Senin, 17 Oktober 2016

Card Review - Perfomapal Seal Eel


Halo-halo para duelist sekalian. Jumpa lagi dengan gw Ballibond diawal minggu ini. Kalian merasa gak sih kalau waktu itu berjalan terasa sangat cepat akhir-akhir ini? Rasa-rasanya baru kemarin hari senin dan sekarang sudah kembali hari senin lagi hahhaa. Bagi kalian yang berkuliah atau bekerja hari ini, semoga kuliah dan kerjanya lancar. Dan sampai 5 hari kedepan, semoga kita semua diberi kesehatan untuk melewati hari-hari tersebut sebelum kita menuju weekend.

Di kesempatan kali ini, seperti biasa kita akan mereview satu kartu unik. Kalau kemarin kita membahas tentang Kaiju, maka kali ini kita akan membahas tentang monster imut dari set TDIL (The Dark Illusion). Siapa lagi kalau bukan si belut imut, Performapal Seal Eel

"definetely not this eel "




A. Latar Belakang

Di meta sekarang, baik OCG maupun TCG tentu kita sadari bahwa meta didominasi oleh monster-monster yang memiliki efek imba. Misalkan saja Blue Eyes Spirit Dragon yang membuat kita tidak bisa special summon lebih dari 1 monster. Atau Masked Hero Dark Law yang membuat semua kartu kita terbanish. Atau justru Vanity Fiend dan Archlord Kristya yang membuat kita tidak bisa special summon. semua monster tersebut memiliki efek yang jago sehingga deck kita sering kali tidak bisa berbuat apa-apa apabila musuh sudah mensummon monster tersebut.

Dengan semakin berbahayanya efek monster, maka semakin perlu rasanya kita memakai kartu yang bisa menghalau efek monster tersebut. Seperti yang dilansir oleh grup Spirit of Duelist Indonesia, cara mengusir monster-monster tersebut bisa dengan cara dihancurkan, ditimpa dengan monster, atau ditutup facedown.

Semua cara-cara diatas tentu saja benar, namun mereka memiliki sedikit kelemahan, yaitu kartu tersebut hanya berfungsi sebagai counter card dari musuh saja. Kadang kita perlu kartu yang memiliki efek yang tidak hanya mematikan efek musuh tapi juga bisa digunakan untuk hal lain. dan kalian tahu? Si belut imut Seal Eel memiliki hal tersebut. Itulah kenapa di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "Performapal Seal Eel"


B. Card Review

Sebelum memulai lebih lanjut, mari kita lihat bagaimana efek dari monster satu ini secara keseluruhan


EMシール・イール
Performapal Seal Eel

Aqua/Fish/Level 1/Pendulum/Attack 100/Defense 100
Pendulum Effect
"Once per turn: You can target 1 face-up monster your opponent controls; it has its effects negated until the end of this turn."
Monster Effect
"When this card is Normal or Special Summoned: You can target 1 Set Spell/Trap Card your opponent controls; that Set card cannot be activated this turn. Cards and effects cannot be activated in response to this effect's activation."

Rarity :
OCG :INOV-JP004 - Common
TCG : Not Yet Available


Seperti yang kalian lihat diatas, monster perfomapal Seal eel merupakan pendulum monster. Atau dengan kata lain, dia memiliki 2 efek. Efek sebagai spell di pendulum zone dan efek sebagai monster. Dan kedua efeknya menurut gw memiliki efek yang jago! Coba deh kita breakdown satu-satu efeknya.

Untuk efek Monsternya, seal eel berfungsi seperti xing zeng hu replica . Ketika dia disummon, dia akan mengunci satu set lawan dimana kartu tersebut tidak bisa diaktifkan sama sekali sampai akhir putaran. Yang membuat kartu ini keren adalah musuh tidak bisa merespon apa-apa atas efek monster ini. Musuh gak bisa ngeveiler, musuh bahkan gak bisa ngesolemn strike (kalau lihat wordingnya, bahkan solemn strike yang hendak menegate effect seal eel juga gak bisa diaktifkan. tapi bisa di solemn warning atau solemn judgment karena yang dinegate adalah summon bukan efeknya). Pokoknya gak bisa menchain apa-apa. Ketika monster imut ini di summon, select 1 set spell/trap milik musuh dan musuh hanya bisa melihat kartu miliknya tak bisa dipakai di putaran ini. So strong bukan?

Lalu bagaimana dengan efek pendulumnya? Efek pendulum monster ini juga gak kalah jago lho. Ketika dia dipasang sebagai pendulum card di pendulum zone, kita bisa menarget 1 monster musuh dan negate effectnya sampai end phase. Yap, efek pendulum inilah yang menurut gw bisa menjadi sangat jago. dia seperti Breakthrough Skill atau Forbidden Challice. Namun bila Breaktrough Skill harus di set terlebih dahulu karena trap card dan Forbidden Chalice memberikan extra attack 400 kepada monster yang effectnya di negate, efek pendulum belut satu ini membuat efek monster yang ditarget ter-negate tanpa ada embel-embel apapun.  Its like Pendulum Card version of Breakthrough Skill. And its awesome !!

