Sabtu, 19 Juli 2014

Deck Idea: Gravekeeper post July 2014

Malam minggu sembari menunggu turnamen TI 4, memang enaknya kita ngebahas Decklist ya! Sayang sekali, kali ini pun kita akan membahas tentang Yu-Gi-Oh! Yah harap dimaklumi karena contributor VG kami saat ini sedang mengalami kendala malas sehingga belum sempat mengepost kembali artikel-artikel tentang Vanguard dan Card Game lain. tapi kalau misalnya kalian mempunyai ide tentang VG, kalian bisa mengomentari post ini. Siapa tahu dengan ide dari kalian, para penulis VG blog ini menjadi bersemangat untuk kembali mengepost.

Oke, langsung aja kita bahas decklistnya. Tema deck yang akan kita bahas malam ini adalah Gravekeeper. Archetype tertua di Yugioh ini sengaja kita angkat kembali karena KONAMI sudah beberapa kali mencoba mensupport Archetype ini agar tetap survive di meta yang ganas ini. Mulai dari tambahan support seperti Imperial Tomb ofNecrovalley  dan Hidden Temple of Necrovalley untuk menambah sisi “control” dari Gravekeeper. Selain itu, di banlist OCG terakhir  (periode Juli 2014), KONAMI kembali mencoba mensupport Gravekeepers kembali. Kartu andalan mereka, Royal Tribute, yang sebelumnya dilimit oleh KONAMI kini diperbolehkan untuk dipakai sebanyak 3 di deck.
Sebenarnya apa yang sedang dipikirkan KONAMI dengan langkah-langkah diatas? Pertama, KONAMI mencoba menghidupkan Archetype lama agar pemain lama kembali ke dunia Yugioh lagi. Meta yang makin sakit, efek-efek kartu yang broken, serta melambungnya harga kartu membuat banyaknya pemain Yugioh yang memutuskan untuk meninggalkan game ini. KONAMI berharap, dengan mensupport kembali Archetype lama, para pemain lama tersebut tergoda untuk kembali bermain Yugi dengan deck lama plus support terbarunya.

Alasan yang kedua adalah, KONAMI menginginkan adanya perputaran meta. Meski kebijakan KONAMI terhadap meta ini bias (selama masih bisa menghasilkan uang, tidak bakal diapa-apain), KONAMI ingin meta di permainan Yugi ini terus berubah. Ini bisa kita lihat dari dilepasnya kartu-kartu yang dulu dianggap cacat. Mulai dari Royal Tribute ini, lalu Rescue Rabbit. Semua itu dilakukan agar meta Yugi berubah.

Karena 2 alasan diatas itulah ,  di kesempatan ini, gw akan mencoba mempost kembali Archetype Gravekeeper. Dan tentu saja, Decklist Gravekeeper yang akan kita post menggunakan kartu-kartu yang so pasti bakal memberikan sensasi control baru untuk Gravekeeper.

Gravekeeper format July 2014

Monster

3x Gravekeeper Spy
3x Gravekeeper Recruiter
3x Gravekeeper Descendant
3x Gravekeeper Commandat
3x Malefic Cyber End Dragon
1x Graveekeper Assailant

Spell

3x Necrovalley
3x Pot of Duality
3x Mask Change Second new2
3x Royal Tribute
1x Allure of Darkness
2x Mystical Space Typhoon
2x Grakeeper Stele

Trap

3x Imperial Tomb of Necrovalley new2
1x Bottomless Trap Hole
1x Compulsory Evacuation Device
1x Torrential Tribute
1x Solemn Warning

Extra

3x Masked Hero Dark Law new2
1x No.101 Silent Honor Ark Knight
1x Evilswarm Exciton Knight
1x Avian Shooter, Castel
1x No 66 Master Key Beetle
1x Masked Hero Dian
1x Cairngorgon, Antiluminscent Knigt
3x Cyber End Dragon

Yuk kita bahas beberapa kartu di decklist tersebut
1.       Mask Change Second+  Masked Hero Dark Law
Dua kartu ini merupakan tech card terbaru bagi Gravekeeper. Kemarin sudah kita bahas ttg MaskChange Second bisa menarget monster apapun untuk memanggil Masked Hero dengan elemen yang sama. Begitu juga dengan Gravekeeper, dengan menggunakan Gravekeeper yang hampir seluruhnya beratrritute Dark, kita bisa memanggil DarkLaw yang memiliki effect cukup jago. Bahkan, di deck ini, memanggil Dark Law bisa membuat kombo Gravekeeper semakin mematikan.

