Minggu, 02 Oktober 2016

Shaddoll Predator

Halo para duelist sekalian, bagaimana dengan bulan september kemarin? Apakah ceria seperti lirik lagu yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata? Gak tahu lagunya? Mungkin kalian perlu menonton video lagu tersebut dan menghayati setiap liriknya yang penuh makna.

Bagi yang belum nonton, berikut adalah video lagu yang gw maksudkan. Please enjoy the song~


"sangat syahdu bukan?"


A. Latar Belakang

Semenjak debut Shaddoll di set booster Duelist Alliance, Archetype ini langsung menjadi top tier archetype dikalangan player. Kemampuannya mengakses duo fusion monster yang broken saat itu, El-Shaddoll Nephilim dan El-Shaddoll Midrash , membuat Shaddoll menjadi salah satu deck yang sangat disenangi oleh player. Ditambah lagi shaddol memiliki fusion spell yang sangat curang karena fusion materialnya bisa dari deck. Membuat shaddol semakin digandrungi oleh player.

Namun banlist dari KONAMI mengakhiri kejayaan mereka dengan membuat status El-Shaddoll 
Nephilim menjadi forbidden dan El-Shaddoll Fusion menjadi limit. Seketika shaddol menjadi pincang dan turun tier. Ditambah lagi archetype-archetype yang lebih imba dirilis oleh KONAMI, membuat shaddol makin turun pamor. Kini shaddoll hanya hidup sebagai splashable engine saja di deck lain.

Namun tampaknya shaddoll kini memiliki kesempatan lagi untuk menjadi playable. Selain karena beberapa kartunya sudah diberikan kebebasan oleh KONAMI OCG, (El-shaddoll fusion menjadi Semi Limit pada Banlist Oktober 2016 kemarin, Sinister Shadow Games menjadi unlimited di Banlist yang sama) beberapa support card tambahan telah dirilis oleh KONAMI di set Raging Tempest (RATE) besok. Ini tentu menjadi angin segar bagi para shaddoll user untuk kembali memainkan deck kesayangannya.

Ditambah lagi Shaddoll juga mendapatkan teman yang sesuai bagi mereka. Predator Plant. Monster plant elemen dark yang turut bermain di fusion style ini  juga  mendapatkan support terbaru nya di RATE sehingga kedua archetype bisa semakin playable. Berbekal dari hal tersebut, gw ingin mencoba memadukan kedua archetype berlemen dark tersebut dan membuat decklist “Shaddoll Predator”.

B. Komposisi Deck

Deck shaddoll predator memiliki konsep deck yang sederhana, quick access ke fusion summon dan selanjutnya mengontrol musuh dengan spell dan trap. Untuk mendapatkan access cepat ke fusion monster, digunakan drawer yang sesuai dengan deck ini. Misalkan saja Allure of Darkness yang juga  sudah kembali unlimited sehingga bisa kita pakai 3. Maxx “C” sebagai hand Trap sekaligus drawer ketika musuh mencoba melakukan kombo. Atau bahkan sangan untuk mengakses monster dark lebih cepat.

Oke langsung aja kita menuju decklistnya.



"klik untuk perbesar"


Shaddoll Predator ver 1.0

Monster

2x Shaddoll Beast
2x Shaddoll Snake
2x Shaddoll Dragon
2x Shaddoll Hedgehog
1x Shaddoll Hound
1x Shaddoll Falcon
3x Predator Plant Fly Hell
2x Predator Plant Squid Drowser
2x Predator Plant Sundew Kingli
2x Junk Synchron
1x Sangan
2x Maxx “C”
1x Lunalight Black Sheep

Spell

3x Allure of Darkness
2x Shaddoll Fusion
1x El-Shaddoll Fusion
1x Super Polymerization
1x Polymerization
1x Harpy Feather Duster
1x Foolish Burial
1x Reinforcement of The Army
3x Predator Planter

Trap

2x Sinister shadow Games
2x Crush Card Virus

Extra Deck

2x Starve Venom Fusion Dragon
1x Predator Plant Chimera Raflesia
2x El-Shaddoll Nephilim
1x El-Shaddoll Shekinaga
1x El- Shaddoll Grsyta
1x El-Shaddoll Anomalilith
1x Full Metal Alkahest
1x Metalphosis Adamante
1x Armades, Keeper of Boundaries
1x Ally of Justice, Catastor
3x XYZ rank 2 generic pilihan anda

C. Kombo dan Cara Bermain

Deck ini sebenarnya simpel, seperti yang gw ungkapkan diatas, deck ini berfokus pada akses fusion summon cepat dan mengontrol dengan efek fusion sekaligus spell trap nya. Karena banyak monster dark dengan attack kurang dari 1000, kita bisa memanfaatkan trap card macam Crush Card Virus untuk mengontrol lawan. 

Adanya tech card seperti Luna Light Black Sheep dan Junk Synchron kita gunakan untuk mempercepat akses ke Polymerization dan Synchro Summon. Karena semua Predator Plant yang sampai saat ini dirilis adalah level 2, maka bisa kita jadikan target special summon dari Junk Synchron. Ditambah lagi apabila kita misal membuang Black Sheep untuk mengambil Polymerization dari deck, lalu kita normal summon Junk Synchron + Special Summon kembali Black Sheep ke arena via efeknya, maka kita bisa memanggil boss monster Starve Venom Fusion Dragon dengan polymerization yang kita ambil tadi. jago bukan? 

lalu ada support tambahan dari Predator Plant yaitu Predator Plant Chimera Raflesia yang materialnya hanyalah 1 Predator Plant dan Dark Monster. hallo, semua shaddol itu dark dan itu artinya Shaddoll apapun bisa digunakan sebagai fusion material dari monster ini. ditambah lagi semua efek dari fusion monster ini yang serba ngeplus. mulai dari Extra Attack 1000 ketika menyerang lawan dan juga kemampuan searching kartu "polymerization" atau "Fusion" apapun dari deck ketika dia di turn sebelumnya masuk kuburan. Bisa add Shaddoll Fusion atau Super Polymerization sekalipun lho! WOW BANGET GAK SIH?

Deck ini mungkin masih berada dalam fase "Coba-coba menemukan kombinasi terbaik sebelum akhirnya jadi deck Chaos", namun dengan adanya support dari Predator Plant dan Shaddoll, gw sendiri sebagai pengguna Shaddoll berharap Shaddoll bisa kembali naik peringkat/ Dari yang awalnya sekedar Splashable Engine (lihat artikel Shaddoll Phosis) menjadi core utama deck dengan play Shaddoll yang sebenarnya. dan gw berharap di set RATE ini, Shaddoll diberikan extra support lagi (ngarep)

Demikian dulu post dari gw, seperti biasa, apabila ada kritik dan saran mengenai bagaiman deck ini dibangun atau mungkin ada ide-ide aneh yang lu pikir cocok dan gokil mungkin bisa kalian bagikan ke blog ini dengan komen dibawah.

Sekian dulu post dari gw, thx for reading and Happy Trolling~

(Ballibond)

0 comments:

Posting Komentar