Rabu, 02 Juli 2014

Card of The Week : Dark Renewal

Dua minggu telah berlalu semenjak kita membahas HC-Assault Halberd. Itu artinya sudah saatnya kita membahas kartu baru lagi minggu ini. Nah, kalau minggu lalu kita membahas kartu baru dari set Duelist Advance, maka dikesempatan ini, gw akan membahas kartu lama yang dulu merupakan kartu “Anime Only” kini telah mendapatkan “Real Effect”nya sehingga bisa dipakai dalam game secara legal. Tanpa basa-basi, mari kita bahas kartu tersebut


黒魔族復活の棺

Normal Trap
"When your opponent Normal or Special Summons a monster(s): Target 1 of those monsters and 1 Spellcaster-Type monster you control; send those 2 monsters to the Graveyard, then you can Special Summon 1 DARK Spellcaster-Type monster from your Deck or Graveyard."
Card Set:
OCG : Memories of the Duel King: Battle City Arc-15AY-JPB00- Secret Rare
TCG : Not Released Yet

Sebagai informasi saja, kartu Dark Renewal ini merupakan kartu yang dipakai oleh Yugi untuk mengalahkan Judai Yuki di episode terakhir Yu-Gi-Oh! GX. Tentu pada ingat donk ending dari anime tersebut dimana Judai Yuki menantang Yugi Mutou (yang masih memiliki millennium puzzle) dalam 1 battle terakhir. Di battle tersebut, baik kedua karakter mengeluarkan Ace Monster mereka satu persatu, mulai dari Judai dengan Fusion elemental heronya dan Yugi dengan kartu dewanya. Nah, kartu Dark Renewal inilah yang menjadi kunci kemenangan Yugi. Berkat kombo Dark Renewal dan kartu Anime Only (masukin namanya disini). Yugi berhasil memanggil Osiris! Dan berkat itu, Judai mengakui kalah dan Yugi akhirnya memenangkan duel tersebut.

Oke,cukup segitu dulu nostalgianya. Sekarang mari kita bahas efek kartu ini di real lifenya. Kartu trap satu ini memiliki window aktivasi yang sama dengan Bottomless yang sama yaitu saat musuh sukses memanggil monster. Namun tidak seperti bottomless trap hole yang hanya bisa aktif jika monster yang dipanggil memiliki attack 1500 keatas, kartu trap ini bisa aktif meski attacknya 0 sekalipun. Dengan kata lain, monster apapun yang dipanggil, kita bisa mengaktifkan trap ini sebagai respon dari summon tersebut.
Oh, sebagaimana kemarin-kemarin, kita akan kupas satu persatu plus dan minus dari kartu ini satu persatu!

Plus

1.      Tak memiliki syarat yang rumit untuk mengaktifkannya
Seperti yang gw bilang diatas, kartu Dark Renewal ini tidak memiliki syarat yang sulit untuk mengaktifkannya. Hanya butuh musuh memanggil monster. Tak ada restriksi level, tidak ada restriksi attack, pokoknya ketika musuh memanggil monster, kartu trap ini bisa kita aktifkan.

2.      Bisa memanggil spellcaster dark dari grave maupun deck.
Hal yang gw suka dari kartu trap ini adalah, akan sangat sulit trap ini kehilangan target special summonnya. Jika tidak ada monster di graveyard, kita bisa memanggil monster dari deck. kebalikannya, jika tidak ada monster lagi di deck, maka kita cukup memanggil monster yang digraveyard. Asyik kan?

3.      Bebas memanggil spellcaster dark level berapapun
Hal lain yang membuat kartu ini asyik dipakai adalah, tidak ada batasan monster spellcaster apa yang hendak kita panggil. Selama dia adalah Spellcaster berattribute DARK, maka monster ini bisa kita panggil. Oh iya, ini tidak termasuk monster-monster Semi Nomi dan Nomi ya. Soalnya kedua tipe monster tersebut memiliki restriksi sendiri untuk memanggilnya. Sehingga tidak akan bisa dipanggil oleh trap Dark Renewal.

4.      Cost dari kartu ini hanya menarget monster, bukan tribute.
Apa yang paling mengesalkan bagi pengguna deck Assault Mode? Tentu saja ketika mereka mengaktifkan Assault Mode Activate !! Trap tersebut di negate oleh Trap stun atau trap negater lainnya. Merupakan reaksi yang wajar mengingat cost dari kartu trap Assault Mode Activate adalah mentribute 1 monster synchro. Ketika trap tersebut dinegate, cost aktivasinya harus tetap dibayar sehingga kita kehilangan Synchro monster kita secara sia-sia.

Namun tidak bagi kartu ini, cost dari trap ini hanyalah menarget monster di field, 1 monster yang musuh panggil, dan 1 spellcaster kita. Jadi ketika trap ini di negate, monster kita tetap masih ada di field. Kita hanya kehilangan 1 kartu untuk 1 trap musuh. 1 for 1 bukan?

