Sabtu, 29 Oktober 2016

Dark Lady Phosis vs Scorpion-Phosis?


Halo para duelist sekalian, berjumpa lagi minggu ini dengan Ballibond. Mohon maaf karena senin kemarin tidak bisa menemani kalian dengan post baru dikarenakan minggu ini gw sendiri sibuk dengan persiapan UTS jadi tidak bisa konsentrasi menulis. Bagaimana kabar kalian minggu ini? tentu tetap menyenangkan bukan? semoga weekend kali ini kalian isi dengan sesuatu yang bermanfaat dan bukan sekedar tidur saja hahaha

Di kesempatan kali ini, gw tidak hanya membagikan satu ide decklist saja melainkan 2 sekaligus. Berhubung karena keduanya memiliki tingkatan “fun” dan “BadHand” yang sama besar, gw rasa post kali ini gw dedikasikan untuk mereka.

Btw apakah kalian tahu maksud scorpion yang gw maksud di judul post diatas? Tentu saja yang gw maksud scorpion adalah monster satu ini

"kinda scary isnt'it?"

Dan Dark Lady yang dimaksud di judul adalah ini

"Darth Vader versi genderbending"



A. Latar Belakang

Tanpa kita sadari, game mekanik pendulum summon sudah merambah ke meta. Dari yang semula dianggap sebelah mata oleh duelist kini menjadi bagian dari top meta. Kita tentu masih ingat bagaimana PePe atau EMEM mendominasi meta dengan kontrol dan spam field mereka yang imba. Lalu saat ini kita memiliki archetype Metalphosis yang juga masih menjadi top meta di beberapa turnamen di ranah OCG.

Kedua ide deck ini mencoba menjawab pertanyaan “Bagaimana kalau kartu jadul disupport dengan pendulum?”. Kartu macam Mystical Beast of Serket yang dulu ditakuti kini hampir tidak playable karena selain mengumpulkan kedua kartu ke tangan itu cukup sulit, monster Beast of Serket yang level 6 membuat beberapa deck kesulitan untuk memanggil dirinya kearena. Begitu juga dengan Dark Lady, dimana dirinya memiliki level 5 sehingga harus dispecial summon dengan efek Kozmo jika ingin tidak repot memanggilnya.

Untunglah Pendulum summon menjawab kesulitan memanggil kedua monster tersebut dengan mudah. Terutama Metalphosis yang scale nya 1 dan 8 membuat kita bisa memanggil monster level 2-7 kearena dari tangan dengan mudah. Dengan bantuan pendulum engine dari Metalphosis yang bisa saling panggil dan searching, kartu seperti Beast of Serket dan Kozmo Dark lady bisa kita tech kedalam deck.

B. Deck list

Karena kita kali ini mengepost tentang 2 decklist, maka akan kita bahas satu-satu mulai dari Dark Lady Phosis terlebih dahulu

1. Metalphosis Dark Lady


The Lady in the Pendulum 

Monster

2x Metalphosis Volflame
2x Metalphosis Goldiver
2x Metalphosis Steeleren
2x Metalphosis Silved
2x Raremetalphosis Bismagia
2x Eccentric Archfiend
1x Majespecter Racoon
1x Majespecter Unicorn
1x Cyber-Stein
1x Qliphort Tools
1x Qliphort Monolith
2x KOZMOLL Dark Lady
1x KOZMO Good witch
1x KOZMO Fore Runner

Spell

2x KOZMO Town
2x Painful Decision
2x Summoner's Art
2x Book of Eclipse
1x Metalphosis Fusion
1x Full Metalphosis Fusion
1x Dark Hole
1x Harpy Feather Duster
1x Twin Twister

Trap 
2x Metalphosis Combination
2x Metalphosis Counter
1x Solemn Warning
1x Solemn Judgment

