Kamis, 06 Oktober 2016

Siapa Monster Penimpa Terbaik?


Halo lagi para duelist. kembali lagi dengan gw Ballibond. Gw harap kalian belum bosan ya dengan gw ahaha. Di kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas lagi kartu yang telah dirilis KONAMI pada set-set sebelumnya. Tapi dalam kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas 1 kartu saja. Tapi 11 kartu sekaligus! Kalian gak salah baca kok. Kita akan bahas 11 kartu sekaligus. Dan tentu saja, seperti di judul atas, kita akan membahas monster-monster yang memiliki efek menimpa musuh alias force tribute ke arena musuh. Tanpa perlu memperpanjang basa-basi, mari kita langsung bahas saja.



beberapa meme terkait lava golem dan monster penimpa lainnya.




A. Latar Belakang Review

Tanpa kita sadari, meta dalam permainan Yugioh sudah masuk fase yang sudah tidak sehat. Meta dimana  siapa yang bisa melakukan OTK (One Turn Kill) atau memanggil Boss monster duluan  bisa dipastikan menang membuat permainan menjadi hampir tak imbang dan cenderung sangat cepat. Sangat jarang sekali kita lihat permainan Yugi lebih dari 8 turn atau lebih. Dan apabila lebih dari 8 turn, itu biasanya karena bad hand (yang sangat parah) atau kita sudah kehabisan resources.
Dengan meta yang demikian, player terpaksa beradaptasi dengan kondisi tersebut. Para player bisa beradaptasi dengan melakukan siding kartu yang benar-benar counter kepada deck tersebut, atau menggunakan kartu generic yang bisa mematikan kombo musuh. Dan salah satu tech card yang saat ini sedang popular dikalangan pro player adalah men-side monster-monster penimpa.

Mengapa trend men-side monster penimpa kembali menjadi populer di kalangan pro player? Itu karena di meta sekarang ini, kombo yang dilakukan oleh hampir setiap top tier deck adalah dengan memanggil bos monster. Ditambah lagi terkadang bos monster tersebut memiliki efek proteksi atau player memproteksinya dengan spell/trap sehingga bos monster tersebut tetap berada di field. Dengan kondisi tersebut, tentu peran monster penimpa menjadi semakin populer. Efek mereka yang tidak menimbulkan chain (musuh tidak bisa merespon sampai monsternya ditimpa oleh lawan), membuat monster penimpa menjadi side yang bagus untuk membereskan masalah bos monster tersebut.
Tapi dengan banyaknya monster penimpa yang dirilis KONAMI (lava golem, volcanic, kaiju,dll) membuat kita harus berpikir, monster apa yang sebaiknya digunakan untuk side deck kita sebagai monster penimpa? Kita tentu tak bisa membawa semua monster tersebut ke side deck dikarenakan slot side deck yang hanya 15. Dan karena itulah, kita harus memilih monster penimpa apa yang akan kita bawa dalam side deck.

Nah mengingat kita harus memilih monster penimpa apa yang akan kita bawa ke side deck, gw mencoba membuat daftar monster penimpa mulai dari yang terburuk sampai yang terbaik. Maksudnya tentu saja, agar kalian bisa mempertimbangkan monster apa yang hendak kalian bawa di side deck nanti. Dan tentu saja sekaligus menobatkan “siapa monster penimpa terbaik?

B. Pembahasan

Karena kita akan membahas 11 kartu langsung, maka gw akan langsung membuat list dari 1-11 dimana 11 adalah monster penimpa terburuk dan 1 adalah monster penimpa yang menurut gw terbaik. Dan karena kita sedang membahas efek penimpanya, kita tidak akan membahas efek kedua dari para Kaiju Archetype (yang memakai kaiju counter). Dan list monster penimpa terbaik mulai dari yang terburuk adalah

