Jumat, 09 Mei 2014

Blast from the past : Skull Servant

Kalau kita dulu pernah main Yugioh The Forbidden Memories, maka kita pasti ingat salah satu kombo Fusion dari kartu ini

"Dragon + Zombie = Zombie Dragon "


Meski game Yugioh PS1 ini tidak mengikuti kaidah aturan Yugioh yang baik dan benar (fusion cukup menaikkan 2 kartu dari tangan tanpa perlu Polymerization), game ini adalah salah satu alasan gw dulu untuk memainkan game Children Card Game ini. dengan Graphic (yang keluar kalau kita memencet tombol kotak kalau sedang battlephase) yang sangat mumpuni dijamannya, game ini memberikan sensasi tersendiri bagi para pemainnya. ditambah lagi di game ini juga terkenal dengan Spell card imbanya (Dian Keto ngeHeal 5000 life point? fuckyeah!!)

Merasa nostalgia? sayangnya tema post kali ini tidak membahas tentang permainan PS 1 tersebut. melainkan kartu yang ada di salah satu kombinasi fusion diatas. Kartu itu adalah Skull Servant.  dan berikut kita lihat detail dari kartu tersebut:


"A skeletal ghost that isn't strong, but can mean trouble in large numbers."

Kartu Syaitan ini memang kalau sepintas kita melihatnya, akan dianggap sebagai kartu yang lemah. lihat saja Lore Cardnya, "a skeletal ghos that isn't strong", PFFFFTT, ngapain coba mainin ini kartu? bahkan attack dan defensenya aja kecil. tidak ada satupun yang mau memainkan kartu lemah begini dalam deck?

Tapi dari kartu yang terlihat lemah ini, ia terus mengalami evolusi dan perubahan. Setelah Skull Servant, Konami merilis rajanya, King of Skull Servant, dimana attacknya bertambah 1000 untuk setiap Skull Servant dan King of Skull Servant di graveyard. namun hal itu tidak membuat deck Skull Servant sekonyong-konyong langsung Tier-1. Hanya dengan kartu Rajanya, Skull Servant tetap mengalami kesulitan untuk memenangkan game. 

Lalu konami mengeluarkan lagi 2 kartu support,The Lady in Wight dan Wightmare. 2 kartu ini memiliki kesamaan efek dimana mereka akan dianggap memiliki nama Skull Servant jika berada di graveyard. dengan adanya 2 monster ini, total attack maksimal dari King of Skull Servant bisa menjadi 11000 (3 Skull Servant, 2 King of Skull Servant, 3 The Lady in Wight dan 3 Wightmare).

Akan tetapi meski dengan 2 monster support tambahan itu, Skull Servant masih kurang eksplosif, sangat susah untuk mengumpulkan para Wight dan Skull Servant kedalam graveyard untuk meningkatkan attack King of Skull Servant. Bahkan dengan Foolish Burial yang hanya 1, akan sangat lama untuk mengumpulkan mereka kedalam Graveyard. 

Namun semua berubah ketika Konami merilis set The Duelist Advent, di dalam booster tersebut, Konami merilis satu lagi kartu support dari Wight/Skull Servant. kartu itu memberikan apa yang selama ini dibutuhkan oleh Skull Servant, yaitu kemampuan mengirimkan Skull Servant ke Graveyard secara cepat. dan kartu tersebut adalah :


ワイトプリンス

Zombie/Dark/Effect/Atk 0/Def 0
"This card's name becomes "Skull Servant" while it is in the Graveyard. If this card is sent to the Graveyard: You can send 1 "Skull Servant" and 1 "The Lady in Wight" from your hand or Deck to the Graveyard. If this card is in your Graveyard: You can banish this card and 2 other "Skull Servant" from your Graveyard; Special Summon 1 "King of the Skull Servants" from your Deck."

Card set:
OCG : DUEA-JP047-Common
TCG : Not Released Yet

 Efek pertama dari kartu ini sama seperti kartu Wight.Skull Servant yang lain, namanya dianggap sebagai Skull Servant. Nah, efek kedua kartu ini yang membuat kartu ini menjadi sangat playable di deck Skull Servant. Ketika kartu ini dikirim ke graveyard (dari field, hand, atau graveyard), maka kita bisa mengirim 1 Skull Servant dan 1 The Lady in Wight dari hand/graveyard kekuburan. Dengan kata lain,sekali kirim wightprince,kita sudah mengisi amunisi untuk King of Skull Servant sebanyak 3. Ditambah lagi efek ini tidak bisa misstiming. membuat efek kartu ini makin mantap. Oh iya, kartu ini tidak ada batas restriksi pemakain dalam 1 turn lho. jadi bisa berkali-kali kita pakai efek Wightprince ini. keren khan?

Bicara soal praktik dalam decknya, ada 1 kombo yang menurut gw sangat kuat. dan itu cukup dengan 3 kartu, yaitu :

1x Wightprince

Gimana kombonya jalan? pertama discard Wightprince dengan efek One for One buat special summon King of Skull Servant dari deck. Karena Wightprince terkirim ke grave, maka kita bisa kirim 1 Skull Servant, dan 1 The Lady in Wight dari deck kegraveyard. lalu dengan Foolish burial, kita kirim lagi Wightprince dari deck ke graveyard. Maka sekali lagi efek Wightprince tertrigger kembali. Send lagi Skull Servant dan The Lady in Wight dari deck. Dengan demikian, kita sudah memiliki 6 Skull Servant digraveyard  dan King of Skull Servant di field kita memiliki attack 6000. 