Extra

Metalphosis Fusion
Naturia Exterio
Cyber Dragon Nova
Cyber Dragon Infinity
dlll


Deck ini sama seperti build Metalphosis lainnya, spam monster ke arena via pendulum summon dan kontrol dengan Metalphosis Fusion monster. Kozmol Dark Lady disini kita pakai selain sebagai Beat Stick juga bisa gunakan sebagai Effect Negater monster lawan. Dengan bayar 1000, 1 efek monster bisa kita negate. Ditambah lagi kita menggunakan KOZMO Forerunner yang memiliki level 7 sehingga bisa kita pendulum summon. Meski tidak sejago Dark Destroyer, Forerunner memiliki attack yang cukup besar (2800) dan memiliki efek proteksi tidak bisa ditarget atau didestroy oleh efek lawan. Dan kalian jangan lupa, Kozmo Town apabila dijedor menggunakan efek Metalphosis, efek searchingnya akan tetap tertrigger. Hal ini membuat kombinasi antara Metalphosis dan Kozmo menjadi makin harmonis. 

Ditambah lagi kita juga membawa Qliphort Tools dimana bila kombonya tepat, kita bisa membuat field 1 Cyber Dragon Infinity + Kozmo Dark Lady kearena. Cukup memberikan pressure kepada musuh.

2. Scorpion Phosis


"Temple of Pendulum"

Monster

2x Beast of Serket
3x Metalphosis Volflame
2x Metalphosis Goldiver
2x Metalphosis Steeleren
2x Metalphosis Silvbird
2x Raremetalphosis Bismagia
1x Majespecter Racoon
1x Majespecter Unicorn
1x Cyber-Stein

Spell

3x Painful Decision
3x Upstart Goblin
3x Chicken Game
1x Metalphosis Fusion
1x Full Metalphosi Fusion
1x Dark Hole
1x Summoner's Art
2x Book of Eclipse
3x Temple of Kings

Trap

2x Metalphosis Counter
2x Metalphosis Combination

Extra

Metalphosis Fusion
3x Naturia Exterio
Cyber Dragon Nova
Cyber Dragon Infinity
dlll


Temple of the Kings
王家の神殿
(continous spell)

"You can activate 1 Trap Card the turn it was Set. You can send 1 "Mystical Beast of Serket" in your Monster Zone and this card you control to the Graveyard; Special Summon 1 monster from your hand or Deck, or 1 Fusion Monster from your Extra Deck. You can only use each effect of "Temple of the Kings" once per turn."

Card Set :
OCG
G6-B1 Ultra Rare
15AX-JPM43 Secret Rare
15AX-JPM43 Millennium Rare
DP17-JP039 Common
TCG
SDMA-EN038 Ultra Rare
PGL2-EN056 Gold Rare
DPRP-EN037 Common

Deck ini gak seperti yang diatas, deck ini lebih mengutamakan untuk memanggil Naturia Exterio via efek Temple of the king dan Cyber Stein. Itulah kenapa kita menggunakan banyak drawer disini (3x Upstart Gobiln dan 3x Chicken Game) untuk mempercepat terkumpulnya kombo ketangan.

Temple of the king memiliki 2 fungsi disini. Selain untuk mengaktifkan effect Beast of Serket, kita bisa gunakan efek Temple of the king untuk mentrigger aktivasi trap Metalphosis. Efek Temple of the king membuat kita bisa mengaktifkan 1 Trap di turn dia diset. Dengan kata lain, ketika kita menjedor 1 kartu diarena dan field kita sudah ada Temple of the king, maka trap tersebut bisa langsung kita gunakan.

-=-

Bagaimana? Tertarik untuk membuat deck ini di real life? Kalau kalian memilih memakai deck yang lebih banyak effect negater, gw sarankan coba make build Metalphosis Dark Lady. Tapi kalau anda merasa lebih senang memakai deck yang banyak spell/trap negater, gunakan build Scorpion Phosis. Kedua build tersebut menurut gw sama fun dan asyik untuk dimainkan.

Oke, sekian dulu post dari gw. Karena post kali ini adalah decklist, gw tidak mencantumkan economic reviewnya karena budget decknya sangat tergantung dengan pilihan kartu yang hendak kalian pakai di deck ini. 


Thx for reading and Happy Trolling!

[Ballibond]



0 comments:

Posting Komentar