Gak percaya? Lihat skema dibawah ini

  • Normal Summon Gravekeeper Recruiter. Lalu aktifkan Mask Change Second. Dengan mengirim Recruiter ke graveyard, special summon Masked Hero Dark Law
  • Efek Recruiter tertrigger, add Gravekeeper Commandant dari deck
  • Discard Commandant, add Necrovalley. Aktifin gak pake lama
  • Karena ada face up Necrovalley, aktifkan ROYAL TRIBUTE!!!! Semua player wajib mereveal kartu ditangannya dan membuang semua monster yang ada ditangannya ke graveyard
  • Tapi karena ada Face Up Dark Law, semua kartu yang didiscard oleh Royal Tribute langsung terbanish tanpa sisa
  • GG

Kombo ini sebenarnya gampang dilakukan di deck Gravekeeper. Berkat kembali diperbolehkannya Royal Tribute dipakai 3, Chance kartu ini di 1st hand tentu cukup besar. Ditambah efek Banish Dark Law, Royal Tribute akan makin lebih imba!

Selain itu, dengan adanya Dark Law, Kontrol Gravekeeper akan makin sakit. Bayangkan, Graveyard dikunci oleh Necrovalley, terus tiap kali kita mau nge add kartu, dibanish oleh Dark Law. Belum lagi monster yang effectnya jalan digraveyard seperti Ice Hand dan Fire Hand gak bisa jalan karena langsung terbanish kalau hancur. Ditambah dengan  efek proteksi dari Master Key Beetle yang gampang disummon oleh Gravekeeper, Dark Law akan semakin invincible!!! Hue hue hue!!

Oh iya, kita tidak perlu khawatir mengenai cost Masked Change Second yang berat karena di Gravekeeper ada spell Gravekeeper Stele. Tinggal ciduk lagi saja monster yang didiscard untuk cost Mask Change Second tadi.

2.       Masked Hero Dian
Yah, kadang-kalau gravekeeper lagi sial, handnya hanya terdiri dari Gravekeeper Commandant + Necrovalley. Nah, dengan Masked Change Second, kita bisa mengubah Commandant yang nganggur tadi menjadi Masked Hero Dian alias Beatstick 2800. Yah, tentu saja kita tidak bisa mengaktifkan effect Dian karena kita tidak membawa HERO. Akan tetapi, Beatstick 2800 itu cukup worth lho!

3.       Imperial Tomb of Necrovalley
Kartu Counter Trap ini bisa dibilang adalah “Infernity Barrier”nya Gravekeeper. Namun, syaratnya yang mengharuskan adanya faceup Necrovalley dan Gravekeeper di field membuat kartu ini menjadi agak kondisional. Ditambah lagi kartu ini tidak bisa kita add layaknya Infernity Barrier, tapi meski demikian, kartu ini worth untuk dimasukkan kedalam deck Gravekeeper kita.

4.       Malefic Cyber End Dragon
Monster ini adalah Beatstick utama kita. Attack power 4000 itu tidak bisa dianggap remeh. Ditambah dengan kombo standar Master Key Beetle + Necrovalley, Malefic Cyber End Dragon akan cukup sulit dihilangkan dari field.


Itu tadi adalah sedikit penjelasan  mengenai deck Maskeeper kita. Sebenarnya masih banyak lagi tech card yang bisa kita pakai pada deck Gravekeeper ini. Seperti misalnya, Dark Renewal (yang kemarin sudah kita bahas), lalu Wonder Wand untuk memberikan plus + tambahan damage untuk Gravekeeper kita. Atau Dark ArmedDragon (kita mengontrol jumlah monster di grave make Stele). Pokoknya masih banyak lagi variant dari deck Gravekeeper ini. Yang paling penting, kita memiliki imajinasi bagaimana deck itu akan berjalan. oh iya, karena banlist TCG tidak ikut meng-unlimited Royal Tribute, maka decklist ini cuman OCG only ya. hehehe

Sekian dulu post Deck list dari saya. Kalau ada saran, silahkan langsung dikomen di sini. Dan jangan lupa, kalau ada saran tentang VG atau Yugi sekalipun, langsung dishare aja. Siapa tahu itu akan memberi kami inspirasi untuk post-post selanjutnya. Hehe.

Akhir perjalanan, Thx for Reading and Happy Trolling!

=Ballibond=

0 comments:

Posting Komentar