Lalu apakah kalian mengira efek kartu ini hanya segini saja? Tentu gak donk. Kalian tahu gak kalau menurut wording di pendulum efek si belut, apabila dia berhasil menegate effect 1 monster di field, apabila dia hilang dari pendulum zone efek negate nya masih tetap berjalan? Dengan kata lain, setelah kita memakai efek pendulumnya dan negate efek 1 monster lawan, kita bisa menghancurkan dirinya dengan spell macam Sky-Arc atau efek dari pendulum Metalphosis. Jadi para pengguna Metalphosis diluar sana, kalian mendapatkan extra amunisi untuk dijedor. Dan kalian gak perlu takut lagi dengan yang namanya Dark Law, Vanity Fiend, Archlord Krishtya, Barrier Statue, Fossil Dyna dan lain-lain. gunakan efek si kecil ini and make your enemy become miserable.

Lalu apakah kegantengan kartu ini berakhir? Sayangnya tidak saudara-saudara. Kartu ini masih memiliki beberapa keunggulan. Yang pertama adalah kartu ini masuk dalam Archetype Performapal. Dengan kata lain, kartu ini searchable via Performapal Skullbatjocker. Attacknya yang kecil membuat dirinya searchable via efek Searching dari Odd-Eyes Pendulum Dragon atau bahkan sangan sekalipun. Dan tentu saja, karena dia adalah pendulum, dirinya searchable via Wavering Eyes.

Tapi sebagus-bagusnya kartu ini, dirinya masih memiliki kekurangan dan kelemahan lho. Pertama, efek pendulumnya tidak Quick Effect. Dengan kata lain, apabila musuh menchain efek pendulumnya dengan spell destroyer, maka efek negatenya gagal. Kedua efeknya tidak quick alias tidak bisa dinyalakan diturn musuh. Terlalu imba jadinya kalau efeknya jadi quick bukan? hahaha.

Kekurangan kedua kartu ini ialah belut ini memiliki status yang ampas. Monster level 1 pendulum? Itu artinya monster ini gak bakal kalian bisa spam tiap turn via Pendulum summon. efeknya kemungkinan hanya sekali saja kalian bisa pakai. Ditambah lagi attacknya yang kecil banget, siap-siap aja digebukin sama monster lawan apabila kita memanggil monster ini ke-arena.

Scale pendulum ini juga tak begitu bagus. Scale 3nya membuat kita hanya bisa melakukan pendulum summon level 4 keatas. Opsi kita memanggil monster via pendulum summon menjadi semakin berkurang deh.

C. Economic Review

Tadi kita sudah bahas efek kartunya. sekarang kita bahas dulu dari sisi ke-ekonomiannya. Kalian tahu ga? Meski kartu ini memiliki efek yang nendang, KONAMI berbaik hati banget dengan membuat kartu ini memiliki rarity KOMON. Iya, kartu dengan kode TDIL-0XX (lupa ntar masukin + link) ini hanya dicetak sebagai kartu komon. Bahkan menurut beberapa situs retail, harga kartu ini masih sangat murah lho! Check this out
"cheap-cheap gan"


Murah banget kan? Disbanding dengan Forbidden Chalice atau Breakthrough Skill, kartu ini harganya sangat murah. tapi tentu saja, kalian harus ingat kekurangan dan kelebihan kartu ini sebelum memutuskan untuk memakai kartu ini atau tidak. 

D. Kesimpulan

Dari beberapa poin diatas, kita bisa membuat skoring untuk poin kartu tersebut. Dan skoring itu adalah
  1.  Art (8/10)
    Keimutan artwork monster ini menutupi fakta bahwa dirinya memiliki efek yang buas
  2. Status (5/10)
    Level 1 nya membuat dirinya gak bisa di spam. Attack dan defensenya yang ampas. Sangat disayangkan. Menjadi sedikit tolerable karena kartu ini setidaknya searchable via archetype supportnya dan wavering eyes.
  3. Effect (7/10)
    Baik efek monster dan pendulumnya sama-sama memiliki efek yang menyakitkan. Sayangnya efek pendulumnya tidak quick effect membuat kartu ini jadi sedikit kurang imba.
  4. Price (10/10)
    Efek negater harga goceng dan komon? Hell yeah


Conclusion (7.5/10)

Kartu ini memiliki potensi efek yang bagus. Bagi beberapa deck yang memang memainkan archetype performapal atau menggunakan mekanisme pendulum seperti Metalphosis, Igknight, atau bahkan SUPER DINO PENDULUM XYZ bisa memanfaatkan kartu ini untuk mematikan kombo musuh. Ada monster anti special summon? setrum dengan belut. Ada kartu banisher? Setrum dengan belut. Pokoknya kartu ini cukup saya rekomendasikan bagi mereka yang memainkan pendulum.

Untuk deck lain, saya pikir tetap cukup worth untuk melirik kartu ini sebagai alternatif efek negater. Karena dia pendulum, dia gak terlalu membuat tangan jadi stuck (misal uhuk bubbleman uhuk). Kartu negater sekali pakai? Saya pikir cukup worth lah. Kombinasikan dengan eccentric archfiend dan kartu ini anda sudah bisa melakukan pendulum dari level 4 sampai 6. Lumayan bukan?


Oke, sekian dulu post dari gw kali ini. Semoga post ini memberikan inspirasi bagi kalian untuk tetap berinovasi dan tidak terlalu PMB dalam permainan anak-anak ini.

Btw, pantengin facebook YIC deh kalau kalian mau  mendapatkan tips dan trik menarik buat bermain yugi. Disana kalian bisa mendapatkan tips yang menarik dan membantu kalian tetap siap menghadapi meta.  Ingat, PMB sekalipun harus tetap fun!


Sekian dulu post dari gw. Thx for reading and happy trolling~

[Ballibond]


0 comments:

Posting Komentar