OTK, materialnya pun mudah didapat karena memang cuma itu-itu aja materialnya, asal ada cube +level4 ditangan, gak diganggu musuh, anda menang, simpel sekali. Dan yang lebih kerennya, ketika menang equip spell akan berjejer di back row sampai penuh, dan dapat membuat kita mengucapkan dengan GAR,

"UNLIMITED EQUIP WORKS!"

OK sekian cerita dari saya, Happy Dueling!

1 comments:

lukman mengatakan...

sipp..
nice addition 2 all duelists who want to find their signature deck whick of course, not meta :)

Posting Komentar