Selasa, 04 Oktober 2016

[Card Review] Gendo the Aesthetic Monk


Halo para duelist, kembali lagi dalam sesi review kartu. Untuk sesi kali ini, gw akan mencoba review 1 kartu monster yang telah lama rilis di set Shining Victories.  Sesuai dengan judul post ini, gw akan meng-reviu Gendo the Aesthetic Ascetic Monk.


Gendo the Ascetic Monk

修禅僧 ゲンドウ
Shuzensō Gendō

(Spellcaster/Effect/Water/Lvl 4/Atk 300/Def 1800)
"(1)Face-up Attack Position monsters on the field cannot activate their effects. (2)This Defense Position card cannot be targeted, or destroyed, by card effects."

Card Release
TCG- SHVI-EN041- Shinning Victories- Common
OCG- SHVI-JP041- Shining Victories- Common



A. Latar belakang review

Kartu ini merupakan salah satu kartu dari set Shining Victories yang pada awal rilis, kurang dilirik penggunaannya oleh para duelist. Efek keduanya yang aktif ketika berada di defense mode membuat kartu ini jarang dimanfaatkan oleh duelist.

Namun seiring dengan semakin merajalelanya meta dimana semua kartu monster memiliki efek, maka monster ini kembali dilirik oleh para duelist. Apabila kartu ini berhasil dipanggil dalam posisi defense, maka musuh akan kesulitan untuk menjalankan kombonya. Mengingat kartu ini bisa menjadi potensi side deck card yang cukup material, kartu ini pantas untuk kita review. 

B. Penggunaan kartu

Karena kartu ini memiliki efek mengunci kepada seluruh player. kita harus sedikit kreatif untuk memanfaatkan kartu ini sampai ke batas maksimal. apabila kita menggunakan deck yang effect monsternya adalah continoues (misal, ehem-dark law- ehem), maka efeknya tidak akan terhalangi oleh Gendo. Namun kita juga bisa gunakan gendo di deck kita dengan memanfaatkannya sebagai closing combo dari deck kita. Setelah kita selesai melakukan special summon dan kombo, kita akhiri dengan normal summon atau special summon Gendo ke arena. mantap bukan?

lalu deck apa saja yang bisa memanfaatkan Gendo dengan baik? Seperti yang dilihat pada gambar diatas, Gendo adalah monster level 4. Dengan kata lain, monster ini bisa dipakai di deck yang mayoritas menggunakan monster level 4. misalkan saja Hero atau Dracopal. Dan karena dia level 4, dia bisa kita special summon dari deck dengan menggunakan efek Summoner Monk. dan untuk deck-deck yang memanfaatkan pendulum summon, kita bisa juga memanggil Gendo dari tangan via special summon. Khusus kepada para pemain pendulum, kalian bisa memanfaatkan kartu ini untuk mengunci kombo musuh kalian. 


C. Economy Review

Menurut pantauan situs penjualan beberapa kartu yugi, kartu ini ternyata cukup mengalami kenaikan harga. Untuk memudahkan memantau harga kartu, maka akan saya paparkan dalam bentuk tabel saja


Menurut gw, harga retail yang ditawarkan pada situs tersebut tergolong murah. Untuk kartu yang memiliki efek unik seperti Gendo ini, tentu saja ini adalah harga yang murah. Gw pikir, apabila trend meta nya adalah tetap mengandalkan effect monster, maka kartu ini akan semakin bersinar sebagai side deck atau bahkan main deck sekalipun. 

D, Skoring

berdasarkan data-data diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa kartu ini cukup jago dan layak mendapatkan perhatian dari para duelist. tapi bagaimana skor kartu ini jika dinilai dengan angka? check this out


  • Artwork (7/10)
    Kartu ini memiliki artwork yang menarik. seorang biksu bertopeng yang sedang bertapa seakan menghalau roh jahat menyerang.. sangat cocok menggambarkan bagaimana efek kartu ini bekerja
  • Effect (6/10)
    Kartu ini meski bisa mematikan effect monster secara garis besar, perlu diingat bahwa monster ini tidak menegate effect monster yang memasang defense mode, monster yang efeknya bersifat continous, atau bahkan efek monster yang tidak aktif di field (hand atau graveyard).
  • Status (6/10)
    meskipun kartu ini memiliki defense yang cukup besar (1800), kartu ini tidak memiliki attack yang cukup besar untuk menyerang. akibatnya, kita akan lebih sering melihat kartu ini dalam posisi defense.
  • Price (10/10)
    Mengingat efeknya yang keren, harga retail saat ini termasuk harga yang murah. mungkin kedepannya, apabila kartu ini mulai makin dilirik oleh para duelist, harga yang ditawarkan oleh situs-situs retail akan meningkat karena hype. gw sarankan untuk membeli sekarang sebelum harga naik.

    Total Score : 9/10 
    "so powerful yet so cheap"

Oke, demikian card review untuk sesi kali ini. apabila kalian ada ide kartu atau archetype apa yang enak dibahas di blog ini, tolong sampaikan dikolom komentar. sekali lagi, komentar kalian sangat kami nantikan. 

Sekian dulu dari gw. thx for reading and happy trolling~

[Ballibond]






0 comments:

Posting Komentar