Bagaimana? ngeri bukan? dalam 1 turn kita bisa membuat King of Skull Servant kita memiliki attack besar. Dan sebelum ada Wightprince, hal itu sangat susah kita lakukan. Oh iya, karena pada kombo diatas kita belum melakukan normal summon, maka kita bisa mensummon Monster untuk melengkapi Kombo OTK kita. misalnya Kinka-byo.
"kucing hitam temannya syaitan"

Lho? bingung mau diapain Kinkabyo nya? gampang aja kok bro, langsung aja cek video dibawah


Pertama normal summon Kinkabyo. efek Kinkabyo, special Summon Wightprince dari graveyard. Overlay Kinkabyo dan Wightprince menjadi Ghostrick Dullahan. efek Dullahan detach Wightprince untuk membuat setengah attack Dullahan sendiri. nah, karena Wightprince terkirim lagi ke graveyard, maka kita bisa mengirim sekali lagi Skull Servant dan The Lady in Wight ke graveyard. dan tentu saja, attack King of Skull Servant kembali naik 3000 menjadi 9000. overkill banget kan? dan itu kita lakukan hanya dalam 1 turn saja. 

Konami kadang memang imba ya? hanya dengan tambahan 1 kartu saja, kartu yang sebelumnya sulit untuk dimainkan, kini menjadi eksplosif. Dulu siapa yang menyangka Skull Servant bisa melakukan OTK? jangankan memainkan, mengoleksi kartu ini saja mungkin orang pada malas. tapi setelah muncul Wightprince, mungkin orang kini akan mulai melirik monster lemah ini lagi. 

Oke, sekian dulu post "Blast from Past" dari saya, semoga duelist lain bisa terinspirasi dengan adanya post ini dan Skull Servant kembali bisa berjaya.Mungkinkah deck ini bisa menjadi Tier 1? siapa tahu saja bisa lol. 
 Thx for Reading and Happy Trolling

-Ballibond-

p.s. : bagi yang masih penasaran dengan game Forbidden Memories, ini ada list kombinasi kartu fusion yang bisa kita lakukan


UPDATE!!

di update post ini, gw akan mencoba menyusun contoh Decklist dari deck Skull Servant ini. fokusnya tetap sama, dump Wight Prince, summon King of Skull Servant, lalu beatdown musuh sampai mati. berikut contoh decklistnya.


Klik untuk memperbesar~

The Skull Servant Return ver 1,0

Monster
3x Skull Servant
3x Wightprince
3x The Lady in Weight
3x Kinkabyo
2x King of Skull Servant
2x Kuribandit
2x Tour Guide from Underworld
2x Goblin Zombie
2x Effect Veiler
1x Dark Armed Dragon

Spell
3x Upstart Goblin (Hoban Mode)
3x Mystical Space Typhoon
1x One for One
1x Dark Hole
1x Foolish Burial
1x Allure of Darkness
1x One Chan / Where Arf Thou

Trap
1x Torrential Tribute
3x Fiendish Chain
1x Compulsory Evacuation Device
1x Bottomless Trap Hole

By the way, karena saya  meracik decklistnya di YGOPro, maka saya mengasumsikan budget untuk deck ini adalah tak terbatas. oleh karena itulah, saya berani memasukkan 2 kopi kuribandit kedalam deck. Gak bisa dipungkiri, efek excavate darinya memang sangat membantu deck ini. Send 4 monster untuk add One for One tentu menyenangkan. terlebih lagi efek Excavatenya bisa juga untuk trigger efek Wightprince. makin sinergis aja kombo nya.

Lalu kenapa make Tourguide? karena kurabandit. bagi yang gak sadar, kuribandit itu Fiend level 3 lho! bisa di special summon oleh Tourguide. Kuribandit yang sembunyi di deck bisa kita ss untuk menjadi XYZ rank 3. cuman karena efek Excavate kuribandit hanya jalan di turn saat dia normal summon, maka kita gak bisa ngecheat efek dia lewat Tourguide :v 

Lalu kalau kita perhatikan, di extra deck pada gambar yang gw upload, ada kartu fusion bernama Dragonecro (lihat reviewnya) . nah karena semua Wight dan skull servant bersaudara itu zombie semua, maka kita bisa memanggil naga fusion ini cukup dengan Skull Servant ditangan. berarti kalau mau, kita juga bisa memasukkan kartu Polymerization kedalam deck.

Bagaimana? banyakkan variasi dari deck Skull Servant. kita bisa kombinasikan dengan LS untuk ngebuas Chaos Skull Servant (CSS), atau dengan kombo fusion (Dragonecro Servant), atau kalau mau gila, kita kombi dengan Shadoll. lumayan tuh shadoll fusion buat buang-buang wightprince dari deck :v. pokoknya banyak deh. Yang penting bagaimana imajinasi kita jalan aja. dan yang paling penting, percaya dengan deck kita. (ceileh bahasanya :v)

oke sekali lagi, thx for reading and happy trolling!


0 comments:

Posting Komentar