Kamis, 31 Juli 2014

Deck Idea: Genesis-Granblue-Dark Irregular Beatdown

Yo, ketemu lagi sama Mobi!

Pada kesempatan kali ini kita akan coba ngebahas deck mix-clan yang setelah dites, ternyata cukup seru juga mainnya. Dan bukan hanya 2 clan yang akan kita gabungkan menjadi 1 deck, tapi 3 clan sekaligus yaitu Genesis, Granblue dan Dark Irregulars. Penasaran kyk apa mainnya? Yok kita simak.




Focus of the Deck:

Tujuan utama deck ini adalah abuse skill Psychicher of Ash, Hadar, yaitu apabila ada 10 soul dibawah Hadar kita bisa memilih 2 unit untuk diberi power +5000. Untuk urusan soulcharge besar-besaran dan secepatnya kita semua tahu jagonya adalah Genesis, jadi kita gunakan saja unit-unit penting dari Genesis yang bisa mempercepat Soulcharging. 

Setelah itu kita perlu attacker untuk diberi tambahan power +5000 tersebut. Namun Dark Irregulars sejak dulu kala sering memiliki kesulitan untuk mengisi field. Apabila kita langsung memanggil unit dari hand ke field, dikhawatirkan hand kita tidak cukup untuk bertahan. Karena di Dark Irregulars tidak ada cara untuk ngedraw atau superior call attacker, kita akan pinjam bantuan Granblue. Unit Granblue yang kita gunakan hanya 2, yaitu Young Pirate, Pinot Noir dan Pirate Belle, Pinot Blanc.

Setelah RG kiri kanan penuh dan ada 10 unit di soul, mulai deh kita bisa nyiksa musuh. VG nyerang dengan power 25k tanpa boost ditambah 2 kali serangan RG dengan power 21k tanpa trigger. Dan itu konsisten setiap turn tanpa cost lho, yang penting soulnya 10 dan obviously ada attacker yang bisa dikasih power +5000. Yuk kita liat decklistnya aja biar jelas!

Grade 3:
Main Star deck ini adalah Hodor Hadar. Dia punya 3 skill, yang pertama adalah skill untuk perform Legion. Yang kedua, saat Hadar declare attack sebagai VG, bila jumlah unit di soul kita ada 6, kita bisa menambah power +5000 ke Hadar, kemudian bila jumlah unit di soul ada 10, bisa menambah power +5000 lagi ke dua RG. Skill inilah yang menjadi tujuan utama deck ini.

Skill ketiganya adalah dengan cost soulblast 1, kita bisa soulcharge 2 unit dari topdeck. Skill ini juga cukup penting untuk mengejar 10 soul sekaligus menambah power Izaya dan Doreen.
Sudah pernah masuk card of the day lho~

Grade 3 yang kedua adalah Pinot Noir. Idealnya mas-mas ganteng inilah yang akan kita ride terlebih dulu untuk mengisi field, sebelum mulai buli-buli dengan Hodor Hadar. Karena Pinot Noir membuang 3 kartu dari topdeck ke drop zone, re-legion menjadi lebih mudah karena kita hanya perlu membuang 2 kartu saja ke drop zone. Selain itu, unit regalia yang terbuang bisa dimasukkan ke soul dengan Shiny Angel.

Grade 2:

Don't forget to scream; IIIIIZZZAAAAAYYYAAAA
Izaya adalah mate-nya Hadar, dan skillnya cukup jago untuk kita pakai 4. Efeknya adalah setiap kali ada kartu yang masuk ke soul, ia mendapat power +3000. Sama seperti Doreen, tambahan power ini stackable lho. Jadi kalau kita pakai skill Prayer Regalia, Pray Angel tambahan power-nya adalah +12000. Selain sebagai pasangan Hadar, Izaya sendiri sering dipakai oleh player Genesis sebagai beater karena efek ini menjadikan dia sebagai beater yang sangat stronk.

Pinot Blanc ada untuk membantu kita mengisi field. Saat VG kita perform legion dan Pinot Blanc ada di drop zone, kita bisa CB1 untuk superior call dia ke field. Jangan ragu untuk membuang dia ke drop zone, entah dengan call ke field dari tangan kemudian intercept, atau untuk guard awal-awal. CB di deck ini sangat minim, hanya ada 3 kartu yang menggunakan CB, jadi selalu superior call Pinot Blanc dari drop zone bila memungkinkan.