5.      Monster milik kita yang hendak kita target untuk cost kartu ini tidak perlu faceup.
Jika kita baca secara seksama efek kartu ini, disitu tidak menyebutkan apakah monster tersebut harus faceup atau tidak. apa artinya? itu artinya, musuh tidak bisa menghindari trap ini dengan book ofmoon, dan untuk kita, kita bisa menarget set monster spellcaster kita. Ini menjadi sebuah mind games buat musuh. Ketika kita mengeset 1 monster dan 1 trap, musuh akan berpikir apakah kita menggunakan dark renewal? Apakah aman memanggil monster ke field? Musuh setidaknya akan berpikir dua kali untuk memanggil monster dengan efek bagus ke field.

6.      Kalau memakai kartu ini, kamu akan merasa seperti Yugi!
Kelebihan ini mungkin tidak benar-benar plus bagi kita. Akan tetapi, kalau kita menggunakan kartu ini, kita serasa menjadi Yugi! Kartu Dark Renewal ini adalah kartu ace yang membuat Yugi memenangkan duelnya melawan Judai. Kamu bisa menjadikan merasakan sensasi itu ketika menggunakan kartu ini didalam deck. ditambah lagi kalau misalnya kamu memang memakai DarkMagician di deck, ini membuat kamu makin mirip Yugi saja. hohoho

7.      Khusus pengguna kartu OCG, artworknya badass!
Satu lagi yang membuat kartu ini menjadi keren adalah artworknya. Gambar peti mati dengan salib ditengahnya tentu akan menjadi kontroversial di ranah TCG. Dipastikan kartu tersebut akan diubah diartworknya ketika diprint di TCG. Mungkin saja misalnya peti mati itu diganti sepenuhnya dengan kotak kado? Atau tanda salibnya diganti menjadi “X” ? yang jelas karena dianggap SARA, maka artwork ini dipastikan akan diubah. Bagi para pemakai OCG, kalian beruntung karena masih mendapatkan artwork Dark Renewal yang badass ini

  
Ketujuh poin diatas adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki kartu ini. Sekarang mari kita beranjak ke kerungan dari kartu ini:

Minus

1.      Monster kita yang ditarget oleh kita harus bertipe spellcaster.
Kelemahan utama dari trap ini adalah kita harus menarget spellcaster sendiri untuk costnya. Itu artinya, kita tidak bisa secara leluasa untuk memakai kartu ini. Hanya deck-deck yang memakai kartu Spellcaster yang bisa memakai kartu ini. Selebihnya, kita hanya akan menghabiskan slot trap card kita dalam deck

2.      Jendela aktivasinya yang singkat
Sama seperti kelemahan yang dimiliki oleh Bottomless Trap Hole maupun Torrential Tribute, jendela aktivasi kartu ini sangatlah singkat. Kartu ini bisa diaktifkan jika hal terakhir yang terjadi adalah musuh memangil monster secara sukses ke field. Itu artinya, ketika special summon atau normal summon terjadi ditengah chainlink, maka kartu ini tidak bisa aktif. Tidak seperi Compulsory Evacuation Device yang bisa diaktifkan kapan saja, trap ini hanya mampu diaktifkan sebagai respon dari summon yang dilakukan oleh musuh. Ditambah lagi karena kartu ini bukanlah countertrap, maka kartu ini tidak bisa diaktifkan di damage step.

3.      Spellcaster yang dipanggil HARUS memiliki attribute dark
Kelemahan satu lagi dari trap ini adalah, monster yang hendak dispecial summon satu ini hanyalah spellcaster berelemen DARK? Kenapa harus DARK? Padahal banyak juga spellcaster attribute lain yang memiliki efek tidak kalah seram dengan DARK. Seperti, Blizzard Princess yang memiliki attribute water dan art kawaii. Atau Lyla, LS Sorcerer yang memiliki efek joget untuk jedor 1 spell/trap difield. Intinya adalah, banyak kartu spellcaster jago. Tapi kenapa harus dark? Sepertinya konami menganak emaskan elemen dark ya? Ckckck

4.      2 monster yang ditarget trap ini harus masuk ke graveyard.
Agak susah menjelaskannya, tapi pada intinya, ketika efek “send to graveyard” tidak bisa kita lakukan karena adanya efek lain, maka trap ini tidak akan bisa resolve atau bahasa kerennya, “Resolve without effect”. Contoh kasus, misal musuh summon Blue Eyes White Dragon. Terus kita respon dengan mengaktifkan dark renewal menarget Blue-Eyes tersebut dan spellcaster yang kita punya. Lalu musuh menchain aktivasi trap kita dengan Macrocosmos. Apa efeknya? Trap kita akan Resolve without effect. Karena 2 monster tadi tidak bisa kita sent ke grave (karena ada macro cosmos), maka efek selanjutnya untuk memanggil monster spellcaster dari deck juga tidak bisa kita lakukan. No sent monster, no special summon. Namun pada akhirnya, hal ini harus terlebih dahulu diperkuat dengan ruling resmi dari KONAMI. karena kartu ini tergolong baru, maka ruling kartu ini belum ada. Adapun kelemahan yang gw bilang ini hanyalah spekulasi berdasarkan kartu-kartu lain yang telah ada sebelumnya. Bisa jadi meski tidak sent to graveyard, efek Dark Renewal ini tetap resolve.Rumit ya Yugi. Hahaha

5.      Kartu ini adalah trap card
Satu lagi yang membuat kartu ini jelek adalah kartu ini adalah trap card. Kenapa jelek? Karena jaman sekarang Trap Negater itu sudah sangaaat banyak. Mulai dari trap stun, lalu Seven Tools of Bandit. Lalu sekarang ada Countertrap gratis macam Wiretap. Kartu-kartu trap seperti ini menjadi tidak begitu menyulitkan lagi. ditambah lagi kartu macam ForbiddenLance masih meraja lela sehingga kartu ini sangat mudah untuk discounter.