11. Jizukiru, the star Destroying Kaiju



Monster dengan attack 3300 dan level 10 ini menurut gw merupakan monster penimpa terburuk dibandingkan yang lain. Pertama, dirinya memiliki attack 3300 dimana itu menurut gw sangat besar. apabila kita memanggil dia ke field, tentu akan sangat sulit bagi kita untuk menghabisi monster itu. Ditambah lagi, monster ini seperti kaiju lainnya, hanya menimpa 1 monster musuh saja. Seakan mengatakan kita meng-upgrade monster musuh menjadi monster attack badak. Bisa-bisa kita malah mati sendiri gara-gara memanggil monster ini ke arena lawan

10. Thunder King, The lightning strike kaiju




Sama seperti Jizukuri, attack monster ini terlalu besar apabila kita panggil ke field. Terlalu besar resiko yang kita hadapi apabila kita membiarkan monster ini berada di field musuh. Namun tak seperti Jizukiru yang bertipe mesin, thunder king kaiju ini bertipe thunder dimana thunder tidak terlalu banyak supportnya. Bayangkan jizukiru yang kita panggil ternyata di limiter removal oleh lawan, gege bukan?

9. The Winged Dragon of Ra, Sphere Mode



Monster dewa satu ini memang memiliki efek unik. Bisa di tribute summon ke field siapapun yang memiliki tumbal yang cukup. Tapi karena syarat tumbalnya adalah 3, maka akan sangat kondisional sekali kita memanggil monster ini ke arena lawan. Ditambah lagi kita dipaksa memakai jatah normal summon kita untuk memanggil dia ke field. Membuat kita semakin kesulitan memanfaatkan kartu ini. Efek kembali ketangannya memang kelihatan menarik, akan tetapi apabila musuh sudah tahu ditangan kita ada Ra, tentu mereka tak akan lagi memanggil 3 monster kearana. Membuat kartu ini menjadi kartu mati ditangan.

8. Volcanic Queen



Monster penimpa ini sudah lama dirilis oleh KONAMI,namun jarang sekali dimanfaatkan oleh para player untuk dijadikan monster penimpa di side deck. Itu karena monster ini memang memiliki kekurangan yang sangat merugikan duelist. pertama, dirinya hanya bisa menimpa 1 monster saja seperti kaiju. Yang kedua, apabila kita menimpa monster lawan, kita tidak boleh melakukan normal summon atau set. Tidak seperti kaiju yang masih memperbolehkan kita melaukan normal summon atau set, volcanic queen melarang kita untuk melakukan hal tersebut apabila kita sudah memanggil dia ke field musuh. Terlebih lagi, monster ini hanya bisa di special summon dari tangan dengan cara menimpa monster musuh. Jadi selain menjadi penimpa, monster ini hampir tidak begitu terpakai. Ditambah lagi efek burn 1000 life pointnya yang terlalu mudah dipakai oleh lawan. Membuat kartu ini bisa menjadi senjata sendiri bagi kita.

7. Dogoran, the Mad Flame Kaiju



Monster kaiju level 8 ini termasuk salah satu kartu kaiju yang pertama kali dirilis oleh KONAMI. Attacknya yang 3000 membuat kita sedikit berpikir apakah kita mau menimpakan monster ini ke lawan. Akan tetapi karena dia level 8, dia bisa kita jadikan target trade-in. di deck blue eyes atau deck lain yang memang memainkan Trade-In, kartu ini memiliki fungsi lebih selain penimpa. Dan karena semua kaiju termasuk kartu ini hanya menimpa 1 monster saja, kita harus lebih bijak untuk menggunakan kartu ini.
6.  Gadaria, the Mysterius Dust Kaiju




Sama seperti Dogoran, kaiju level 8 ini juga bisa dimanfaatkan sebagai target spell Trade-In. namun karena attacknya yang hanya 2700 membuat kartu ini jadi sedikit lebih baik dari dogoran.