Freya adalah soulcharger yang aktif saat kita perform legion. Dengan CB1 saat VG perform legion, kita bisa soulcharge 3 dari topdeck dan Freya mendapat tambahan power +5000. Tidak perlu khawatir kalau saat perform legion belum ada Freya yang mampir ke tangan, karena masih ada soulcharger yang lain. Saat testing pun Freya adalah unit soulcharger yang paling jarang digunakan karena timing-nya terlalu spesifik. Tapi kalau pas bisa ya why not? 

Grade 1:

Googled Shiny Angel. Yang muncul TCG sebelah duh.
Shiny Angel bisa membantu kita untuk soulcharge bila drop zone kita sudah penuh dengan unit-unit Regalia. Atau bisa juga soulcharge 1 trigger Regalia dari drop zone, lalu trigger itu di soulblast lagi untuk skill ketiga Hadar. Di late game skill soulcharge-nya juga berguna untuk menambah power Isaiah atau Doreen..

Cumin memang kelihatannya situasional karena dia butuh VG dari clan Genesis, tapi belum ada lagi unit Genesis grade 1 yang bisa soulcharge sesimpel Cumin. Meskipun hanya efektif saat diride/dipanggil saat grade 1, tapi lumayan lah :v

"In Norse Mythology, Svalinn is a legendary shield which stands before the sun." -Wikipedia
Svalin adalah unit sentinel yang akan kita pakai, ada 2 alasan kenapa kita pakai Quintet Wall. Yang pertama namanya Regalia, yang kedua QW bisa mempercepat mengisi drop zone. Tapi kalau mau diganti 1 atau 2 null, silakan.

Doreen, oh Doreen... apparently the most hated unit in Dark Irregulars. Beater jago, powernya gede, no other explanation needed. Ohiya jangan di ride ya, kalo ketarik di awal game mulligan aja, daripada Pray Angel ga mundur. Makanya cuma bawa 2, kalo lebih takutnya terpaksa di-ride :v

Starter:

Pray Angel ini bisa dibilang unit terpenting dalam mengejar 10 soul. Soulchargenya langsung 3 coy, 4 kalo dia sendiri dihitung. Udah setengah target itu :v Jadi antara Pray Angel, Shiny Angel, Freya, Hadar dan kemungkinan re-legion, mencapai 10 soul dibawah Hadar seharusnya tidak jadi masalah.

Triggers:

Susunan triggernya standar, 8 Critical, 4 Draw, 4 Heal, hampir semua Regalia supaya bisa jadi target Shiny Angel. Selalu pastikan ada 1 Genesis di field, supaya triggernya aktif. Oiya Lot Angel bisa soulcharge juga lho kalau dipanggi di Guard Circle.

Sip, udah pas 50 kartu. Sekarang kita coba overview gameplan-nya lagi ya. Untuk mencapai Winning Image, kita perlu:

1) Soulcharge sampai ada 10 unit di soul, bisa dicapai lewat Pray Angel, Freya, Hadar, Cumin, Shiny Angel, Lot Angel, dan re-Legion. Setelah ada 10 unit di soul jangan soulcharge dari deck lagi, biar ga mati deckout.
2) Mengisi field, idealnya adalah membuat column 16k di kedua kiri dan kanan. Pinot Noir dan Pinot Blanc akan lumayan membantu.
3) Buli-buli.

Sekian saja pembahasan deck kali ini, have fun trying the deck. Kalau ada saran, pertanyaan, atau ide-ide lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk leave a comment. See you again, Thx for reading & Happy Trolling!

2 comments:

Anonim mengatakan...

Triggernya full genesis ya? tapi kok field "jadi'nya malah legion dan dua izaya dan doreen di belakang rg, kan triggernya gak jalan, terus gimana? (misalkan musuh akan kedapatan jedor rg genesis apapun)

plasmadueling mengatakan...

^Yoih full Genesis, kalo skenario kyk gitu ya triggernya ga jalan.

Field 2 Izaya 2 Doreen itu bukan field jadi, itu field maruk kalo di tengah ga ada Genesisnya :v misal musuhnya bisa jedor-jedor ya keep at least 1 booster genesis di tangan buat dipanggil next turn. -Mobi

Posting Komentar