Yosh, 7 kelebihan dan 5 kekurangan dari kartu trap ini sudah kita paparkan. Sekarang akan kita bahas penggunaan kartu ini di real lifenya. Beberapa deck diuntungkan dengan kartu ini. Deck-deck apa sajakah itu? check this out!

1.      Gravekeeper
Kalau membicarakan spellcaster berelemen dark, entah kenapa hal pertama yang gw ingat adalah Archetype satu ini. Seluruh monster Gravekeepers memiliki type Spellcaster dan berattribute dark (kecuali Gravekeepers Commandant). Itu artinya, kartu ini tidak akan kehilangan target. ditambah lagi, monster yang dissent ke graveyard oleh kartu ini, bisa kita gunakan lagi via spellcard Gravekeeper’s Stele sehingga minus dari kartu ini akan tertutup. Oh ditambah lagi, di Deck Gravekeepers ada kartu semacam Gravekeepers Recruiter dimana ketika distribute kartu ini, kita justru malah untung.  

Oh iya, ditambah di banlist ini spell mereka, Royal Tribute kembali diperbolehkan dipakai 3. Sehingga para pemakainya mungkin akan mencoba kembali peruntungannya dengan menggunakan deck ini.

2.      Shadoll
Archetype baru ini langsung mendapatkan perhatian khusus dari duelist di seluruh dunia. Berkat Fusion mereka yang bisa ngeplus ditambah efek monster-monster mereka yang “gilani”, membuat archetype ini langsung diminati ketika pertama kali muncul. satu yang membuat kartu ini bagus bagi mereka adalah semua monster Shadoll sampai sejauh ini, semuanya memiliki tipe Spellcaster dan berattribute dark. Ketika gw bilang semua, berarti memang semua lho! mulai dari Shadoll Falcon, Dragon, Beast, Lizard, semuanya itu spellcaster. Jangan tertipu dengan artwork mereka yang “kebinatang-binatangan”, mereka semua itu adalah “Penyihir” lho! oh btw, kalau Shadoll disend to graveyard karena efek Dark Renewal ini, efek mereka tetap jalan. kampret ya...

3.      Prophecy
Deck yang sempat menggila berkat spell “Spellbookof Divine Judgment”nya ini juga turut terbantu dengan adanya kartu ini. Meski targetnya bagusnya hanyalah Reaper of Prophecy, akan tetapi kalau misal kita bisa meresolve special summon monster tersebut ketika ada 4 Spellbook di graveyard (dimana itu cukup mudah untuk dilakukan), maka kita bisa ngeplus dari trap dark renewal ini. ditambah lagi, kita bisa menukar Spellbook Magician of Prophecy yang telah kita pakai effectnya dengan Reaper of Prophecy dari deck. double profit kan?

4.      Deck lain yang fokus kepada Magician
Sebetulnya banyak deck yang bisa digolongkan dalam ini. Misalnya, Gagaga, atau deck Spellcaster Counter, bahkan Timaeus Prisma. Semua deck tersebut memakai monster Spellcaster elemen dark dan Dark Renewal dapat digunakan untuk mempercepat memanggil monster tersebut. contohnya, di deck Gagaga, kita bisa menukar Gagaga Kid dengan Gagaga Magician dari Deck atau Graveyard. atau di Timaeus Prisma, kita bisa menukar spellcaster kita untuk memanggil Dark Magician dari graveyard. banyak variasi play yang bisa kita lakukan dengan adanya kartu trap ini. 

Nah, sampai juga kita pada akhir dari Card of The Week minggu ini.  Seperti biasa, kita akan membuat skor untuk kartu yang kita bahas. Dan itu yang akan kita lakukan sekarang :3

Artwork : 8/10 (Peti mati dengan salib ditengahnya? badass sekali)
Effect      : 6,5/10 (monster yang di ss terbatas hanya beratrribute dark, agak susah dipakai)
Versatiliy : 4/10 (hanya bisa dipakai oleh deck yang bertema Spellcaster)
Total     : 6/10

Okey, sekian dulu post COTW minggu ini. Mohon maaf kalau minggu lalu blognya kosong melompong (lol) dikarenakan gw sendiri kena writer’s block alias malas untuk menulis. Doakan saja semoga kemalasan ini segera sirna. Hahaha

Thx for reading and happy trolling



-ballibond-

0 comments:

Posting Komentar