5. Lava Golem




Monster milik Malik ini telah lama menobatkan dirinya sebagai monster penimpa. Memiliki restriksi yang sama seperti volcanic queen dimana dirinya tak bisa dipanggil ke arena selain dengan menimpa monster dan membuat kita tak bisa melakukan summon / set, monster ini ternyata jauh lebih baik dibandingkan dengan volcanic queen. Pertama, monster ini menimpa 2 monster. Tidak seperti kaiju dan volcanic queen, monster ini langsung menghabisi 2 monster sekaligus. Kedua monster ini memiliki efek burn di standby phase sehingga sulit bagi musuh untuk menghindari efek self burn nya. Apabila kita memanggil monster ini di turn ini, musuh akan terkena efek burn 800 nya terlebih dahulu baru bisa melakukan sesuatu di turnnya. Di deck-deck yang berfokus kepada membakar lawan seperti chain burn, lava golem menjadi favorit para playernya untuk menghabisi monster lawan sekaligus membakar life pointnya. Gw memberikan kartu ini diperingkat yang lebih tinggi dari dogoran dan gadaria karena monster ini menghabisi 2 monster sekaligus. Oh dan karena monster ini juga level 8, maka kartu ini juga bisa menjadi target Trade-In

4. Radian, the Multi Dimensional Kaiju




Kaiju satu ini memiliki peringkat lebih tinggi dibandingkan 4 sebelumnya karena dia berelemen dark. Di deck-deck yang memakai spell Allure of Darkness seperti Dark lord, Radian menjadi bersinar. Attacknya yang tidak terlalu gede (2800 attack) juga membuat kartu ini menjadi lebih baik dibandingkan Dogoran atau Gadaria. Ditambah lagi dia berlevel 7. Dimana deck pendulum macam metalphosis atau entermate bisa memanggilnya kearena via pendulum summon. oh iya, dia juga bisa menjadi target ideal untuk trap card virus hahaha. Mantap ya?

3. Santa Claw




Sebelum adanya monster-monster kaiju, monster ini adalah monster penimpa primadona para pemain. Attack dan defense yang tidak begitu besar, tidak ada restriksi normal summon atau set. Membuat kartu ini menjadi kartu yang paling dipilih dibandingkan lava golem atau volcanic queen atau bahkan ra sekalipun. Sayangnya drawbacknya dimana kalau kartu ini survive sampai akhir putaran dia dipanggil ke field dia akan memberikan +1 draw kepada player lawan. Dibandingkan kaiju, kartu ini tentu menjadi turun pamornya. Ditambah lagi sulitnya mengakses kartu ini. Dirinya yang merupakan promo premium gold di TCG dan Jump Fiesta di OCG  membuat harganya cukup mahal dan cukup sulit diperoleh dibandingkan dengan kaiju

2. Kumongous, the Sticky String Kaiju



Monster kaiju laba-laba ini menduduki peringkat 2 sebagai monster penimpa terbaik. Attack dan defense nya yang gak gede-gede amat dan levelnya yang 7 membuat dia menjadi kartu kaiju kedua terbaik. Seandainya monster ini berelemen dark, maka kartu ini langsung menjadi top favorit monster penimpa gw.

1. Gamaciel, The Sea Turtle Kaiju



Monster kaiju ini menurut gw merupakan monster penimpa terbaik yang saat ini dirilis oleh KONAMI. Meski defensenya besar, monster ini memiliki attack paling kecil diantara kaiju lainnya. Atau dengan kata lain, monster ini paling mudah untuk dihabisi oleh kita. Ditambah lagi dirinya yang level 8 membuat deck pengguna Trade-In seperti Blue-Eyes atau Dark Lord tak segan-segan memakainya. Kepopuleran kartu ini dikalangan pro player sebagai side deck juga membuktikan bahwa kartu ini memang layak dinobatkan sebagai monster penimpa terbaik saat ini. Pokoknya Gamaciel best Kaiju deh

kalau kalian penasaran seberapa favorit si gamaciel ini, coba kalian cek link distribusi kartu dari  artikel decklist milik blog YGORGANIZATION berikut ini. Kalian bisa lihat kalau jumlah kartu Gamaciel yang dipakai sampai 51 buah. ini artinya kartu ini memang sangat populer digunakan oleh pemain Yugi disana sebagai side deck.

Nah, demikian list monster penimpa mulai dari yang paling buruk hingga yang paling baik. Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian merasa list tersebut kurang tepat? mungkin kalian bisa berkomentar di kolom komentar untuk mengungkapkan pendapat kalian.



Sekian dulu post dari gw, thx for reading and happy trolling~

[Ballibond]







0 comments:

Posting Komentar